Sunday, 13 November 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Kelangkaan Sumber Daya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Kelangkaan Sumber Daya

Kebutuhan manusia yang tidak terbatas, beraneka ragam, dan berlangsung terus-menerus membutuhkan perangkat pemuas kebutuhan. Alat pemuas kebutuhan itu berupa barang dan jasa. Untuk menghasilkan barang-barang pemuas kebutuhan, manusia memerlukan sumber daya. Sumber daya dalam ilmu ekonomi terdiri dari sumber daya alam, sumber daya manusia, dan modal.

Manusia sebagai Pelaku Ekonomi Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang bisa di- manfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya yang berasal dari alam. Contohnya bermacam-macam jenis satwa dan tumbuhan, barang tambang, air, dan tanah. Sumber daya alam dapat digolongkan menurut beberapa kriteria tertentu. Penggolongan sumberdaya alam itu adalah seperti berikut.

a. Berdasarkan sifat, sumber daya alam dapat dibedakan sebagai berikut.
  1. Sumber daya alam yang dapat diperbarui (renewable resource), yaitu sumber daya alam yang keberadaannya masih dapat dipertahankan keberadaannya melalui pembaruan atau perkembangbiakan. Contohnya tanaman pertanian, perikanan, peternakan, dan perkebunan. Namun, untuk pembaruan dan pengembangbiakan, manusia membutuhkan pengorbanan.
  2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (unrenewable resources), yaitu sumber daya alam saat habis digunakan tidak dapat diusahakan lagi keberadaannya. Hal ini sebab proses pembentukannya mem- butuhkan waktu geologi yang berjuta-juta tahun lamanya. Misalnya, barang-barang tambang.
  3. Sumber daya alam lestari (lasting resources), yaitu sumber daya alam walaupun dipakai secara terus-menerus, keberadaannya akan tetap ada atau awet, meskipun kualitas dari sumber daya alam itu menurun. Contohnya air, udara, panas bumi, dan sinar matahari.

b. Berdasarkan potensinya, sumber daya alam diklasifikasikan menjadi berikut ini.
  1. Sumber daya alam materi, yaitu sumber daya alam yang dimanfaatkan dalam bentuk fisik, seperti batu, emas, kayu, besi, dan serat kapas.
  2. Sumber daya alam energi, yaitu sumber daya alam yang dimanfaatkan sebagai sumber energi, misalnya angin, air, batubara, minyak bumi, dan gas alam.
  3. Sumber daya alam ruang, yaitu sumber daya alam yang berupa ruang atau tempat hidup seperti area tanah, perairan, dan udara.

Sumber daya manusia juga disebut sumber tenaga kerja. Sumber daya manusia ini tidak kalah pentingnya dengan sumber daya alam. Tanpa adanya sumber daya manusia, maka sumber daya alam tak akan dapat dikelola dengan baik.

Di Indonesia, manusia yang digolongkan sebagai tenaga kerja ialah yang berumur 15-65 tahun. Sebab pada umur itu mereka mampu bekerja menghasilkan barang dan jasa.

Sumber daya yang ketiga ialah modal. Modal dapat berupa uang dan barang. Modal yang berupa barang misalnya bangunan tempat usaha, lahan pertanian, perangkat kantor, dan mesin-mesin produksi. Modal didapatkan melalui pengorbanan. Oleh sebab itu, modal disebut sebagai sumber daya yang terbatas pula.

Karena sifat bermacam-macam sumber daya yang terbatas itu, maka tidak setiap kebutuhan akan mendapatkan perangkat pemuasnya dengan mudah, bahkan terkadang tidak mendapatkan perangkat pemuasnya sama sekali. Hal itu terjadi sebab alat pemuas kebutuhan jumlahnya sedikit dan sukar didapat. Alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya sedikit dan sukar didapat disebut langka (scarcity).

Alat pemuas kebutuhan jumlahnya sedikit dan terbatas disebabkan oleh beberapa hal. Selain jumlah dan sifatnya terbatas, ada berbagai hal lain yang menyebabkannya. Beberapa penyebab kelangkaan barang dan jasa sebagai perangkat pemuas kebutuhan yang dimaksud adalah sebagai berikut.
  1. Sukar memperolehnya, contohnya tenaga ahli yang sangat dibutuhkan dalam bermacam-macam bidang jumlahnya sedikit.
  2. Barang atau jasa itu sangat banyak yang membutuhkan, contohnya minyak bumi banyak dibutuhkan kegiatan industri dan transportasi, tetapi jumlahnya terbatas dan semakin lama semakin habis.
  3. Letak geografis atau tempat, contohnya buah kurma hanya tumbuh di Arab Saudi atau rempah-rempah banyak terdapat di Indonesia.

Sumber : IPS Terpadu - SMP Kelas VIII




No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.