Monday 24 October 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Pengaruh Letak Geologis Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pengaruh Letak Geologis Indonesia

Letak geologis adalah letak suatu wilayah berdasar susunan batuan yang ada pada bumi. Letak geologis wilayah Indonesia adalah sebagai berikut.
  1. Indonesia adalah bagian dari dua buah rangkaian pegunungan besar di dunia, yaitu rangkaian Pengunungan Mediteran dan rangkaian Pegunungan Sirkum Pasifik.
  2. Indonesia terletak pada pertemuan lempeng litosfer, yaitu lempeng Indonesia –Australia yang bertumbukan dengan lempeng Asia.
  3. Indonesia terletak pada tiga daerah dangkalan, yaitu Dangkalan Sunda, Dangkalan Sahul dan Daerah Laut pertengahan Australia Asiatis.
Pengaruh Letak Geologis Indonesia

Pengaruh Letak Geologis Indonesia


  • Letak geologis inilah yang menyebabkan wilayah Indonesia banyak dijumpai gunung berapi, sehingga banyak wilayah di Indonesia yang kesuburannya cukup tinggi.
  • Namun perlu disadari pula bahwa letak geologis yang demikian itu menyebabkan wilayah Indonesia rawan dengan musibah alam seperti gunung meletus dan gempa bumi.




No comments:

Post a Comment