Wednesday 19 October 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Apa itu Menhir ?. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Apa itu Menhir ?

Apa itu Menhir ? Menhir adalah salah satu bagunan pada jaman megalithikum yang berupa tugu dari batu tunggal yang didirikan untuk upacara penghormatan roh nenek moyang, sehingga menjadi benda pemujaan.

Menhir dianggap sebagai media penghormatan, menjadi tahta kedatangan roh, sekaligus menjadi lambang diri orang yang sudah meninggal. Adapun bentuk menhir dapat dilihat pada beberapa contoh gambar menhir berikut :


pengertian menhir
Menhir

Dimana daerah yang banyak ditemukan menhir? Menhir banyak ditemukan di Sumatera Selatan, Sulawesi Tengah, dan Kalimantan. Di daerah Belubus, Kecamatan Guguk, Kabupaten Limapuluh Koto, Sumatera Barat, terdapat menhir yang tingginya 125 cm, berbentuk seperi gagak pedang. Menhir ini ditanam dengan posisi menghadap Gunung Sago (”sago” artinya sawarga atau surga). Di Pasemah ditemukan menhir berdiri tunggal atau berkelompok  membentuk formasi temu gelang,segi empat, atau bujur sangkar.

Menhir polos ditemukan di Karang dalam setinggi 160 cm,berdiri diatas bangunan batu berundak ,diatas undak-undak batu tersebut terdapat terdapat batu lubang seperti lumpang. Tegurwangi memiliki banyak menhir polos dengan tinggi maksimal 150 cm. Menhir yang lebih kecil setinggi 40 cm,ditemukan di Mingkik berdekatan dengan bangunan berundak rangkap.




No comments:

Post a Comment