Saturday, 30 July 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Macam-macam Lingkungan buatan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Macam-macam Lingkungan buatan

Macam-macam Lingkungan buatanLingkungan buatan adalah lingkungan yang sengaja dibuat manusia untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Kita sudah belajar bahwa lingkungan buatan itu ada yang berkaitan dengan alam dan ada juga yang berkaitan dengan bangunan. Setiap lingkungan buatan itu mempunyai manfaat masing-masing. Berikut ini akan dijelaskan manfaat macam-macam lingkungan buatan seperti : pemukiman, jalan, jembatan, waduk, persawahan dan perkebunan.

Permukiman
Daerah permukiman adalah tempat yang sengaja dibuat manusia untuk tempat tinggal. Manusia membuat permukiman agar lingkungan tempat tinggal penduduk menjadi teratur dan tertib. Daerah permukiman akan terlihat jelas di kota-kota besar. Letak rumah dan jalan-jalan di kota tampak lebih teratur.

Jalan dan Jembatan
Coba bayangkan jika kamu hendak pergi ke suatu desa tapi desa itu tidak memiliki  jalan yang mulus. Apkah kamu akan pergi kesana ? Tentu kamu berpikir panjang. Jalan merupakan sarana yang penting untuk memajukan daerah. Tanpa jalan,penduduk desa itu akan kesulitan membawa hasil sawah dan kebun kekota. Dua daerah yang dipisahkan oleh sungai dapat dihubungkan dengan membangun jembatan.Dengan adanya jalan dan jembatan,hasil pertanian di suatu daerah  dapat dijual ke daerah lain. Dengan demikian , hubungan  antardaerah menjadi lancar.

Waduk atau Bendungan
Air sungai yang mengalir dapat dikumpulkan dengan cara membuat bendungan atau waduk. Air di waduk dimanfaatkan manusia untuk mengairi sawah dan memelihara ikan.Waduk-waduk yang besar dapat dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi. Bahkan ada waduk yang sengaja dibuat untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA),

Persawahan
Daerah persawahan hampir ada diseluruh  daerah di Indonesia. Daerah persawahan ini banyak ditemukan di daerah pedesaan. Di kota-kota besar daerah persawahan hampir tidak dapat dilihat lagi.
Daerah persawahan sengaja dibuat  manusia untuk keperluan menanam padi,jagung,kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, dan sebagainya.

Perkebunan
Daerah perkebunan adalah daerah yang sengaja dibuat manusia untuk ditanami berbagai jenis tanaman seperti kelapa sawit, karet, kopi,tebu, tembakau, dan teh. Hasil perkebunan dapat mendukung kegiatan industry, misalnya : teh dimanfaatkan untuk industri minuman, kelapa sawit dimanfaatkan untuk industri minyak sawit, dan sebagainya.




No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.