Thursday 31 March 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia (manajemen SDM) adalah suatu rangkaian proses yang menangani masalah masalah yang ada dalam lingkup pegawai, karyawan, manajer, buruh hingga manaer serta tenaga kerja yang lain agar bisa menunjang kegiatan perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan yang sudah ditentukan. Umumnya, unit atau bagian yang menangani sumber daya manusia ialah departemen sumber daya manusia (human resource department/HRD).

Manajemen sumber daya manusia termasuk didalamnya desain sistem perencanaan, penyusunan atas karyawan, pengembangan para karyawan, pengelolaan karir pegawai, evaluasi kinerja para pegawai, kompensasi tehadap karyawan serta hubungan ketenaga-kerjaan baik. manajemen sumber daya manusia meliputi keputusan keputusan serta praktek manajemen yang mempunyai pengaruh secara langsung pada sumber daya manusianya

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Beberapa ahli memberikan pendapatnya tentang pengertian manajemen sumber daya manusia. berikut akan saya berikan pengertian manajemen sumber daya manusia diantaranya:
Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

AF Stoner
AF Stoner menyatakan manajemen sumber daya manusia adalah prosedur yang terus berkelanjutan yang mempunyai tujuan untuk orang yang tepat dalam suatu perusahaan guna ditempatkan dalam posisi atau jabatan yang tepat saat perusahaan membutuhkannya.

Melayu S.P. Hasibuan
Manajemen sumber daya manusia adalah ilmu dan seni mengenai mengatur hubungan serta peran tenaga kerja supaya efisien dan efektif dalam menolong mewujudkan tercapainya tujuan perusahaan. karyawan serta masyarakat

Henry Simamora
Manajemen Sumber Daya manusia adalah suatu upaya pendaya-gunaan, pengembanan, pemberian nilai, pemberian ballasan jasa serta pengelolahan pada individu ataupun kelompok kerja dalam perusahaan.

Achmad S Rucky
Manajemen Sumber Daya Manusia adalah bentuk penerapan secara efektif dan tepat didalam proses akuisisi, pendaya-gunaan, pengembangan, serta pemeliharaan personel yang dimiliki oleh perusahaan dengan efektif guna mendapat tingkat pendaya-gunaan sumber daya manusia secara maksimal oleh perusahaan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan

Mutiara S Panggabean
Manajemen sumber daya manusia meliputi atas proses perencanaan, pengorganisaisan, pimpinan serta pengendalian segala aktivitas yang masih berkaitan dengan analisa pekerjaan, evaluasi atas pekerjaan, pengadaan, pengembangan, promosi, kompensasi serta pemutusan hbungan kerja untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Dari Pengertian Manajemen sumber daya manusia yang diungkapkan oleh M.S. Panggabean diatas, kegiatan dalam bidang sumber daya manusia bisa dilihat dari dua sisi, dari sudut pandang pekerjaan serta dari sudut pandang pekerja.

Dari sudut pandang pekerjaan melitputi analisa dan evaluasi atas pekerjaan, dan dari sudut pandang pekerja terdiri atas aktivitas aktivitas pengadaan tenaga kerja, penilaian atas prestasi kerja, pelatihan serta pengambangan pekerja, kompensasi, promosi dan pemutusan hbubungan kerja

Kita bisa lihat bersama, secara sederhana dari pengertian pengertian yang dilontarkan diatas, manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses dalam perencanaan untuk mengatur sumber daya manusia yang dimiliki supaya bisa digunakan dan dimanfaatkan secara baik sehingga memberikan kualitas dan nilai tambah untuk perusahaan.

Fenomena fenomena terus terjadi seiring waktu tentang sumber daya manusia, dalam perkembangannya manajemen sumber daya manusia bukanlah hanya sekedar sumber daya yang dimiliki perusahaan semata, tapi melainkan lebih adalah modal ataupun aset yang sangat bernilai yang bisa dilipatgandakan, bisa dikembangkan dan terlebih bisa dijadikan sebagai instrumen investasi atau aset yang berharga dalam suatu perusahaan. bayangkan, tentu perusahaan akan jingkrak keriangan apabila mempunyai pekerja sekelas mark zuckerberg bukan? atau sepintar habibie? ini akan menjadikan perusahaan itu akan mempunyai nilai lebih.

Namun, sangat disayangkan apabila karyawan yang mempunyai sumber daya baik tapi sebab pihak perusahaan tidak meng"upgrade"nya, tidak memberikan bimbingan lebih lanjut maka potensi potensi yang ada tak akan bisa dimanfaatkan bahkan bisa menghambat perusahaan itu sendiri.

Sudah selayaknya karyawan karyawan yang dimiliki dilatih dengan mumpuni agar kemampuan para pekerja bisa berkembang, dengan karyawan yang berkembang, optimasi nilai perusahaan serta tujuan yang diinginkan hanya tinggal menunggu waktu saja

Pelatihan perlu dilakukan dengan mengadakan pelatihan oleh perusahaan untuk pengembangan karyawan, dan evaluasi atas pekerjaan bisa menolong para pekerja untuk bisa lebih meningkatkan kinerja karyawan. tapi perlu diingat, Konsep yang utama dari manajemen sumber daya manusia, bahwa karyawan adalah manusia, bukan mesin ataupun alat, sehingga bisa diketahui bagaimana caranya mengatur hubungan serta peran sumber daya manusia yang ada.




No comments:

Post a Comment