Sunday, 13 March 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Negara Maju dan Negara Berkembang (Rangkuman). Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Negara Maju dan Negara Berkembang (Rangkuman)

Kalian tentu sudah mengenal negara-negara di dunia, seperti Amerika Serikat, Belanda, Rusia, Inggris, Perancis, Jepang, dan Korea Selatan. Negara-negara itu sudah sering disebut, diberitakan, dan digambarkan dalam bermacam-macam tayangan media massa, seperti koran, majalah, radio, atau televisi.

Negara-negara itu digambarkan sebagai suatu negara yang modern, kehidupan penduduknya sejahtera, menguasai Iptek, kota-kotanya indah, dan sebagainya. Selain itu, negara-negara itu juga berperan dalam memberikan pertolongan kepada negara-negara lain/ sebagai negara donor. Negara-negara itu sering disebut sebagai negara maju. Selain negara Amerika, Belanda, Rusia, Jepang, Perancis, dan Korea Selatan, adapula negara-negara seperti India, Mesir yang sering disebut sebagai negara berkembang.

Bagaimana dengan negara kita, Indonesia? Mengapa ada negara yang dikatakan sebagai negara maju dan adapula negara berkembang? Tentu ada ciri-ciri yang menandainya bukan? Apa saja ciri-ciri itu? Pelajarilah dalam bab ini dengan baik!

Rangkuman Negara Maju dan Negara Berkembang


Pembagian negara di dunia didasarkan dari bermacam-macam aspek, ada yang didasarkan atas sistem politiknya, bentuk negaranya, dan adapula yang didasarkan pada tingkat kemajuan teknologi dan kemakmurannya. Pada pembagian terakhir ini dibedakan atas negara berkembang dan negara maju.
Negara Maju dan Negara Berkembang

Indikator yang digunakan sebagai penentu dalam menggolongkan suatu negara menjadi negara maju ataupun negara berkembang adalah: jumlah tenaga kerja, angka harapan hidup, penurunan buta huruf, penurunan kesenjangan hidup, penurunan pertumbuhan penduduk, pendapatan per kapita, pemanfaatan sumber tenaga mesin dan listrik, mata pencaharian dan pemanfaatan lahan, dan penurunan angka kematian bayi.

Faktor-faktor yang turut mempengaruhi suatu negara menjadi negara berkembang atau maju adalah: hubungan internasional negara itu dengan negara lainnya dalam percaturan global, kondisi alam negara itu sendiri, kondisi kependudukan, tingkat stabilitas politik, ekonomi, dan sosial negara itu sendiri.




1 comment: