Friday, 16 October 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Pertumbuhan Penduduk Jepang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pertumbuhan Penduduk Jepang

Bagaimana pertumbuhan penduduk Jepang dibandingkan dengan Indonesia? Jumlah penduduk Indonesia tahun 2010 tercatat 237,6 juta jiwa dengan laju pertumbuhan 1,49 %. Jika laju pertumbuhan penduduk tetap pada angka 1,49 %, maka pada 2045 jumlah penduduk Indonesia diperkirakan akan mencapai 450 juta jiwa. Pertumbuhan penduduk yang terjadi pada tahun itu jauh lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ideal untuk Indonesia yakni sebesar 0,5%. Bagaimana dengan pertumbuhan penduduk Jepang ?


Jepang adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Tiongkok, Korea, dan Rusia.

Angka kelahiran di Jepang merosot pada 2014, berdasar catatan Kementerian Kesehatan dengan hanya 1.001.000 bayi lahir pada 2014 atau lebih rendah 9.000 dibandingkan 2013. Penurunan ini adalah yang keempat kalinya dalam empat tahun dan terjadi di tengah meningkatnya angka kematian. Sejumlah pihak mengatakan bahwa pada 2050 populasi Jepang hanya akan mencapai 97 juta atau 30 juta lebih sedikit dari sekarang.

Para ahli memperingatkan akibat penurunan angka kelahiran ini akan merugikan Jepang dalam banyak aspek. Menurunnya jumlah populasi berusia 15-65 diprediksi akan menurunkan tingkat pertumbuhan dan pendapatan perkapita Jepang. Penurunan jumlah anak-anak ini tidak bisa dihindari sebab "jumlah wanita dengan usia reproduksi juga menurun", kata seorang pejabat di Kementerian Kesehatan yang dikutip oleh Kyodo News.

Pada bulan April data pemerintah menunjukkan populasi Jepang menyusut selama tiga tahun, dengan jumlah orang tua yang terdiri atas 25%.
Pemerintah memperingatkan bahwa proporsi orang berusia 65 atau lebih diperkirakan mencapai nyaris 40% dari populasi pada tahun 2060 nanti.
Penurunan populasi disebabkan oleh bermacam-macam alasan, diantaranya:
  • Meningkatnya biaya melahirkan dan membesarkan anak
  • Meningkatnya jumlah wanita karir
  • Menunda untuk menikah
  • Meningkatnya jumlah orang yang belum menikah
  • Perubahan lingkungan masyarakat dan sosial

Sumber :
bbc.com




No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.