Tuesday, 25 August 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Pengertian dan Faktor Kepadatan Penduduk. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pengertian dan Faktor Kepadatan Penduduk

Pengertian Kepadatan Penduduk adalah perbandingan dari jumlah penduduk dibagi dengan luas wilayahnya. Contohnya : Setiap 1 Km2 wilayah dihuni oleh 120 penduduk, jika melebihi batas itu menyebabkan terjadinya ledakan penduduk. Hal ini dapat kita lihat di Indonesia yang laju pertumbuhan penduduknya meningkat pesat. Sedangkan Pengertian Ledakan Penduduk adalah peningkatan jumlah penduduk yang terjadi begitu cepat dan secara tiba-tiba di dalam satu wilayah.

Penduduk adalah seseorang yang bermukim pada suatu wilayah dalam waktu yang realtif lama. Setiap orang mempunyai kriteria tersendiri untuk memilih lokasi tempat tinggalnya. Di Indonesia misalnya, penyebaran penduduk lebih terpusat dikota  besar khususnya di Jawa. Mengapa bisa terjadi demikian?Penyebaran penduduk di atas permukaan bumi dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah :
Pengertian dan Faktor Kepadatan Penduduk

1. Faktor fisiografis wilayah
Kenampakan fisik suatu wilayah sangat memengaruhi pada kepadatan penduduk. Setiap orang pasti akan memilih daerah yang mempunyai sumber air baik, daerahnya datar, tanahnya subur dan lainnya.Selain itu kondisi cuaca dan iklim juga sangat memengaruhi aglomerasi penduduk. Daerah yang cuacanya hangat dan anomalinya relatif stabil lebih memungkinkan untuk dijadikan sebagai tempat tinggal.

2. Faktor sosial budaya
Perubahan pola fikir masyarakat mengakibatkan berkembangnya kondisi fisik suatu wilayah. Hal itu akan menjadi magnet untuk masyarakat di luar untuk datang dan mengadu nasib di wilayah itu.

3. Faktor ekonomi

Daerah yang pembangunannya sangat pesat akan menarik kaum urban untuk datang dan berkerja disana. Berbagai peluang kerja yang banyak akhirnya mendorong kepadatan penduduk dikota  besar seperti Jakarta.

4. Faktor biologis
Tingkat pertumbuhan penduduk suatu wilayah berbeda beda. Angka fertilitas tinggi dibandingkan mortalitas akan membuat suatu wilayah semakin padat.

5. Faktor kesalahan tata ruangkota

Pembangunan saat ini lebih mengarah pada urban oriented dibandingkan rural oriented, sehingga pertumbuhan penduduk lebih besar dikota  besar, sedangkan wilayah pedesaan menjadi tidak berkembang. Hal itu berakibat pada arus urbanisasi yang besar dan desa menjadi kekurangan penduduk.





No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.