Tuesday, 28 July 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenis Museum. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenis Museum

1. Pengertian Museum
Museum adalah lembaga yang diperuntukkan untuk masyarakat umum. Museum berfungsi mengumpulkan, merawat, dan menyajikan serta melestarikan warisan budaya masyarakat untuk tujuan studi, penelitian dan kesenangan atau hiburan.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 1995, museum adalah lembaga, tempat penyimpanan, perawatan, pengamanan dan pemanfaatan benda-benda bukti materiil hasil budaya manusia serta alam dan lingkungannya guna menunjang upaya perlindungan dan pelestarian kekayaan budaya bangsa.

Sedangkan menurut Intenasional Council of Museum (ICOM), museum adalah sebuah lembaga yang bersifat tetap, tidak mencari keuntungan, melayani masyarakat dan perkembangannya, terbuka untuk umum, memperoleh, merawat, menghubungkan dan memamerkan artefak-artefak perihal jati diri manusia dan lingkungannya untuk tujuan studi, pendidikan dan rekreasi.

2. Fungsi Museum
Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 1995, museum bertugas untuk menyimpan, merawat, mengamankan dan memanfaatkan koleksi museum berupa benda cagar budaya. Dengan demikian museum mempunyai dua fungsi besar yaitu :

a. Sebagai tempat pelestarian, museum wajib melaksanakan kegiatan sebagai berikut :
Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenis Museum
Museum Geologi Bandung
  • Penyimpanan, yang meliputi pengumpulan benda untuk menjadi koleksi, pencatatan koleksi, sistem penomoran dan penataan koleksi.
  • Perawatan, yang meliputi kegiatan mencegah dan menanggulangi kerusakan koleksi.
  • Pengamanan, yang meliputi kegiatan perlindungan untuk menjaga koleksi dari gangguan atau kerusakan oleh faktor alam dan ulah manusia.

b. Sebagai sumber informasi, museum melakukan kegiatan pemanfaatan melalui penelitian dan penyajian.
  • Penelitian dilakukan untuk mengembangkan kebudayaan nasional, ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Penyajian wajib tetap memperhatikan aspek pelestarian dan pengamanannya.

3. Jenis-jenis Museum
Museum yang terdapat di Indonesia dapat dibedakan melaui beberapa jenis klasifikasi, yakni sebagai berikut :

a. Jenis museum berdasar koleksi yang dimiliki, yaitu terdapat dua jenis :
  • Museum Umum, museum yang koleksinya terdiri dari kumpulan bukti material manusia dan atau lingkungannya yang berkaitan dengan berbagai cabang seni, disiplin ilmu dan teknologi.
  • Museum Khusus, museum yang koleksinya terdiri dari kumpulan bukti material manusia atau lingkungannya yang berkaitan dengan satu cabang seni, satu cabang ilmu atau satu cabang teknologi.

b. Jenis museum berdasar kedudukannya, terdapat tiga jenis :
  • Museum Nasional, museum yang koleksinya terdiri dari kumpulan benda yang berasal, mewakili dan berkaitan dengan bukti material manusia dan atau lingkungannya dari seluruh wilayah Indonesia yang bernilai nasional.
  • Museum Propinsi, museum yang koleksinya terdiri dari kumpulan benda yang berasal, mewakili dan berkaitan dengan bukti material manusia dan atau lingkungannya dari wilayah propinsi dimana museum berada.
  • Museum Lokal, museum yang koleksinya terdiri dari kumpulan benda yang berasal, mewakili dan berkaitan dengan bukti material manusia dan atau lingkungannya dari wilayah kabupaten ataukota madya dimana museum itu berada.
4. Museum-Museum di Indonesia

Berikut ini adalah museum-museum di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi, dan mempunyai banyak kelebihan dibandingkan museum-museum lainnya. Tak kalah dari museum luar negeri pula

1. Museum Nasional

Museum Nasional adalah museum tertua yang ada di Indonesia, selain itu koleksi sejarahnya paling lengkap, dan terbesar di Indonesia. Disini, kita bisa melihat berbagai peninggalan bersejarah bangsa Indonesia yang amat banyak dan beragam. Museum ini pertama didirikan tahun 1778, dan mempunyai sekitar 142.000 koleksi bersejarah dari zaman pra-sejarah dan sejarah Indonesia. Kita bisa melihat kapak purba, kalung pra sejarah, prasasti, dan benda-benda bersejarah lainnya. Yang paling menarik disini adalah Prasasti Yupa, Arca Bhairawa Buddha, serta koleksi emas nusantara.

2. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia adalah museum yang modern,beda  dari museum lainnya yang biasanya bernuansa kuno. Museum yang berdiri tahun 2006 ini tentu saja menjelaskan sejarah bank Indonesia. Yang hebat dari museum ini, semuanya serba modern, mulai dari animasi di bioskop mini, teknologi touch screen, dan semua informasi tertata sangat sistematis. Disini kita tidak bisa melewatkan permainan tangkap uang virtual dan mengangkat emas batangan.

3. Museum Kartun Indonesia (di Bali)

Selain keindahan pantainya, Bali juga mempunyai museum yang menarik ini. Isinya tentu adalah sejarah kartun di Indonesia. Di museum Kartun Indonesia kita bisa melihat berbagai kartun, komik, dan karikatur karya anak bangsa. Kita juga bisa melihat koleksi kartun karya Presiden Soekarno, dan bisa meminta seorang pelukis untuk melukiskan karikatur kita.

4. Museum Geologi Bandung

Museum ini menampilkan berbagai macam fosil dari binatang-bintang purba dan sejarah geologi di Indonesia. Museum ini dibuka untuk umum pada tahun 1929. Disini kita bisa melihat fosil dinosaurus, Tyrannosaurus Rex, gajah Mastodon, dan hewan purba lainnya. Kita juga bisa melihat maket-maket mengenai geologi di museum Geologi Bandung.

5. Museum Listrik dan Energi Baru

Di museum Listrik dan Energi Baru ini, kita bisa melihat berbagai peragaan mengenai energi, seperti rumah solar dan mobil tenaga surya. Kita bisa mencoba semua peragaan itu, yang menarik adalah peragaan mesin Tesla, Van de Graff, dan sepeda Kinetik.

6. Museum Transportasi

Museum Museum Transportasi ini menampilkan berbagai jenis transportasi di Indonesia, dari zaman pedati, lokomotif uap, dan bus DAMRI. Selain itu, ada juga transportasi laut dan udara kuno yang ditampilkan di sini.

7. Museum Layang-layang

Museum Layang-layang ini menampilkan berbagai jenis layang-layang, yang terbuat dalam berbagai jenis. Disini kita bisa menemukan layangan besar bernama Ikan Singa, Layangan yang mengeluarkan bunyi, serta workshop membuat layangan.

8. Museum Anak Kolong Tangga (Yogyakarta)

Museum Anak Kolong Tangga menampilkan berbagai permainan anak-anak tradisional dari Indonesia dan dunia. Enaknya, kita bisa memainkan beberapa dari mainan tradisonal itu. Kita juga bisa melihat mainan anak dari zaman kerajaan.

9. Museum Polri

Museum Polri ini tentunya menjelaskan berbagai sejarah, kegiatan, dan peralatan yang dipakai oleh POLRI. Di museum ini, ada juga kids corner untuk bermain detektif dan perangkat pendeteksi kebohongan.

10. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa awalnya adalah sebuah stasiun kereta api Belanda yang bernama Stasiun KA Ambarawa. Setelah kemerdekaan, stasiun ini diubah menjadi museum yang mnyimpan berbagai benda dari stasiun itu. Museum ini menyimpan 21 koleksi Kereta uap, kita bahkan bisa menaiki 2 dari kereta uap itu dari Stasiun Ambarawa ke Stasiun Bedono. 2 kereta itu, B2502 dan B2503, adalah 2 dari 3 kereta api bergerigi di dunia yang masih beroperasi




1 comment: