Wednesday 18 March 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Tahap pertumbuhan individu berdasarkan psikologi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Tahap pertumbuhan individu berdasarkan psikologi

Tahap pertumbuhan individu berdasarkan psikologi perlu kita pelajari untuk melihat bagaimana pertumbuhan seorang insan manusia. Istilah individu dalam kaitannya dengan pembicaraan tentang keluarga dan masyarakat manusia, dapat pula diartikan sebagai manusia. Perkembangan manusia yang wajar dan normal harus melalui proses pertumbuhan dan perkembangan lahir batin. Dalam arti bahwa individu atau pribadi manusia adalah keselurhan jiwa raga yang mempunyai ciri-ciri khas tersendiri.

pertumbuhan adalah suatu perubahan yang menuju kearah yang lebih maju, lebih dewasa. Timbul berbagai pendapat dari berbagai aliran tentang pertumbuhan. Menurut para pakar yang menganut aliran asosiasi berpendapat, bahwa pertumbuhan pada dasarnya adalah proses asosiasi. proses asosiasi yaitu terjadinya perubahan pada seseorang secara tahap demi tahap sebab pengaruh timbal balik dari pengalaman atau empiri luar melalui pancaindera yang menimbulkan sensations atau pengalaman dalam mengenal keadaan batin sendiri yang menimbulkan sensation.


Tahap pertumbuhan individu berdasarkan psikologi

Tahap pertumbuhan individu berdasarkan psikologi


1. Masa vital yaitu dari usia 0.0 sampai kira-kira 2 tahun.

Pada masa vital ini individu menggunakan fungsi-fungsi biologis untuk menemukan berbagai hal dalam dunianya. meurut Frued tahun pertama dalam kehidupan individu itu sebagai masa oral, sebab mulut dilihat sebagai sumber kenikmatan dan ketaidak nikmatan. Pendapat semacam ini mungkin beralasan kepaa kenyataan, bahwa pada masa ini mulut memainkan peranan penting dalam kehidupan individu. Bahwa anak memasukkan apa saja yang dijumpai ke dalam mulutnya itu tidak sebab multu adalah sumber kenikmatan utama, melainkan sebab pada saat itu mulut adalah alat utama untuk melakukan eksplorasi dan belajar. Pada tahun kedua anak belajar berjalan, dan dengan berjalan itu anak mulai pula belajar menguasai ruang. Di samping itu terjadi pembiasaan tahu akan kebersihan. Melalui tahu akan kebersihan itu anak belajar mengontrol impuls-impuls yang datang dari dalam dirinya.

2. Masa estetik dari umur kira-kira 2 tahun sampai kira-kira 7 tahun

Masa estetik ini dianggap sebagai masa pertumbuhan rasa keindahan. sebenarnya kata estetik diartikan bahwa pada masa ini pertumbuhan anak yang terutama adalah fungsi pancaindera. Dalam masa ini pula tampak muncuk gejala kenakalan yang biasanya terjadi antara 3 tahun sampai umur 5 tahun. Anak sering menentang  kehendak orang atau, kadang sampai menggunakan kata – kata kasar, dengan sengaja melanggar apa yang dilarang dan tidak melakukan apa yang seharusnya dilakukan.

Adapun alasan anak berbuat kenakalan dalam usia itu adalah :
berkat pertumbuhan bahasanya yang adalah modal utama bagi anak dalam menghadapi dunianya maka samapi-lah anak pada penyadaran ”aku”nya atau tahap menemukan ”akunya yaitu suatu tahap saat anak menemukan dirinya sebagai subyek.

Kalau pada masa-masa sebelumya anak masih merasa satu dengan dunianya, belum mampu mengadakan pemisahan secara sadar antara dirinya sendiri sebgai subyek dan yagn lain sebagai obyek maka kemampuan ini kini dimilikinya. Berarti ia menyadari bahwa dirinya juga subyek seperti yang lain. sebagai subyek ia mempunyai kebebasan untuk menghendaki sesuatu.

Pada masa ini terjadi apa yang kita sebut dengan menghendaki dan kehendak yang dimiliki tidak dapat ditahan-tahan; akna tetapi kalau ia telah memperolehnya maka ia tidak lagi memperdulikannya dan menghendaki benda yang lain dan seterusnya

3. Masa intelektual dari kira-kira 7 tahun sampai kira-kira 13 tahun atau 14 tahun

Setelah anak melewati masa kegoncangan yang pertama , maka proses sosialisasinya telah berlangsung dengan lebih efektif. Sehingga menjadi matang untuk dididik daripada masa-masa sebelumnya. Masa keserasian bersekolah ini diakhiri dengan suatu masa pueral. Sifat-sifat anak pada masa pueral ini mempunyai sifat-sifat yang khas, yang pertama adalah ditujukan untuk berkuasa (menimbulkan tingkah laku dari perbuatan yang ditujukan untuk berkuasa), yang kedua adalah tingkah laku ekstrovers yaitu perbuatan yang berorientasi ke luar dirinya (ingin menyaksikan keadaan-keadaan dunia di luar dirinya).

ada beberapa sifat khas pada anak-anak masa ini antara lain :
  1. adanya korelasi positif tinggi antara keadaan jasmani dengan prestasi sekolah
  2. sikap tunduk kepada peraturan-peraturan, permainan yang tradisional
  3. adanya kecenderungan memuji diri sendiri
  4. kalau tidak dapat menyelesaikan ssesuatu soal maka soal itu dianggap tidak penting
  5. senang membandingkan dirinya dengan anak lain
  6. adanya minat kepada kehidupan praktis sehari-hari yang konkrit
  7. amat realistik ingin tahu, ingin belajar
  8. gemar membentuk kelompok sebaya


4. Masa sosial, kira-kira umur 13 atau 14 tahun sampai kira-kira 20 – 21 tahun

Masa sosial adalah masa yang banyak menarik perhatian masyarakat sebab mempunyai sifat khas dan yang menentukan dalam kehidupan individu dalam masyarakatnya, dan dia harus mengarahkan dirinya agar dapat menemukan diri, meneliti sikap hidup yang lama dan mencoba-coba yang baru agar dapat menjadi pribadi yang dewasa. Pada dasarnya masa ini masih dirinci ke dalam beberapa masa, yaitu masa praremaja , masa remaja (sebagai gejalanya adalah merindu puja, dan pada fase ini, untuk pertama kalinya remaja sadar akan kesepian yang tidak pernah dialami pada masa-masa sebelumnya), dan masa usia mahasiswa (pemuda yang berusia 18 s.d. 30 tahun, dan diklasifikasikan pada masa remaja akhir sampai dewasa awal / dewasa madya, dan pada mahasiswa ini banyak terdapat idealisme yang realistik yaitu yang dapat diterapkan dalam tindakan.) 

Tanya Jawab seputar Tahap pertumbuhan individu berdasarkan psikologi

Apa saja tahapan perkembangan individu?

Jawaban : Tahapan perkembangan individu adalah tahapan-tahapan yang meliputi masa bayi, masa anak-anak, masa remaja, dan masa dewasa.

Apa saja fase pertumbuhan yang dialami manusia sejak lahir?

Jawaban : Fase pertumbuhan manusia sejak lahir meliputi bayi, masa anak-anak, masa remaja, dan masa dewasa.

Apa yang dimaksud dengan masa Vital?

Jawaban : Masa vital adalah masa dimana individu mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat cepat, terutama dalam hal pertumbuhan fisik, seperti pada masa bayi dan anak-anak.

Apakah fase terakhir dari pertumbuhan manusia?

Jawaban : Fase terakhir dari pertumbuhan manusia adalah masa dewasa.

Apa saja tahapan perkembangan?

Jawaban : Tahapan perkembangan individu meliputi tahapan bayi, anak-anak, remaja, dan dewasa.

Berapa fase perkembangan manusia?

Jawaban : Ada empat fase perkembangan manusia, yaitu bayi, anak-anak, remaja, dan dewasa.

Apa yang dimaksud pertumbuhan dalam psikologi?

Jawaban : Pertumbuhan dalam psikologi merujuk pada perubahan-perubahan yang terjadi dalam kemampuan dan karakteristik individu seiring dengan bertambahnya usia.

Jelaskan apa yang dimaksud proses biologis kognitif dan Sosioemosi?

Jawaban : Proses biologis kognitif merujuk pada perkembangan kemampuan intelektual dan kognitif individu, sedangkan sosioemosi merujuk pada perkembangan sosial dan emosional individu.

Tahap pertumbuhan individu psikologi di mana umur 7-14 tahun di sebut?

Jawaban : Tahap pertumbuhan individu psikologi di mana umur 7-14 tahun disebut masa anak-anak.

Bagaimana proses perkembangan dan pertumbuhan manusia?

Jawaban : Proses perkembangan dan pertumbuhan manusia melibatkan perubahan-perubahan yang terjadi dalam kemampuan, karakteristik, dan tingkah laku individu seiring bertambahnya usia.

Bagaimana proses pertumbuhan?

Jawaban : Proses pertumbuhan melibatkan perubahan-perubahan yang terjadi dalam ukuran, berat, dan dimensi tubuh individu seiring bertambahnya usia.

Apa saja tahap perkembangan anak?

Jawaban : Tahap perkembangan anak meliputi masa bayi, masa kanak-kanak awal, masa kanak-kanak akhir, dan masa remaja.

Apa yang dimaksud dengan pertumbuhan dan perkembangan dalam individu?

Jawaban : Pertumbuhan merujuk pada perubahan fisik dan biologis dalam tubuh individu, sedangkan perkembangan merujuk pada perubahan psikologis dan sosial individu seiring dengan bertambahnya usia.

Apa saja teori perkembangan individu manusia?

Jawaban : Beberapa teori perkembangan individu manusia antara lain teori perkembangan psikososial Erik Erikson, teori perkembangan kognitif Jean Piaget, dan teori perkembangan moral Lawrence Kohlberg.

Apa saja faktor perkembangan individu?

Jawaban : Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan individu meliputi faktor genetik, lingkungan fisik, lingkungan sosial, serta pengalaman dan interaksi dengan lingkungan.

Bagaimana ciri-ciri fase perkembangan individu?

Jawaban : Ciri-ciri fase perkembangan individu meliputi perubahan-perubahan dalam karakteristik fisik, kognitif, sosial, dan emosional, serta kemampuan individu dalam memenuhi tugas-tugas perkembangan yang relevan dengan fase usianya.

Dalam perkembangan kelompok terdapat 4 tahapan, apa saja tahapan tersebut tolong anda jelaskan?

Jawaban : Empat tahapan dalam perkembangan kelompok menurut teori Bruce Tuckman adalah tahap forming, storming, norming, dan performing. Tahap forming adalah tahap di mana anggota kelompok saling mengenal, tahap storming adalah tahap di mana munculnya konflik, tahap norming adalah tahap di mana kelompok menetapkan norma dan nilai-nilai bersama, dan tahap performing adalah tahap di mana kelompok mampu bekerja secara efektif dan mencapai tujuan bersama.

Apa perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan?

Jawaban : Pertumbuhan merujuk pada perubahan fisik dan biologis dalam tubuh individu, sedangkan perkembangan merujuk pada perubahan psikologis dan sosial individu seiring dengan bertambahnya usia.





No comments:

Post a Comment