Tuesday, 24 February 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Perbedaan pokok antara iklim dan cuaca. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Perbedaan pokok antara iklim dan cuaca

Kalian sudah pasti sudah sering mendengar istilah cuaca dan iklim. Apa pengertian cuaca? apa pengertian iklim? apa pula perbedaan antara iklim dan cuaca? Mari kita bahasa satu persatu.

Cuaca merupakan keadaan udara pada saat tertentu dan di wilayah tertentu yang relatif sempit dan pada jangka waktu yang singkat. Cuaca itu terbentuk dari gabungan unsur cuaca dan jangka waktu cuaca bisa hanya beberapa jam saja. Misalnya: pagi hari, siang hari atau sore hari, dan keadaannya bisa berbeda-beda untuk setiap tempat serta setiap jamnya.

Di Indonesia, keadaan cuaca selalu diumumkan untuk jangka waktu sekitar 24 jam melalui prakiraan cuaca hasil analisis dari badan pemerintah, yaitu Badan Meteorologi dan Geofisika, Departemen Perhubungan. Untuk negara negara yang sudah maju perubahan cuaca sudah diumumkan setiap jam dan sangat akurat (tepat). Iklim merupakan keadaan cuaca rata-rata dalam waktu satu tahun yang penyelidikannya dilakukan dalam waktu yang lama (minimal 30 tahun) dan meliputi wilayah yang luas. Matahari merupakan kendali iklim yang sangat penting dan sumber energi di bumi yang menimbulkan gerak udara dan arus laut. Kendali iklim yang lain, misalnya distribusi darat dan air, tekanan tinggi dan rendah, massa udara, pegunungan, arus laut dan badai.Perlu kita ketahui bahwa ilmu yang mempelajari mengenai iklim disebut Klimatologi, sedangkan ilmu yang mempelajari mengenai keadaan cuaca disebut Meteorologi

Cuaca terdiri dari seluruh fenomena yang terjadi di atmosfer Bumi atau sebuah planet lainnya. Cuaca biasanya adalah sebuah aktivitas fenomena ini dalam waktu beberapa hari. Cuaca rata-rata dengan jangka waktu yang lebih lama dikenal sebagai iklim. Aspek cuaca ini diteliti lebih lanjut oleh pakar klimatologi, untuk tanda-tanda perubahan iklim.

Perbedaan pokok antara iklim dan cuaca
Dari pengertiannya sendiri, cuaca merupakan nilai sesaat dari atmosfer, dan perubahan cuaca itu terjadi dalam jangka waktu yang pendek. Perubahan itu dapat terjadi dalam jangka waktu 24 jam atau bahkan lebih cepat. Ada beberapa unsur cuaca yang biasa digunakan, antara lain penerimaan radiasi surya, suhu udara, kelembaban udara, tekanan udara, kecepatan angin, arah angin, serta awan yang menyelimuti langit. Sementara cabang ilmu yang mempelajari mengenai cuaca merupakan meteorologi. Pada dasarnya ilmu meteorologi menggabungkan penggunaan ilmu matematika dan fisika sebagai ilmu yang digunakan untuk menganalisis perubahan atmosfer.

Sedangkan dari pengertian iklim sendiri, iklim dapat diartikan sebagai kesimpulan atau sintesis dari perubahan yang terjadi pada unsur cuaca dari hari ke hari hingga bulan ke bulan yang terjadi dalam suatu wilayah tertentu serta periode yang panjang. Iklim sendiri juga mempunyai cakupan yang sangat luas dan juga waktu yang sangat panjang. Jika ilmu yang mempelajari cuaca merupakan meteorologi, maka ilmu yang mempelajari mengenai iklim merupakan klimatologi. Ilmu klimatologi juga berkaitan dengan ilmu lainnya seperti halnya yang terjadi pada ilmu meteorologi yang berkaitan dengan matematika dan fisika. Klimatologi berkaitan dengan tiga ilmu lain yaitu fisika, statistik, dan geografi.

Sangat jelas bukan perbedaan pokok antara iklim dan cuaca yang seringkali membuat orang bingung dalam menggunakan istilah itu. Pada dasarnya penggunaan kedua istilah itu baik iklim atau cuaca sangatlah mudah. Sekarang kita telah mengetahui perbedaannya, pasti kita akan mengetahui dan tidak lagi keliru dalam menggunakan kedua istilah itu.

Ingat kunci perbedaan antara cuaca dan iklim ini :
Cuaca = jangka pendek
Iklim = jangka panjang




1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Note: only a member of this blog may post a comment.