Sunday, 11 January 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Daerah di Indonesia yang Memiliki Potensi Sumber Tenaga Panas Bumi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Daerah di Indonesia yang Memiliki Potensi Sumber Tenaga Panas Bumi

Daerah di Indonesia yang memiliki potensi sumber tenaga panas bumi cukup banyak, usaha pencarian sumber energi panas bumi di Indonesia pertama kali dilakukan di daerah Kawah Kamojang pada tahun 1918. Pada tahun 1926 hingga tahun 1929 lima sumur eksplorasi dibor dimana sampai saat ini salah satu dari sumur tersebut, yaitu sumur KMJ‐3 masih memproduksikan uap panas kering atau dry steam. Pecahnya perang dunia dan perang kemerdekaan Indonesia mungkin merupakan salah satu alasan dihentikannya kegiatan eksplorasi di daerah tersebut.

Kegiatan eksplorasi panas bumi di Indonesia baru dilakukan secara luas pada tahun 1972. Direktorat Vulkanologi dan Pertamina, dengan bantuan Pemerintah Perancis dan New Zealand melakukan survey pendahuluan di seluruh wilayah Indonesia. Dari hasil survey dilaporkan bahwa di Indonesia terdapat 217 prospek panas bumi, yaitu di sepanjang jalur vulkanik mulai dari bagian Barat Sumatera, terus ke Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan kemudian membelok ke arah utara melalui Maluku dan Sulawesi. Survey yang dilakukan selanjutnya telah berhasil menemukan beberapa daerah prospek baru sehingga jumlahnya meningkat menjadi 256 prospek, yaitu 84 prospek di Sumatera, 76 prospek di Jawa, 51 prospek di Sulawesi, 21 prospek di Nusatenggara, 3 prospek di Irian, 15 prospek di Maluku dan 5 prospek di Kalimantan. Sistim panas bumi di Indonesia umumnya merupakan sistim hidrothermal yang mempunyai temperatur tinggi (>225oC), hanya beberapa diantaranya yang mempunyai temperatur sedang (150‐225oC).

Potensi energi panas bumi di Indonesia dipastikan sangat besar dengan kapasitas energi listrik yang bisa dihasilkan mencapai 29.000 Mega Watt atau setara 40% potensi energi panas bumi di dunia.

Daerah di Indonesia yang Memiliki Potensi Tertinggi Sumber Tenaga Panas Bumi


Dari kapasitas energi panas bumi yang ada di Indonesia itu, 22% diantaranya atau sekitar 6.096 MW berlokasi di wilayah Provinsi Jawa Barat.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengatakan Indonesia memiliki potensi energi terbarukan berupa panas bumi yang sangat luar biasa besar. “Bila ditaksir potensi energi panas bumi Indonesia mencapai 40% dari potensi panas bumi di dunia. Kapasitas yang diperkirakan bisa diperoleh dari hasil pengolahan panas bumi menjadi energi listrik di Indonesia bisa mencapai 29.000 MW,”

Menteri ESDM mengatakan bahwa Jabar menjadi wilayah yang memiliki potensi energi panas bumi yang besar di Indonesia. Dari potensi 29.000 MW itu, Jabar bisa menyumbangkan potensi energi listrik dari panas bumi sebesar 6.096 MW atau 22%-nya.

sumber : http://whatindonews.com/id/post/view/detail/296

Perhatikan gambar sebaran potensi energi panas bumi di Indonesia berikut ini:
Potensi Sumber Tenaga Panas Bumi Indonesia

Dari gambar diatas dapat kita lihat bahwa potensi sumber tenaga panas bumi di Indonesia terletak di Jawa Barat, daerah lainnya yang juga memiliki potensi tenaga panas bumi yang cukup tinggi adalah : Sumatera Utara, Lampung, Sumatera Selatan, Jawa Tengah dan lain-lain.




12 comments:

Note: only a member of this blog may post a comment.