Sunday, 25 January 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Posisi dan Letak Geografis Kawasan Asia Tenggara. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Posisi dan Letak Geografis Kawasan Asia Tenggara

Posisi dan letak geografis kawasan Asia Tenggara dapat digunakan untuk meninjau letak Asia Tenggara. Asia Tenggara adalah suatu kawasan yang terletak di sebelah tenggara Benua Asia. Luas wilayah daratan dari Asia Tenggara sekitar 4.817.000 km2, sedangkan perairan laut Asia Tenggara sekitar 5.060.100 km2. Kawasan Asia Tenggara terdiri atas beberapa negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Brunei Darussalam,  Myanmar, Laos, Kampuchea, dan Vietnam.

Kadang kala, negara Timor Leste (dahulu salah satu provinsi di Indonesia) dianggap masuk kawasan Asia Tenggara. Negara terbesar di kawasan Asia Tenggara adalah Indonesia (luas daratan > 1,8 juta km2), sedangkan negara terkecil adalah Singapura (luas wilayah < 700 km2). Negara yang berada di daratan Asia, yaitu Thailand, Myanmar, Kampuchea, Laos, dan Vietnam. Negara yang berada di kepulauan atau pulau, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Brunei Darussalam. Kawasan Asia Tenggara terbentuk oleh dataran tinggi dan dataran rendah.

Kawasan Asia Tenggara merupakan bagian dari Benua Asia di bagian sebelah tenggara. Letak Asia Tenggara dapat ditinjau menurut posisi geografis dan letak geografis.

Posisi dan Letak Geografis Kawasan Asia Tenggara


a. Posisi Geografis Kawasan Asia Tenggara

Posisi geografis adalah letak suatu kawasan berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Garis lintang merupakan garis khayal yang sejajar dengan ekuator, yang melingkari permukaan bumi secara mendatar. Sedangkan garis bujur adalah garis khayal yang menghubungkan antara Kutub Utara dan Kutub Selatan, serta membentuk setengah lingkaran bumi.

Posisi dan Letak Geografis Kawasan Asia Tenggara
Berdasarkan garis lintang dan bujur, Asia Tenggara berada pada posisi 28°LU–11°LS dan 93°BT–141°BT. Kawasan Asia Tenggara dilewati oleh garis khatulistiwa (ekuator) dan garis balik utara. Posisi geografis Asia Tenggara tersebut memengaruhi iklim dan kegiatan ekonomi penduduk.

Negara yang terletak paling utara di Asia Tenggara adalah Myanmar, sedangkan yang terletak paling selatan adalah Indonesia. Negara paling barat di Asia Tenggara adalah juga Myanmar dan paling timur adalah juga Indonesia.

b. Letak Geografis Kawasan Asia Tenggara

Letak geografis adalah letak suatu kawasan jika dilihat di permukaan bumi sebenarnya atau ditinjau dari kawasan sekitarnya. Berdasarkan letak geografis, Asia Tenggara berada di antara Benua Australia dan daratan utama Benua Asia serta terletak diantara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Adapun batas-batas kawasan Asia Tenggara sebagai berikut.

1) Utara : Negara Cina.
2) Selatan : Negara Timor Leste, Benua Australia, dan Samudra Hindia.
3) Barat : Negara India, Bangladesh, dan Samudra Hindia.
4) Timur : Negara Papua Nugini dan Samudra Pasifik.

Kawasan Asia Tenggara sangat strategis karena letaknya berada di antara dua samudra. Kawasan ini menghubungkan negara-negara barat dan timur sehingga kawasan ini sangat menguntungkan bagi peningkatan kegiatan perdagangan dan pariwisata di kawasan Asia Tenggara.




4 comments: