Sunday, 11 January 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Proses Perang Jepang dengan China pada Perang Dunia ke II. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Proses Perang Jepang dengan China pada Perang Dunia ke II

Proses perang Jepang dengan China kedua berjalan dari mulai tanggal 7 Juli 1937 sampai 9 September 1945. Perang Jepang dengan China ini adalah perang besar yang terjadi sebelum dan selama Perang Dunia II. Perang ini merupakan perang Asia terbesar pada abad ke-20.


Proses Perang Jepang dengan China pada Perang Dunia ke IIWalaupun kedua negara telah sering berperang sejak tahun 1931, tapi masih dalam skala keci. Perang berskala besar baru dimulai sejak tahun 1937 dan berakhir dengan menyerahnya Jepang pada tahun 1945. Perang ini terjadi karena adanya kebijakan imperialis Jepang yang sudah berlangsung selama beberapa dekade. Jepang berniat mendominasi China (Tiongkok) secara politis dan militer untuk menjaga cadangan bahan baku dan sumber daya alam yang sangat banyak dimiliki China. Pada saat yang bersamaan, kebangkitan nasionalisme China dan kebulatan tekad membuat perlawanan tidak bisa dihindari. Sebelum tahun 1937, kedua negara ini sudah bertempur dalam insiden-insiden kecil dan lokal untuk menghindari perang secara terbuka. Invasi Manchuria oleh Jepang pada tahun 1931 dikenal dengan nama Insiden Mukden. Bagian akhir dari kisah penyerangan ini adalah Insiden Jembatan Marco Polo tahun 1937 yang menandai awal perang besar-besaran antara kedua negara.

Sejak tahun 1937 sampai 1941, China berperang sendiri melawan Jepang. Setelah peristiwa penyerangan terhadap Pearl Harbor terjadi, Perang Tiongkok-Jepang Kedua pun bergabung dengan konflik yang lebih besar, yaitu WWII atau Perang Dunia II.




No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.