Tuesday, 13 January 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Mengapa Tambang Sangat Berperan Penting dalam Kehidupan Manusia ?. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Mengapa Tambang Sangat Berperan Penting dalam Kehidupan Manusia ?

Mengapa tambang sangat berperan penting dalam kehidupan manusia ? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut mari kita dalami dulu apa itu tambang? Jika kita menyebut kata tambang, maka bisa terjadi yang ada dalam pikiran kita, tambang merupakan suatu kegiatan yang merusak lingkungan. Menurut UU No 4 Tahun 2009, pertambangan adalah sebagian atau seluruh tahapan kegiatan dalam rangka penelitian, pengelolaan dan pengusahaan mineral atau batubara yang meliputi penyelidikan umum, eksplorasi, studi kelayakan, konstruksi, penambangan, pengolahan dan pemurnian, pengangkutan dan penjualan, serta kegiatan pesca tambang.

Tapi tahukah kamu tanpa kita sadari kegiatan yang merusak lingkungan ini memiliki peranan besar dalam kehidupan manusia. Tambang berjasa dalam merubah kehidupan manusia primitif menjadi manusia yang modern. Tahukah kamu menggunakan apakah membuat pakaian kita pakai? Jawabannya adalah dari bahan tambang. Peralatan makan, minum, mandi, dan lain sebagainya dibuat dari bahan-bahan yang diambil dari kegiatan pertambangan, ya kegiatan yang merusak lingkungan itu. Hal ini tak bisa dipungkiri bahwa tambang sangat berperan penting dalam tatanan kehidupan manusia.
Mengapa Tambang Sangat Berperan Penting dalam Kehidupan Manusia ?

Pertambangan di Indonesia sudah dimulai sejak berabad-abad yang lalu, contohnya: bahan untuk pembuatan keris, batu untuk Borobudur, dan lain sebagainya. Namun secara modern pertambangan di Indonesia baru dimulai pada abad ke-19, salah satunya yaitu tambang batubara Ombilin yang mulai berproduksi pada tahun 1892. Namun pertambangan di Indonesia tidaklah berjalan mulus, banyak hambatan & tantangan yang terjadi, pasang surutpun tak dapat dihindari. Pasang pertama terjadi pada tahun 1941, Lalu surut pada jaman penjajahan Jepang dan berlanjut sampai tahun 1967. Namun Kebangkitan pada dunia pertambangan di Indonesia kembali muncul pada tahun 1967 dengan masuknya beberapa perusahaan tambang internasional. Perkembangan yang signifikan terjadi pada tahun 90-an. Bahkan sampai saat ini terdaftar lebih dari 100 perusahaan tambang yang beroperasi di Indonesia.

Peran penting tambang dalam kehidupan manusia


Indonesia sudah lama terkenal sebagai negara yang kaya raya akan bahan atau barang tambang. Bahan atau barang tambang di Indonesia ditemukan di darat dan di laut. Untuk mendapatkan dan mengolah bahan tambang tersebut diperlukan banyak sekali modal, tenaga ahli, dan teknologi tinggi. Pemerintah menghimpun kesemuanya ini dari dalam maupun luar negeri.

Barang tambang memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia dan pembangunan. Peranan barang tambang dan bahan galian dalam pembangunan Indonesia sebagai berikut.
  1. Menambah pendapatan negara.
  2. Memperluas lapangan kerja.
  3. Memajukan bidang transportasi dan komunikasi.
  4. Memajukan industri dalam negeri.
  5. Sebagai pemasok kebutuhan barang tambang dan galian dalam negeri.
  6. Minyak bumi dan gas alam sebagai bahan bakar atau sumber energi.
  7. Pasir atau batu sebagai bahan bangunan,
  8. Emas, intan, dan perak, sebagai perhiasan.
  9. Bahan industri dalam negeri.

Pertambangan secara besar-besaran di Indonesia dengan peralatan modern, baru dilaksanakan untuk bahan tambang penghasil energi dan mineral logam. Usaha pertambangan dipegang oleh pemerintah dan sebagian oleh perusahaan swasta. Hasil tambang ini sebagian besar diekspor. Penambangan mineral bukan logam dan batuan dilakukan oleh penduduk atau perusahaan setempat, umumnya secara kecil-kecilan dan dengan peralatan sederhana. Produksinya juga belum teratur dan hanya digunakan untuk keperluan dalam negeri. Potensi tambang yang dimiliki Indonesia dapat kamu baca pada materi Potensi Sumber Daya Alam Tambang di Indonesia.





1 comment:

  1. Mau studi kelayakan batubara dalam bentuk template yang telah teruji untuk mencari investor, pinjaman bank dan tujuan lain, silahkan visit : http://templatestudikelayakan.blogspot.com/

    ReplyDelete

Note: only a member of this blog may post a comment.