Wednesday, 21 January 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Manfaat Sumber Daya Tambang di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Manfaat Sumber Daya Tambang di Indonesia

Manfaat sumber daya tambang di indonesia seharusnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia, karena sumber daya tambang merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang harus dikelola dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan penduduknya.

Sebelumnya, kita sudah membahas tentang Potensi Sumber Daya Alam Tambang di Indonesia. Untuk memaksimalkan pemanfaatan sumber daya tambang, tidak lepas dari aktivitas pertambangan yang dilakukan oleh perusahaan pertambangan maupun  secara perorangan oleh rakyat.

Perusahaan pertambangan dikelola oleh pemerintah maupun swasta. Banyak perusahaan swasta dari luar Indonesia yang juga ikut serta melakukan aktivitas penambangan dengan perjanjian tertentu dan sistem bagi hasil dengan pemeritah Indonesia.

Manfaat Sumber Daya Tambang di Indonesia

Minyak bumi dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, baik skala besar seperti PLN, maupun untuk rumah tangga, industri, kendaraan bermotor. Selain dimanfaatkan untuk konsumsi dalam negeri. produksi minyak bumi dan gas alam Indonesia juga diekspor ke berbagai negara lain.

Adapun manfaat sumber daya tambang di Indonesia adalah sebagai berikut :
  1. Untuk Menambah pendapatan negara.
  2. Untuk Memperluas lapangan kerja.
  3. Untuk Memajukan bidang transportasi dan komunikasi.
  4. Untuk Memajukan industri dalam negeri.
  5. Sebagai pemasok kebutuhan SDA barang tambang dan galian dalam negeri.
  6. Minyak bumi dan gas alam sebagai bahan bakar atau sumber energi.
  7. Pasir atau batu sebagai bahan bangunan,
  8. Emas, intan, dan perak, sebagai perhiasan.
  9. Sebagai Bahan industri dalam negeri.




No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.