Monday, 12 January 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Kemerdekaan sebagai Modal Pembangunan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Kemerdekaan sebagai Modal Pembangunan

Kemerdekaan sebagai Modal PembangunanSalah satu modal sosial yang sangat penting dalam pembangunan nasional adalah kemerdekaan. Kekayaan suku bangsa, budaya, bahasa, dan agama, tidak akan dapat berkembang dengan baik, tanpa modal kemerdekaan. Sebelumnya kamu telah mempelajari bagaimana perjuangan bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan. Kemerdekaan memberikan kebebasan bangsa Indonesia, menentukan nasib sendiri. Bagaimana perjuangan pergerakan nasional tersebut, berhasil mengantarkan bangsa Indonesia ke pintu gerbang kemerdekaan ? Kamu akan mempelajari pada uraian di bawah ini.

Bangsa Indonesia pada saat ini (tahun 2015) telah menikmati kemerdekaan selama 70 tahun. Supaya kamu lebih menghayati bagaimana kenikmatan kemerdekaan yang dimiliki bangsa Indonesia sekarang, kamu perlu mempelajari bagaimana pembangunan di Indonesia pada masa penjajahan. Untuk mengetahui pembangunan di Indonesia pada masa penjajahan sampai bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan, silahkan baca pada artikel berikut ini.

Bangsa Indonesia memiliki keragaman sosial budaya dalam bentuk perbedaan suku bangsa, bahasa, budaya, dan agama. Interaksi masyarakat yang terjadi tersebut tidak lepas dari pengaruh perbedaan sosial budaya masyarakat Indonesia. Untuk mendukung keragaman sosial budaya sebagai modal pembangunan nasional, maka harus tercipta interaksi yang selaras dalam keberagaman sosial budaya. Bangsa Indonesia harus selalu menjalin interaksi positif yang mengarah pada kerjasama untuk mencapai tujuan bersama, yaitu tujuan pembangunan masyarakat Indonesia. Perbedaan tersebut harus dikelola dengan baik, sehingga mendorong tujuan pembangunan nasional. Berbagai lembaga berperan penting dalam mengelola perbedaan kondisi sosial budaya bangsa Indonesia. Lembaga keluarga, budaya, agama, dan politik memiliki fungsi dan peran penting dalam mengelola perbedaan tersebut. Pengelolaan keragaman sosial budaya yang tepat akan membantu percepatan pembangunan nasional.

Modal penting dalam pembangunan nasional adalah kemerdekaan Indonesia yang telah diproklamirkan oleh Soekarno-Hatta mewakili seluruh bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Tanpa kemerdekaan bangsa Indonesia tidak dapat menentukan nasib sendiri. Perjuangan para pejuang dalam mencapai Indonesia merdeka sangat gigih dan penuh pengorbanan. Banyak para pejuang yang mengorbankan jiwa dan raga untuk mencapai kemerdekaan, tetapi tidak menikmati kemerdekaan. Selayaknya bangsa Indonesia saat ini menghayati dan mengamalkan nilai-nilai kegigihan dan kerelaan berkorban para pejuang pada masa lalu.




4 comments:

  1. Tulisan di atas menjiplak dari Buku pegangan siswa IPS untuk SMP/MTs kelas viii semester 2, sama dengan artikel yang ada di blog ku. Cuma bedanya di sini tidak di cantumkan sumbernya, kayak hasil pemikiran sendiri. hehe

    ReplyDelete