Monday, 26 January 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Kebudayaan Memperkokoh Integrasi Bangsa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Kebudayaan Memperkokoh Integrasi Bangsa

Setelah memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keragaman budaya Indonesia (baca artikel ini), banggakah kamu dengan keragaman budaya kita? Bagaimana keragaman budaya dapat memperkokoh integrasi bangsa? Integrasi bangsa bukan hal yang gampang untuk dibangun pada masyarakat yang memiliki keragaman budaya. Tapi jika dikelola dengan baik, kebudayaan dapat memperkokoh integrasi bangsa.

Pantun :
Mobil tua di dalam garasi
Walaupun tua tetapi antik
Kebudayaan memperkokoh integrasi
Jika dikelola dengan baik

Kebudayaan Memperkokoh Integrasi Bangsa


Mari ingat-ingat lagi apa arti integrasi. Integrasi artinya pembauran dari berbagai keragaman budaya hingga menjadi satu kesatuan yang utuh. Kita tahu bahwa Indonesia adalah negara kepulauan. Setiap pulau mempunyai perbedaan berdasarkan kondisi fisiknya. Perbedaan ini mengakibatkan keragaman budaya, ekonomi, dan sosial dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Kita harus menyadari bahwa keragaman bukan merupakan penghalang menuju Indonesia bersatu. Begitu pula selat dan laut bukan sebagai penyekat, tetapi malah menjadi penghubung atau rantai pengikat pulau-pulau di Indonesia.

Kebudayaan Memperkokoh Integrasi Bangsa

Indonesia merupakan negara kesatuan. Hubungan antarpulau sudah terjadi sejak zaman dahulu kala. Ketersediaan angkutan laut sangat memudahkan hubungan antarpulau. Banyak suku dari satu pulau pindah ke pulau yang lain, dari daerah satu ke daerah yang lain. Mereka menetap di tempat yang baru dan berbaur dengan penduduk setempat. Masing-masing dari mereka memiliki budaya yang berbeda-beda, namun tetap hidup rukun dalam satu kesatuan bangsa. Indonesia terlihat indah dengan keragaman budayanya. Segala keragaman yang ada, tidak menghalangi bangsa Indonesia dalam menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa. Akibatnya, terbentuklah integrasi bangsa yang hidup damai saling berdampingan dan saling menghargai yang diupayakan untuk dipertahankan melalui berbagai kegiatan atau aktivitas budaya Nusantara.

Fungsi dan Tujuan Integrasi Nilai-nilai Budaya Bangsa dalam Pendidikan IPS


Fungsi nilai-nilai budaya bangsa adalah :

  1. Pengembangan : mengembangkan peserta didik yang telah memiliki sikap dan perilaku nilai-nilai budaya bangsa agar lebih terbentuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai budaya bangsa
  2. Perbaikan : dilakukan untuk memperkuat sikap siswa dalam mengembangkan peserta didik yang lebih baik
  3. Penyaring : untuk dapat memilah dan menyaring budaya bangsa sendiri dan budaya-budaya asing yang masuk yang tidak sesuai dengan kebudayaan di Indonesia.



Tujuan nilai-nilai budaya bangsa adalah :

  1. Menyadarkan peserta didik akan pentingnya nilai-nilai budaya bangsa dalam kehidupan sehari-hari
  2. Mengembangkan potensi peserta didik sebagai manusia yang memiliki nilai-nilai budaya bangsa yang sesuai
  3. Menanamkan jiwa tanggung jawab siswa sebagai generasi penerus bangsa
  4. Mengembangkan lingkungan kehidupan sekolah sebagai lingkungan belajar yang aman, jujur, penuh kreativitas dan persahabatan, serta dengan rasa kebangsaan yang tinggi dan penuh kakuatan.

Saling menghargai keragaman budaya antara satu daerah dengan daerah lainnya merupakan salah satu cara untuk memperkokoh integrasi bangsa. Carilah hal-hal atau kegiatan-kegiatan lain yang dapat dilakukan untuk memperkokoh integrasi bangsa di daerahmu.




No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.