Tuesday, 20 January 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Fungsi dan Peran Air Terjun Dekat Sawah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Fungsi dan Peran Air Terjun Dekat Sawah

Fungsi dan peran air terjun dekat sawah dapat kita ketahui dengan terlebih dahulu memahami apa itu air terjun. Air terjun sebenarnya adalah aliran sungai, hanya saja aliran sungai itu jatuh dari tempat terjal, sehingga terlihat bentuk air terjun. Fungsinya pada bidang pertanian terutama untuk lahan sawah, tentu saja mengikuti fungsi aliran sungai untuk pertanian.

Fungsi dan peran aliran sungai pada bidang pertanian adalah sebagai sumber irigasi, dimana fungsi tersbut akan semakin optimal jika memiliki aliran yang deras. Air terjun membuat aliran sungai menjadi lebih deras, sehingga irigasi yang bersumber dari aliran sungai yang memiliki air terjun akan semakin baik. Sebagai contoh air terjun Tancak Kembar yang terletak di 24 km dari Bondowoso ke arah barat di desa Andungsari, kecamatan Pakem. Ketinggian Air Terjunnya yang mencapai 77 meter ini berfungsi tidak hanya sebagai objek wisata tapi juga untuk irigasi. Air terjun tersebut juga didukung oleh pusat penelitian kopi Arabika yang ada di sekitarnya dengan luas 180 hektar. Daerah tersebut dikelola oleh Departemen Pertanian.

Fungsi dan Peran Air Terjun Dekat Sawah

Selain itu aliran air terjun bisa juga dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin sebagai pembangkit tenaga listrik, daya listrik yang dihasilkan dapat dipergunakan untuk keperluan sumber daya listrik pada kegiatan pertanian di sekitarnya.

Air terjun sering dijadikan lokasi pariwisata, kita dihimbau untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar air terjun, karena air yang mengalir tersebut berfungsi untuk mengairi sawah masyarakat di sekitar lokasi tersebut.




1 comment:

  1. makasih mas info nya membuat gue jadi pahaam gimana fungsi air terjun di sungai




    THANKS

    ReplyDelete

Note: only a member of this blog may post a comment.