Friday, 29 August 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Indonesia

Materi IPS Kelas 7 : Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Walaupun suatu negara memiliki Sumber daya alam yang berlimpah, belum tentu hal itu dapat memberikan manfaat besar bagi penduduknya jika tidak dikelola dengan baik. Beberapa fakta telah menunjukkan bahwa negara-negara yang kaya sumber daya alamnya masih tertinggal keadaan ekonominya jika dibandingkan dengan negara-negara lain yang justru sumber daya alamnya terbatas. Sebagai contoh, negara Jepang memiliki luas wilayah dan kekayaan alam yang terbatas, tetapi Jepang menjadi negara maju di dunia, lebih maju dari Indonesia yang memiliki SDA yang melimpah ruah. Oleh karena itu, pemanfaatan sumber daya alam harus dilakukan secara maksimal dengan berbagai upaya.

Secara alamiah, penduduk memanfaatkan potensi sumber daya alam dalam berbagai bentuk aktivitas sesuai dengan sumber daya alam yang dimilikinya, aktivitas dalam memanfaatkan sumber daya alam dapat dibagi ke dalam enam aktivitas, yaitu  (1) pertanian, (2) perkebunan, (3) peternakan, (4) perikanan, (5) pertambangan, dan (6) kehutanan.

1.Aktivitas Pertanian

Di Indonesia, aktivitas pertanian merupakan aktivitas utama yang dilakukan oleh sebagian besar penduduknya. Keadaan tanah yang subur dan di dukung iklimnya membuat penduduk Indonesia banyak mencari nafkah pada aktivitas pertanian. Aktivitas pertanian di Indonesia secara umum dapat dibagi atas :

a.Pertanian Lahan Basah
Pertanian lahan basah atau biasa disebut juga pertanian sawah banyak dilakukan oleh petani di Indonesia. Pertanian lahan basah sangat baik jika dikembangkan di dataran rendah yang memiliki ketinggian kurang dari 300 meter. Pada daerah tersebut, Ketersediaan air mencukupi dari sungai-sungai atau saluran irigasi yang berada di sekitarnya. Jenis tanaman yang umumnya dibudidayakan pada lahan ini adalah padi.

b.Pertanian Lahan Kering
Pertanian lahan kering adalah bentuk pertanian yang pengelolaannya mengandalkan air hujan. Sebab itu, pertanian lahan kering dilakukan pada saat musim hujan. Sementara itu, lahan dibiarkan tidak ditanami pada musim kemarau, karena tidak adanya pasokan air. Pertanian ini banyak dikembangkan di daerah yang memiliki ketinggian 500-1.500 meter. Dengan suhu udara yang cukup sejuk. Tanaman yang cocok untuk lahan kering adalah  palawija, sayuran, dan buah-buahan.

2.Aktivitas Perkebunan

Perkebunan adalah aktivitas budi daya tanaman tertentu pada suatu lahan yang relatif luas. Maksud dari tanaman tertentu adalah tanaman semusim dan atau tanaman tahunan yang jenis pengelolaannya ditetapkan sebagai tanaman perkebunan (UU No. 18 Tahun 2004). Perkebunan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu perkebunan besar dan perkebunan rakyat. Perkebunan besar dikelola oleh perusahaan-perusahaan yang berbadan hukum. Sementara itu, perkebunan rakyat merupakan perkebunan yang diselenggarakan oleh rakyat. Perkebunan rakyat luas lahannya lebih kecil daripada luas lahan perkebunan besar.

Perkebunan bertujuan untuk menghasilkan komoditas pertanian dalam jumlah besar. Dengan alasan efektifitas, aktivitas perkebunan disertai dengan industri pengolahan hasil perkebunan yang sengaja dibangun di area perkebunan. Komoditas yang dihasilkan biasanya diolah dan dikemas terlebih dahulu sebelum dijual ke konsumen. Komoditas perkebunan yang berkembang di Indonesia di antaranya adalah teh, kopi, cokelat, karet, kelapa, dan kelapa sawit. 

Amatilah daerah penghasil perkebunan di Indonesia dan di daerahmu! Mampukah hasil perkebunan tersebut dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat? Indonesia sejak dahulu telah dikenal sebagai penghasil berbagai komoditas perkebunan. Kepulauan Indonesia dikenal oleh dunia sebagai daerah penghasil rempah-rempah terbesar di dunia. Hal ini mengundang banyak pedagang dari berbagai belahan penjuru dunia datang ke Indonesia untuk membeli rempah-rempah Indonesia dan dijual kembali ke daerah asal mereka, termasuklah para pedagang dari negeri Arab, Persia, dan Gujarat. Bangsa Eropa juga pernah datang ke Indonesia dengan tujuan mencari rempah-rempah walaupun melakukan perjalanan yang sangat jauh untuk memperoleh rempah-rempah dari Indonesia. Saat ini Indonesia menjadi penghasil sejumlah komoditas perkebunan, seperti tebu, teh, tembakau, kopi, kelapa sawit, cengkih, kelapa, pala, karet, vanili, lada, dan cokelat.

3. Aktivitas Peternakan

Perhatikan aktivitas peternakan di daerahmu. Hewan ternak apa saja yang dibudidayakan di Indonesia? Budi daya peternakan yang dikembangkan di Indonesia di antaranya sapi, kerbau, kuda, babi. Selain itu, masih banyak ternak lainnya yang dikembangkan oleh penduduk secara mandiri, misalnya ayam, kambing, domba, dan lain-lain.

Di tengah tekanan yang menimpa berbagai sektor industri di Indonesia, sektor peternakan unggas tetap mampu bertahan. Industri peternakan unggas di Indonesia sepanjang 2010 lalu menunjukkan kinerja yang cukup bagus. Bahkan dalam tahun 2011 saat krisis global yang belum berlalu dan saat  terjadi penurunan daya beli yang lalu mendorong substitusi pangan ke produk unggas, industri perunggasan masih mampu bertahan. Produk unggas yang tetap bertahan di tengah krisis adalah telur, yang termasuk sebagai protein hewani yang harganya relative lebih murah dibandingkan dengan harga daging sapi.

Walaupun demikian bukan berarti tidak ada masalah yang dihadapi industri  perunggasan penghasil telur. Berdasarkan pada masalah peternak ayam dalam menghadapi ketidakstabilan harga telur yang berlangsung sejak beberapa tahun lalu, kita melihat ada tiga penyebabnya yang perlu dicermati untuk memecahkan masalah itu. Masalah pertama adalah di beberapa waktu tertentu terjadinya kelebihan pasokan yang tidak diimbangi penyerapan pasar yang jelas, sebaliknya diwaktu yang lain pasokan telur berkurang sehingga harga telur naik. Kedua, rendahnya daya beli masyarakat Indonesia yang mengakibatkan kurangnya daya serap dan penigkatan produksi pada produk peternakan ini. Dan ketiga, terdesaknya pasar telur segar oleh telur olahan impor dalam bentuk tepung telur yang akhir-akhir ini banyak dimanfaatkan industri makanan dan perhotelan sebab lebih praktis dan daya tahannya lebih lama. Apabila ketidakstabilan harga telur tidak cepat diantisipasi dengan menempuh langkah-langkah yang terencana dan dilakukan secara bersama, maka akan sulit untuk peternak untuk mempertahankan usaha yang sudah mereka geluti selama ini.

4. Aktivitas Perikanan

Pemanfaatan Sumber Daya Alam di IndonesiaIndonesia memiliki Sumber daya perairan yang sangat berlimpah. Curah hujan yang cukup tinggi membuat banyak wilayah yang memiliki sungai, danau, dan waduk. Tempat-tempat tersebut sebagian telah dimanfaatkan oleh penduduk untuk aktivitas perikanan. Tentu saja sumber daya alam perikanan yang jauh lebih besar adalah sumber daya alam yang ada di laut. Luas laut yang sangat besar atau dua per tiga dari luas wilayah Indonesia, menyimpan berbagai kekayaan alam, khususnya ikan. Tidak salah jika pemerintah Indonesia dibawah kepresidenan bapak Jokowi berkeinginan untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Sudah sejak lama aktivitas pemanfaatan sumber daya laut dilakukan oleh para nelayan. Mereka menemukan lokasi-lokasi yang banyak ikannya dengan bermodalkan pengetahuan dan pengalamannya. Namun, karena perahu yang dimiliki masih sederhana dan ukurannya relatif kecil, umumnya mereka mencari ikan di tempat yang tidak terlampau jauh dari pantai dan hasilnya tidak terlampau banyak. Selain itu, banyak di antara para nelayan yang tidak memiliki perahu sendiri atau menyewa pada pemilik perahu. Akibat hal tersebut kondisi sosial ekonomi nelayan di Indonesia tergolong masih rendah.

5.Aktivitas Pertambangan

Sebelumnya, kita sudah membahas tentang jenis-jenis barang tambang penting yang ada di Indonesia. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang aktivitas pertambangan, baik yang dilakukan oleh perusahaan pertambangan maupun  secara perorangan oleh rakyat.
Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Indonesia
Perusahaan pertambangan dikelola oleh pemerintah maupun swasta. Banyak perusahaan swasta dari luar Indonesia yang juga ikut serta melakukan aktivitas penambangan dengan perjanjian tertentu dan sistem bagi hasil dengan pemeritah Indonesia.

Minyak bumi dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, baik skala besar seperti PLN, maupun untuk rumah tangga, industri, kendaraan bermotor. Selain dimanfaatkan untuk konsumsi dalam negeri. produksi minyak bumi dan gas alam Indonesia juga diekspor ke berbagai negara lain.

6.Aktivitas Kehutanan

Sumber daya alam hutan merupakan sumber daya alam yang juga sangat berlimpah di Indonesia. Hutan dimanfaatkan penduduk untuk berbagai keperluan, baik sebagai sumber pangan, penghasil kayu bangunan ataupun sebagai sumber tambang dan mineral berharga. Pemanfaatan hutan selanjutnya dilakukan secara intensif dengan mengambil secara besar-besaran sumber daya yang ada di dalamnya.

Salah satu permasalahan pada sektor kehutanan adalah kurang terbukanya informasi tentang aktivitas-aktivitas yang dilakukan pada sektor ini. Membuka informasi ini enggan dilakukan perusahaan-perusahaan di sektor kehutanan. Keengganan ini lalu berakibat pada tertutupnya informasi dari pihak lembaga verifikasi dan lembaga penilai. Tentu saja kondisi ini sangat memprihatinkan untuk upaya pelestarian hutan di Indonesia. Bagaimana mungkin aktivitas penebangan hutan dapat diawasi dengan baik jika data dan informasi penting yang terkait dengan aktivitas usaha kehutanan tidak dapat diakses oleh publik.

Thursday, 28 August 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Peran Dunia Internasional dalam Meredakan Konflik Indonesia-Belanda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Peran Dunia Internasional dalam Meredakan Konflik Indonesia-Belanda

Peran Dunia Internasional dalam Meredakan/Mengatasi Konflik Indonesia-Belanda

Peran Dunia Internasional dalam Meredakan Konflik Indonesia-Belanda
Australia menjadi wakil Indonesia dalam Komisi
Tiga Negara.
Konflik Indonesia vs. Belanda ternyata mendapat perhatian dari dunia internasional. Berikut ini merupakan peran dunia internasional dalam meredakan dan mengatasi konflik Indonesia vs. Belanda.

a. Australia

Pada awalnya, Australia membantu Belanda dalam upayanya menduduki wilayah-wilayah Indonesia. Pada saat tentara Belanda masih lemah, Sekutu menyerahkan kewewenangan atas wilayah Kalimantan dan kepulauan di bagian timur Indonesia kepada negara Australia. Pada perte gahan tahun 1946, tepatnyapada tanggal 13 Juli 1946 Australia ”menyerahkan” seluruh wilayah Indonesia bagian timur kepada Belanda secara resmi.

Meskipun pada awalnya Australia berada di pihak Belanda, tetapi dengan berjalannya waktu, Australia memberi dukungan kepada Indonesia. Bersama dengan Belgia dan Amerika Serikat, Australia menjadi wakil Indonesia dalam perundingan RI dan Belanda melalui Komisi Tiga Negara (KTN).

 b. Inggris

Setelah kurang lebih 2 minggu sejak Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya, tepatnya tanggal 1 September 1945,  mantan Wakil Gubernur Jenderal di Hindia Belanda yang bernama Dr. Hubertus Johannes van Mook bersama mantan Gubernur Jenderal wilayah Timur yang bernama Dr. Charles Olke van der Plas menemui Mountbatten di Sri Lanka. Mereka berdua mendesak Inggris untuk melaksanakan persetujuan Civil Affairs Agreement (CAA). Mountbatten akhirnya mengeluarkan perintah yang menyatakan dengan jelas maksud pemerintah Inggris untuk mengembalikan koloni Indonesia kepada pemerintah Belanda dan mempertahankan status quo yang ada sebelum invasi Jepang. Perintah tersebut dikeluarkan pada tanggal tertanggal 2 September 1945. Meskipun pada awalnya Inggris membantu Belanda, tetapi dalam perjalanannya, akhirnya Inggris bersikap netral. Inggris juga memberi andil dalam upaya perdamaian Indonesia-Belanda. Inggris sebagai wakil Sekutu di Indonesia berhasil mempertemukan Indonesia dan Belanda dalam Perundingan Linggajati (Selengkapnya bisa dibaca pada artikel ini).

c. Negara-Negara Arab


Beberapa negara Arab juga berperan dalam meredakan konflik antara Indonesia-Belanda. Mohammad Abdul Maunin (Konsul Jenderal Mesir di Bombay), datang ke Yogyakarta pada tanggal 14 Maret 1947 dengan pesawat khusus. Beliau menyampaikan keputusan Liga Arab yang berisi pengakuan atas kemerdekaan RI. Selanjutnya, secara berturut-turut pengakuan kemerdekaan RI diperoleh dari Mesir, Lebanon, Siria, dan Afganistan, juga dari Arab Saudi dan Irak.

d. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

PBB sebagai badan perserikatan seluruh bangsa di dunia memiliki andil besar dalam usaha mengatasi konflik berkepanjangan Indonesia-Belanda. PBB membentuk Komisi Jasa Baik yang berangotakan Australia, Belgia, dan Amerika Serikat. Komisi Jasa Baik berunding di atas kapal Renville pada tanggal 8 Desember 1947 sampai 19 Januari 1948. PBB kembali menunjukkan perannya ketika Belanda melakukan Agresi Militernya yang kedua. Pada tanggal 28 Januari 1949, PBB mengeluarkan Resolusi Dewan Keamanan untuk mendesak Belanda agar mengakhiri operasi militernya di Indonesia serta membebaskan presiden dan wakil presiden yang ditawan Belanda.

Atas peranan PBB pula, Indonesia akhirnya memperoleh pengakuan kedaulatan yang menandai berakhirnya revolusi bersenjata dan pertikaian antara Indonesia-Belanda. Belanda juga pada akhirnya mengakui kemerdekaan Indonesia Secara de jure, meskipun masih dalam bentuk Republik Indonesia Serikat (RIS).

Wednesday, 27 August 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Penyebab Konflik Indonesia Belanda setelah Proklamasi Kemerdekaan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Penyebab Konflik Indonesia Belanda setelah Proklamasi Kemerdekaan

Materi IPS Kelas 9 : Penyebab Konflik Indonesia Belanda setelah Proklamasi Kemerdekaan

Penyebab Konflik Indonesia Belanda setelah Proklamasi Kemerdekaan
Sekitar Perang Kemerdekaan Indonesia
Indonesia telah memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, tapi Belanda tidak mengakui proklamasi kemerdekaan Indonesia. Belanda tetap berusaha untuk mempertahankan kekuasaannya di Indonesia. Walaupun proklamasi kemerdekaan telah diproklamirkan oleh dwitunggal Soekarno dan Muhammad Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945, namun bangsa Belanda masih juga ingin tetap menjajah Indonesia kembali, hal ini  menimbulkan konflik.

Kemerdekaan yang telah berhasil direbut dengan darah dan nyawa tentu saja dipertahankan melalui berbagai cara. Perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan RI dilaksanakan baik melalui perjuangan fisik maupun dengan cara diplomasi. Akibatnya, terjadilah kembali konflik Indonesia-Belanda pada awal kemerdekaan. Terjadinya konflik Indonesia-Belanda antara lain disebabkan oleh faktor-faktor berikut.

a. Keinginan Belanda untuk Berkuasa Kembali di Indonesia

Setelah Jepang menyatakan menyerah kepada pasukan Sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945, Belanda langsung bersiap-siap untuk kembali menguasai  bekas jajahannya. Ini menjadi salah satu penyebab konflik Indonesia Belanda setelah proklamasi kemerdekaan. Sebenarnya Belanda tidak memiliki hap apapun lagi atas wilayah Indonesia. Pemerintah Hindia Belanda telah menandatangani dokumen Pada tanggal 9 Maret 1942 di Kalijati, yang menyatakan bahwa mereka menyerah tanpa syarat kepada bala tentara Jepang. Di atas sepotong kertas, Belanda telah ”menyerahkan” seluruh wilayah Hindia Belanda (Indonesia) kepada Pemerintah Jepang.

b. Adanya Dukungan Tentara Sekutu terhadap Belanda

Atas nama sekutu, Belanda dan Inggris menanda tangani Civil Affairs Agreement (CAA) pada tanggal 24 Agustus 1945 yang isinya tertuang dalam ”Nota tanggal 24 Agustus 1945”. Butir yang paling penting dalam perjanjian ini adalah penyerahan wilayah Indonesia yang telah ”dibersihkan” dari tentara Jepang. Penyerahan wilayah ini dilakukan oleh Inggris kepada Belanda lewat Netherlands Indies Civil Administration (NICA). Hal ini merupakan salah satu penyulut dan menjadi penyebab konflik Indonesia Belanda setelah proklamasi kemerdekaan

Pasukan Sekutu mendarat di Indonesia pada tanggal 29 September 1945. Pasukan tersebut bertugas melucuti tentara Jepang sekaligus menerima penyerahan kekuasaan dari tangan bangsa Jepang. Tugas ini dilakukan oleh komando pertahanan Sekutu di Asia Tenggara yang dipimpin oleh Lord Lous Mountbatten. Untuk melaksanakan tugas itu, Lord Lous Mountbatten membentuk satuan komando khusus yang bernama Allied Forces Netherland East Indies (AFNEI). AFNEI dipimpinan  Letnan Jenderal Sir Philip Christison. Pada mulanya kedatangan Sekutu disambut baik oleh bangsa Indonesia. Akan tetapi, bangsa Indonesia pun mulai melakukan perlawanan setelah mengetahui bahwa ternyata kedatangan Sekutu diboncengi oleh NICA (Netherland Indies Civil Administration).

Pada awalnya, Kedatangan Sekutu tersebut disambut dengan sikap netral oleh bangsa Indonesia. Tetapi setelah tahu ternyata Sekutu membawa NICA, sikap masyarakat Indonesia pun berubah menjadi curiga karena NICA merupakan pegawai sipil dari pemerintah Hindia Belanda yang dipersiapkan untuk mengambil alih pemerintahan sipil Indonesia. Sambutan dengan tembakan selamat datang diberikan oleh para pemuda Indonesia. Kemudian situasi menjadi semakin memburuk sejak Belanda melalui NICA mempersenjatai kembali para tentara KNIL yang baru saja dibebaskan dari tawanan Jepang.

Melihat kondisi yang semakin memburuk itu, maka pada tanggal 1 Oktober 1945, Panglima AFNEI menyatakan pengakuan atas Republik Indonesia secara de facto. Dengan sikap tersebut, pasukan AFNEI kemudian diterima dengan baik oleh para pejabat RI di daerah-daerah guna membantu memperlancar tugas-tugas AFNEI di Indonesia.

Tapi pada kenyataannya, di daerah-daerah Indonesia yang dikunjungi pasukan Sekutu selalu saja terjadi insiden pertempuran dengan pihak RI. Hal itu dikarenakan Sekutu tidak pernah bersungguh-sungguh berniat menghormati kedaulatan RI. Pihak Sekutu kewalahan dengan perlawanan Indonesia di berbagai daerah, mereka kemudian menuduh pemerintah RI tidak mampu menjaga keamanan dan ketertiban hingga terorisme merajalela. Belanda yang bertujuan mengembalikan kekuasaannya di Indonesia berupaya memanfaatkan situasi tersebut dengan cara memberi dukungan kepada pihak Sekutu. Laksamana Helfrich sebagai Panglima Angkatan Perang Belanda memerintahkan pasukannya untuk membantu Sekutu.

c. Keinginan Bangsa Indonesia untuk Mempertahankan Kemerdekaan
Penyebab Konflik Indonesia Belanda setelah Proklamasi Kemerdekaan

Pada tanggal 17 Agustus 1945 para pemimpin bangsa Indonesia yang diwakili sang dwi tunggal menyatakan kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal 18 Agustus 1945 Ir. Soekarno dipilih sebagai presiden didampingi Drs. Moh. Hatta sebagai wakil presiden. Mereka berdua kemudian membentuk kabinet untuk melaksanakan roda pemerintaha Republik Indonesia. Selain itu, Juga ditunjuk gubernur-gubernur yang mengepalai beberapa provinsi. Dengan demikian, 3 syarat pembentukan suatu negara telah terpenuhi di Indonesia, yaitu adanya wilayah, penduduk, dan pemerintahan. Oleh sebab itu, seluruh elemen bangsa Indonesia berusaha mempertahankan negara Indonesia yang telah berdiri dengan sah. Hal tersebut menjadi penyebab konflik Indonesia Belanda setelah proklamasi kemerdekaan dari sisi bangsa Indonesia

Monday, 25 August 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Perlawanan Rakyat pada Masa Pendudukan Jepang di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Perlawanan Rakyat pada Masa Pendudukan Jepang di Indonesia

Materi IPS SMP Kelas 9 : Perlawanan Rakyat pada Masa Pendudukan Jepang di Indonesia

Pendudukan Jepang di Indonesia berjalan kurang lebih selama 3,5 tahun, dimulai dari tahun 1942 sampai tahun 1945, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan diproklamirkannya Kemerdekaan Indonesia oleh pasangan dwi tunggal Soekarno dan Hatta atas nama bangsa Indonesia.

Pada awal Perang Dunia II (Mei 1940), Belanda diduduki oleh tentara Nazi Jerman. Hindia Belanda kemudian mengumumkan keadaan siaga dan pada bulan Juli 1940 mengalihkan ekspor yang awalnya ke Jepang pindah ke Amerika Serikat dan Inggris. Negosiasi Belanda dengan Jepang untuk mengamankan persediaan bbm pesawat gagal pada bulan Juni 1941, dan Jepang pun mulai dengan aksi penaklukan Asia Tenggara di bulan Desember 1941. Pada bulan yang sama, Jepang memberikan bantuan kepada faksi dari untuk mengadakan revolusi terhadap pemerintahan Hindia Belanda. Pengalaman dari pendudukan Jepang di Indonesia sangat bervariasi, tergantung di mana orang itu hidup dan bagaimana status sosial orang tersebut. Bagi orang yang tinggal di daerah yang dianggap penting dalam peperangan selalu mengalami siksaan, terlibat perbudakan seks, penahanan tanpa sebab dan hukuman mati, serta kejahatan perang lainnya.

Upaya mobilisasi penduduk demi kepentingan perang Jepang melawan sekutu mengakibatkan penderitaan rakyat Indonesia. Di berbagai daerah muncul reaksi baik berupa protes maupun perlawanan. Sejalan dengan itu, muncullah  pergerakan-pergerakan kebangsaan yang dipimpin oleh tokoh-tokoh lokal. Beberapa perlawanan terhadap Jepang dan munculnya pergerakan kebangsaan di daerah dijelaskan sebagai berikut.

a. Gerakan Protes dan Perlawanan pada Masa Pendudukan Jepang di Indonesia


Baik gerakan protes atau perlawanan yang muncul di Indonesia dipimpin oleh tokoh masyarakat, ulama, dan pemimpin laskar pasukan. Berikut diantaranya.

1) Perlawanan Teuku Abdul Jalil

Keinginan Jepang untuk memobilisasi para ulama di Aceh ditolak oleh para ulama. Rakyat Cot Plieng di Lhokseumawe Aceh mengadakan perlawanan dipimpin oleh Teuku Abdul Jalil. Teuku Abdul Jalil merupakan seorang ulama yang masih berusia muda dari Buloh Blang Ara, Aceh Utara. Teuku Abdul Jalil merupakan alumni Dayah Teungku Muhamamad Amin Jumphoh di Pidie Aceh, kemudian ia melanjutkan pendidikan ke Dayah Krueng Kale yang merupakan salah satu pusat pendidikan Islam terkenal di Aceh Besar pimpinan Teungku Hasan Krueng Kale. Dari sana Teuku Abdul Jalil pindah ke Dayah Cot Plieng Bayu, Lhoksukon, Aceh Utara yang dipimpin oleh Teungku Ahmad. Di sana Abdul Jalil menikah dengan putri Teungku Ahmad bernama Teungku Asiah. Di tempat itu pula Teuku Abdul Jalil menggantikan mertuanya memimpin Dayah Cot Plieng hingga kemudian diberi gelar Teungku Syik.

Teungku Abdul Jalil dibantu teman-temannya melakukan dakwah anti Jepang secara diam-diam dan menyerukan jihad fisabilillah dari desa ke desa. Menjelang akhir tahun 1942, dakwah yang awalnya dilakukan diam-diam tersebut menjadi terang-terangan, setelah kekejaman tentara Jepang semakin menjadi-jadi kepada masyarakat. Para santri di Dayah Cot Plieng sudah siap untuk berperang melawan Jepang. Hal itu kemudian diketahui intelijen dan kampetai Jepang.

Jepang berusaha meredam upaya pemberontakan Teungku Abdul Jalil dan teman-temannya tersebut dengan menggunakan orang-orang Aceh yang bekerja untuk Jepang dan para Uleebalang yang telah diangkat oleh Jepang menjadi Gunco (wedana) dan sunco (camat).

Rakyat Aceh berjuang dengan senjata seadanya sewaktu Jepang menyerang wilayah tersebut usai subuh hari. Dengan perjuangan yang luar biasa, serangan Jepang tersebut berhasil digagalkan hingga dua kali. Pada tanggal 10 November 1942 tentara Jepang melakukan serangan ketiga. Mereka membakar masjid dan permukiman penduduk. Teuku Abdul Jalil berhasil meloloskan diri pada serangan tersebut, tetapi beliau tertembak saat shalat subuh.

2) Perlawanan K.H. Zainal Mustafa
Perlawanan Rakyat pada Masa Pendudukan Jepang di Indonesia
K.H. Zainal Mustafa

K.H. Zainal Mustafa merupakan pimpinan sebuah pondok pesantren bernama Sukamanah di Singaparna, Jawa Barat. Beliau dengan berani memprotes upacara seikirei (penghormatan kepada Kaisar Jepang dengan cara membungkukkan badan ke arah matahari terbit). Upacara ini menyinggung perasaan umat Agama Islam dan dianggap musyrik. Beliau juga merasa tidak tega melihat penderitaan rakyat akibat penindasan Jepang. Karena dianggap memusuhi mereka, Jepang kemudian menyerang Singaparna pada tanggal 24 Februari 1944. K.H. Zainal Mustafa akhirnya tertangkap dan dihukum mati oleh Jepang di Jakarta.

3) Pemberontakan Teuku Hamid

Pemberontakan Teuku Hamid terjadi di Meurudu, Aceh. Dua peleton tentara PETA yang dipimpin oleh Teuku Hamid melarikan diri ke gunung-gunung dan mengadakan perlawanan terhadap Jepang pada bulan November 1944. Jepang kemudian melakukan cara licik dengan menahan anggota keluarga pasukan PETA, cara itu bertujuan untuk menekan perlawanan Teuku Hamid. Dengan kondisi tersebut, akhirnya memaksa Teuku Hamid menyerah.

4) Perlawanan Haji Madriyan

Pada bulan April 1944, perlawanan Haji Madriyan terjadi di Indramayu, Jawa Barat. Latarbelakang peristiwa ini adalah karena adanya paksaan untuk menyetorkan sebagian hasil bumi penduduk. Selain itu, penduduk dipaksa untuk melakukan kerja rodi atau romusha. Haji Madriyan lalu bergerak memimpin perlawanan di Desa Karang Ampel, Sindang, Indramayu. Namun, akhirnya perlawanan ini dihentikan Jepang dengan perlakuan yang sangat kejam.

5) Pemberontakan Supriyadi

Supriyadi adalah seorang komandan PETA di Blitar, Jawa Timur. Syudanco Supriyadi memimpin pemberontakan PETA melawan pasukan Jepang pada tanggal 14 Februari 1944. Pemberontakan Supriyadi ini merupakan pemberontakan terbesar yang dihadapi oleh Jepang. Karena kewalahan, pemerintah Jepang akhirnya harus mengerahkan satu batalion dibantu kendaraan lapis baja untuk menghadapi Supriyadi dan tentaranya. Walaupun pemberontakan tersebut bisa dipadamkan oleh Jepang, tetapi Supriyadi  secara misterius menghilang hingga saat ini.

b. Pergerakan Kebangsaan di Berbagai Daerah  pada Masa Pendudukan Jepang di Indonesia


Selama pendudukan Jepang di Indonesia, di berbagai daerah muncul pergerakan kebangsaan. Di Jakarta, para pemuda bergabung dalam asrama Angkatan Baru Indonesia. Pergerakan mereka berpusat di Menteng 31. Para pemuda tersebut kemudiam mengorganisasi Barisan Pelopor sejak tahun 1943. Organisasi yang lainnya adalah Badan Permusyawaratan Pelajar Indonesia (Baperpi). Pusat kegiatan Baperpi berada di Cikini 71 dengan ketua Supeno. Para mahasiswa juga membentuk organisasi Ika Daigaku. Pusat kegiatannya berada di Prapatan 10. Anggota Ika Daigaku antara lain Djohar Nur, Sajoko, Darwis, Sjarif Thajeb, dan Eri Sudewo.
Perlawanan Rakyat pada Masa Pendudukan Jepang di Indonesia
Supeno

Sebagian besar organisasi kepemudaan tersebut membantu gerakan bawah tanah yang dipelopori oleh Sutan Sjahrir. Mereka bertugas untuk menyiarkan berita mengenai perkembangan perang Jepang. Sjahrir secara diam-diam menggembleng para pemuda tersebut dengan beragam pengetahuan. Tokoh-tokoh pemuda yang direkrut antara lain adalah Sukarni, Hamdani Kartamuhari, Adam Malik, Sudarsono Sugra, Armunanto, Pandu Wiguna, Sjamsudin, Kusnaeni, dan M. Nitimihardjo.

Penjelasan di atas merupakan contoh-contoh dari perlawanan rakyat pada masa pendudukan jepang di Indonesia serta pergerakan kebangsaan di berbagai daerah. Strategi yang digunakan dapat dalam bentuk kerja sama, perlawanan, gerakan bawah tanah hingga pemberontakan. Seluruh perlawanan dan pergerakan itu mulai bersatu saat Jepang mulai mendekati kekalahannya melawan Sekutu.

Kali ini kita akan membahas tentang Pengaruh Kebijakan Pemerintah Pendudukan Jepang di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pengaruh Kebijakan Pemerintah Pendudukan Jepang di Indonesia

Materi IPS SMP Kelas 9 : Pengaruh Kebijakan Pemerintah Pendudukan Jepang

Jepang menduduki dan menjajah Indonesia selama kurang lebih 3 1/2 tahun sejak jatuhnya Tarakan pada tanggal 11 Januari 1942 sampai 15 Agustus 1945. Selama itu, Jepang telah berhasil mengeksploitasi penduduk dan tanah Indonesia, demikian juga dengan sumber daya alamnya.

a. Kehidupan Ekonomi Zaman Jepang


Jepang menyebut Indonesia sebagai : "To Hindo". Indonesia sudah lama diincar oleh Jepang. Melimpahnya sumber daya manusia dan sumber daya alam merupakan alasan utamanya. Hal ini sangat penting karena Jepang memerlukan sumber daya yang banyak untuk mendukung kepentingan perangnya. Pada masa pendudukan Jepang, perekonomian di Indonesia bercorak ekonomi perang. Ciri-cirinya adalah adanya pengaturan, pembatasan, serta penguasaan faktor-faktor produksi oleh pemerintah militer. Pemerintah pendudukan di Indonesia segera mengambil alih seluruh kegiatan ekonomi dan pembangunan.

Pemerintah pendudukan Jepang kemudian mengeluarkan Undang- Undang No. 22 Tahun 1942 yang isinya menyatakan bahwa pemerintah militer mereka (Gunseikan) langsung mengawasi perkebunan. Perkebunan di Indonesia yang tidak mempunyai kaitan dengan perang ditutup. Sebaliknya, perkebunan yang dapat menunjang kegiatan perang mereka seperti karet, teh, gula, jarak, dan kina terus diberdayakan. Komoditas tersebut sangat mendukung Jepang terutama dalam menyiapkan akomodasinya.
Pengaruh Kebijakan Pemerintah Pendudukan Jepang di Indonesia
Uang terbitan pemerintah Jepang

Pada bidang perbankan, Jepang melikuidasi bank-bank bekas peninggalan Belanda. Hal ini dilakukan setelah bank-bank tersebut membayar hutang. Jepang kemudian mendirikan bank-bank baru seperti Yokohama Ginko, Taiwan Ginko, Mitsui Ginko, dan Kana Ginko. Jepang juga mengeluarkan uang baru untuk menutup defisit akibat pembangunan di bidang militer mereka. Perekonomian penduduk menjadi lumpuh karena dikorbankan demi alasan semu "Kemakmuran Bersama Asia Timur Raya". Penduduk dimobilisasi untuk menyerahkan hasil bumi dan juga tenaganya. Akibatnya, penduduk menjadi kekurangan gizi dan kesengsaraan merajalela di berbagai daerah di Indonesia.

b. Kehidupan Sosial Zaman Jepang


Pemerintah pendudukan militer Jepang di Indonesia menerapkan beberapa kebijakan dalam rangka kepentingan perang mereka. Jepang melarang penggunaan seluruh kebudayaan Barat. Ada Akibat baiknya untuk Indonesia karena dengan kebijakan itu Bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa pengantar resmi untuk pendidikan menggantikan bahasa Belanda. Jepang juga menghapuskan seluruh sistem pendidikan Belanda yang berdasarkan kelas sosial. Pendidikan zaman Jepang antara lain:

  1. Kokumin Gakko atau Sekolah Rakyat (lama studi enam tahun).
  2. Shoto Chu Gakko atau Sekolah Menengah Pertama (lama studi tiga tahun).
  3. Koto Chu Gakko atau Sekolah Menengah Tinggi (lama studi tiga tahun).
  4. Pendidikan kejuruan bersifat vokasional seperti pertukangan, pelayaran, teknik, pendidikan, dan pertanian.
  5. Pendidikan tinggi.

Pendidikan zaman Jepang kental dengan ciri militerisme. Setiap pagi siswa harus menyanyikan lagu kebangsaan Jepang Kimigayo, mengibarkan bendera Jepang (Hinomaru) dan harus menghormat Kaisar Jepang (Seikirei). Mereka juga diwajibkan melakukan Dai Toa (sumpah setia pada cita-cita Asia Raya) dan wajib melakukan senam Jepang yang disebut Taiso serta latihan-latihan fisik kemiliteran.

Guru-guru dididik dengan latihan kemiliteran dan semangat Jepang (Nippon Seisyin). Selain itu, guru-guru juga mengikuti indoktrinasi ideologi Hakko Ichiu. Mereka juga harus bisa memahami dan menerapkan sejarah, bahasa,  dan adat istiadat Jepang. Guru-guru pada zaman Jepang diajari juga ilmu bumi, olahraga dan nyanyian Jepang.

Jepang mewajibkan para pemuda dan orang tua untuk mengikuti romusha, tujuannya untuk mengerjakan proyek pemerintah Jepang atau keperluan  perang. Ribuan romusha dikerahkan oleh Jepang dari Pulau Jawa ke luar Jawa, bahkan ke luar wilayah Indonesia. Jepang menggunakan cara paksa, setiap kepala daerah diharuskan untuk menginventarisasi jumlah penduduk usia kerja di masing-masing daerahnya. Data inilah yang akan digunakan untuk keperluan romusha.

Ribuan romusha dari seluruh daerah di Indonesia dikirim ke berbagai medan perang. Beberapa romusha yang masih hidup melancarkan protes kepada pemerintah Jepang. Atas kekejaman bala tentara Jepang selama Perang Dunia II, Jurichiro Koizumi (PM Jepang) sempat minta maaf kepada negara-negara Asia Pada tahun 2005.

Para pemuda yang berpotensial yang ada di desa, direkrut ke lembaga semimiliter Jepang. Di bawah bagian propaganda (Sendenbu), mereka antara lain dimasukkan ke dalam lembaga-lembaga berikut.
Pengaruh Kebijakan Pemerintah Pendudukan Jepang di Indonesia
Tentara PETA jaman Jepang

  1. Seinendan, lembaga tenaga cadangan untuk pertahanan kalau diserang tentara Sekutu.
  2. Keibodan, organisasi bersenjata bedil kayu dan bambu yang bertugas menjaga keselamatan desa.
  3. Pembela Tanah Air (PETA), tentara sukarela dengan senjata senapan dengan pendidikan militer dan politik.
  4. Heiho, prajurit yang pembantu bala tentara Jepang.
  5. Fujinkai, perkumpulan wanita untuk memobilisasi dan mengorganisasi pengumpulan bantuan logistik perang.
 

c. Pergerakan Kebangsaan Zaman Jepang


Awalnya kehadiran bala tentara Jepang di Indonesia disambut dengan penuh antusias. Rakyat Indonesia menyambut kedatangan mereka dengan lambaian bendera Merah Putih dan bendera Matahari Terbit. Hal ini memang sengaja dibiarkan Jepang untuk meraih simpati penduduk Indonesia. Saat semangat rakyat menggelora, Jepang kemudian memanfaatkannya untuk kepentingan perang. Kedatangan Jepang disikapi secara beragam oleh para pemimpin perjuangan. Sikap tersebut antara lain :

1) Mau Bekerja Sama dengan Jepang

Para pemimpin Indonesia melihat bahwa kehadiran Jepang membuka peluang untuk meraih kemerdekaan. Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi hal tersebut. Bangsa-bangsa di Timur Tengah saat itu mengalami masa kebangkitan. Jepang menang dalam perang melawan Rusia pada tahun 1905. Sejak tahun 1933 pemimpin Indonesia seperti Hatta dan Gatot Mangkupraja telah berinteraksi dengan Jepang. Saat itu, di kalangan rakyat muncul ramalan Jayabaya tentang akan datangnya orang kate (bertubuh pendek) yang akan menguasai Nusantara selama umur jagung. Hal inilah yang menyebabkan pemimpin Indonesia mau bekerja sama.

Banyak pemimpin politik direkrut ke berbagai lembaga Jepang dengan tujuan untuk merebut hati rakyat. Mr. Sjamsudin ditunjuk oleh Jepang untuk mengetuai Gerakan Tiga A. Soekarno, Moh. Hatta, Ki Hajar Dewantara, dan pada bulan Maret 1943, K.H. Mas Mansyur dipercaya untuk mengelola Pusat Tenaga Rakyat (PUTERA).

Jepang memberikan kelonggaran kepada Majelis Islam A’la Indonesia (MIAI). Organisasi ini didirikan oleh K.H. Mas Mansyur di Surabaya pada tahun 1937. Anggaran dasar MIAI kemudian diubah menjadi, ”turut bekerja sama dengan sekuat tenaganya dalam pekerjaan membangunkan masyarakat baru, untuk mencapai kemakmuran bersama di lingkungan Asia Raya di bawah pimpinan Dai Nippon”. MIAI diubah menjadi Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi) pada bulan Oktober 1943.

2) Menolak Kerja Sama dengan Jepang

Tokoh pergerakan kebangsaan yang tidak mau bekerja sama dengan Jepang adalah Sutan Sjahrir dan dr. Tjipto Mangunkusumo. Mereka menempuh jalur nonkooperasi. Sjahrir beranggapan bahwa Jepang mengembangkan fasisme. Sjahrir lalu memelopori gerakan bawah tanah dan dia didukung oleh mantan anggota PNI Baru. Tokoh lain yang juga menolak kerja sama dengan Jepang adalah Amir Sjarifuddin. Akan tetapi perjuangan Amir Sjarifuddin harus terhenti setelah ditangkap bulan Januari 1943, beliau ditangkap karena polisi militer Jepang berhasil mengetahui tempat persembunyiannya. Pada bulan Februari 1944 sebanyak 53 orang pengikut Amir Sjarifuddin ditangkap dan dihukum mati. Amir Sjarifuddin sendiri dihukum seumur hidup, tapi atas jaminan Bung Karno dan Bung Hatta, hukuman Amir Sjarifuddin dapat diperingan oleh pemerintah.

Itulah pergerakan kebangsaan pada masa-masa awal dan pertengahan pendudukan Jepang di Indonesia. Pergerakan kebangsaan di Indonesia semakin giat dan marak setelah pasukan Jepang mulai mengalami kekalahan dalam Perang Pasifik. Pada tanggal 7 September 1944 Jepang memberikan mengumumkan untuk memberi kemerdekaan bagi Indonesia di kelak kemudian hari. Untuk itu, dibentuklah Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (Dokuritsu Zunbi Cosakai). Di lembaga inilah kemudian para pemimpin kita bergabung dan membahas bersama rencana-rencana yang berkaitan dengan kemerdekaan Indonesia.

Sunday, 24 August 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Perang Pasifik dan Pendudukan Jepang di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Perang Pasifik dan Pendudukan Jepang di Indonesia

Materi IPS Kelas 9 : Perang Pasifik dan Pendudukan Jepang di Indonesia


Perang Pasifik dan Pendudukan Jepang di Indonesia
Pemboman Pearl Harbour oleh Jepang
Perang Dunia II juga meluas dan terjadi di kawasan Asia dan Pasifik. Perang ini terjadi setelah Jepang menyerang pangkalan AL Amerika Serikat di Pearl Harbour tanggal 7 Desember 1941. Keesokan harinya, Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada mengumumkan perang kepada Jepang pada tanggal 8 Desember 1941. Jepang dengan cepat menyerang dan menduduki wilayah-wilayah yang dikuasai oleh Inggris dan kawasan Asia Tenggara.

a. Invasi Jepang ke Asia Tenggara
Singapura jatuh ke tangan Jepang pada tanggal 15 Februari 1942. Armada laut Jepang juga mengalahkan kekuatan laut pasukan Sekutu dalam Pertempuran Laut Jawa pada tanggal 26–28 Februari 1942. Pasukan Amerika Serikat dan Filipina menyerah pada tanggal 9 April 1942 di Semenanjung Bataan.

Armada udara Amerika Serikat membom Tokyo pada tanggal 18 April 1942 dalam Serangan Doolitle. Serangan Jepang tanggal 4–8 Mei 1942 dalam Pertempuran Terumbu Karang dapat dibendung oleh armada laut Sekutu. Pasukan Sekutu mengalahkan pasukan Jepang dalam Pertempuran Midway tanggal 4–6 Juni 1942. Pasukan marinir Amerika Serikat mendarat di Guadalcanal yang menjadi basis pertahanan Jepang pada tanggal 7 Agustus 1942 .

Pasukan Amerika Serikat menyerang Tarawa pada tanggal 20 November 1943. Falam Pertempuran Filipina, Angkatan Laut Amerika Serikat berhasil mengalahkan Jepang pada tanggal 19–20 Juni 1944. Pasukan Sekutu akhirnya berhasil mendarat di Filipina pada tanggal 20 Oktober 1944 dan menghancurkan armada laut tentara Jepang pada tanggal 23–26 Oktober 1944 dalam Pertempuran Teluk Leyte di Filipina.

Pada tanggal 16 Maret 1945, pasukan marinir Amerika Serikat berhasil merebut Iwo Jima dan merebut Okinawa pada tanggal 21 Juni 1945. Jepang benar-benar hancur dan luluh lantak setelah Kota Hiroshima dan Nagasaki dihajar dengan bom atom oleh pasukan Sekutu pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945. Ratusan ribu penduduk Jepang tewas pada serangan yang mengerikan tersebut. Akhirnya, Jepang menyerah tanpa syarat pada sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945. Jepang harus menanda tangani penyerahan diri di atas kapal perang U.S.S. Missouri pada tanggal 2 September 1945 di Teluk Tokyo.

b. Pendudukan Jepang di Indonesia
Tarakan merupakan daerah pertama di Nusantara yang diserbu bala tentara Jepang. Serangan tersebut dilakukan pada dini hari pada tanggal 11 Januari 1942. Jepang mengerahkan sekitar 20 ribu pasukan Kure yang mendarat di pantai timur Tarakan yang terbagi dalam dua kelompok. Pasukan Belanda berusaha bertahan dengan mengandalkan 1.300 serdadu Batalion VII KNIL, beberapa kapal perang ringan, dibantu pesawat tempur, dan bomber.

Ppada bulan Februari–Maret 1942 Jepang mengadakan serangan laut secara besar-besaran ke Pulau Jawa. Pertempuran Laut Jawa terjadi antara armada laut Jepang vs. armada gabungan dari negara sekutu yang dikomandani oleh Laksamana Karel Doorman. Armada laut gabungan Sekutu kalah dan Karel Doorman pun gugur. Bala tentara Jepang kemudian masuk ke Kota Semarang dan kota-kota lainnya di Jawa.

Pada tanggal 5 Maret 1942, Jepang menyerbu Batavia dan menyatakannya sebagai kota terbuka. Kota Bandung yang pada saat itu menjadi pusat pertahanan Sekutu-Hindia Belanda menjadi terancam. Inilah yang menyebabkan Letnan Jenderal Ter Poorten (Panglima Hindia Belanda)  berinisiatif mengadakan perdamaian. Ia berunding dengan Jenderal Hitoshi Imamura (pemimpin tentara Jepang) beserta Gubernur Jenderal A.W.L. Tjarda van Starkenborgh Stachouwer. Akhirnya Belanda menyerah di Kalijati pada tanggal 8 Maret 1942.

Akhirnya Jepang berhasil menduduki Indonesia. Pemerintah Jepang membagi Indonesia atas tiga kekuasaan.
  1. Pemerintah Militer Angkatan Darat (Tentara Kedua puluh Lima) menguasai Sumatra dengan pusat kekuasaan di Kota Bukittinggi.
  2. Pemerintah Militer Angkatan Darat (Tentara Keenam Belas) menguasai Jawa dan Madura dengan pusat pemerintahan di Kota Jakarta dipimpin oleh Letjen Hitoshi Imamura.
  3. Pemerintah Militer Angkatan Laut (Armada Selatan Kedua) menguasai Indonesia bagian timur dengan pusat pemerintahan di Kota Makassar.
Kemenangan Jepang dalam Perang Asia Timur Raya dengan cerdik dijadikan sarana propaganda Jepang. Jepang menganggap sebagai saudara tua dari Asia melalui Gerakan Tiga A, yaitu (1) Nippon Cahaya Asia, (2) Nippon Pelindung Asia, dan (3) Nippon Pemimpin Asia. Gerakan yang dipimpin oleh Mr. Sjamsudin ini untuk menarik simpati bangsa Indonesia, namun  gerakan tersebut kurang berhasil.

Pemerintahan pendudukan militer di Indonesia segera dibentuk oleh Jepang.  Gunseikan memegang Pemerintahan militer yang membawahi empat bu (departemen). Jepang mengeluarkan Undang-Undang No. 27 Tahun 1942 yang berisi pembagian Pulau Jawa menjadi 17 syu (keresidenan). Syu terbagi atas  beberapa syi (kota praja) dan ken (kabupaten). Ken terdiri atas beberapa gun (kewedanan). Gun terdiri atas son (kecamatan), dan son terbagi lagi dalam ku (desa).

Kali ini kita akan membahas tentang Faktor Penyebab Meletusnya Perang Dunia II. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Faktor Penyebab Meletusnya Perang Dunia II

Materi IPS Kelas 9 : Faktor Penyebab Meletusnya Perang Dunia II

Perang Dunia II atau biasa disingkat dengan PDII atau PD2 adalah sebuah perang dunia secara global yang berlangsung mulai dari tahun 1939 sampai tahun 1945. Perang tersebut banyak sekali melibatkan negara-negara di dunia, yang pada akhirnya terbentuk dua aliansi militer yang saling bertentangan, yaitu "Sekutu" dan "Poros". Perang dunia II adalah perang terluas dalam sejarah dunia, lebih dari 100 juta manusia terlibat di berbagai pasukan dalam berbagai pertempuran. Dalam perang yang mengerikan ini, negara-negara besar mengeluarkan seluruh sumber daya ekonomi, industri, maupun sumber daya ilmiahnya untuk keperluan perang tersebut, hingga hampir tak ada lagi perbedaan antara sumber daya sipil dan militer. Ditandai dengan sejumlah peristiwa penting yang menjadi sebab kematian massal warga sipil, termasuk penggunaan "Holocaust" serta penggunaan senjata nuklir dalam peperangan, Akibatnya, lebih dari 50 juta jiwa tewas sia-sia akibat perang ini. Jumlah kematian tersebut menjadikan Perang Dunia II sebagai peristiwa paling mematikan disepanjang sejarah peradaban umat manusia.

Perang Dunia II terjadi dari mulai tanggal 1 September 1939 sampai 14 Agustus 1945. Perang Dunia II terjadi di 3 benua, yaitu Benua Afrika, Benua Asia, dan Benua Eropa. Perang Dunia II adalah perang paling dahsyat yang pernah terjadi di muka bumi. Banyak negara yang mengalami kehancuran dan hanya hidup dalam penjajahan negara lain. Tidak kurang dari 50 juta orang tewas dalam perang antarbangsa ini.

a. Sebab Umum Perang Dunia II
Sebab umum Perang Dunia II adalah gagalnya Liga Bangsa-Bangsa (sekarang PBB) dalam menjaga perdamaian dunia. Perlombaan senjata di setiap negara masih terjadi sejak berakhirnya Perang Dunia I. Perlombaan membangun senjata ini mendorong terjadinya kolonialisme yang bertujuan untuk memperoleh bahan mentah. Sejumlah negara di Eropa membentuk blok dalam menjalankan politik aliansi. Politik tersebut dijalankan untuk membalas kekalahan (revanche idea) mereka dalam Perang Dunia pertama. Ada blok Prancis (demokrasi), ada blok Jerman (fasis), dan juga ada blok Rusia (komunis).

b. Sebab Khusus Perang Dunia II
Faktor Penyebab Meletusnya Perang Dunia IIPemicu meletusnya Perang Dunia II dimulai saat Jerman menyerbu negara Polandia ditahun 1939, tepatnya pada tanggal 1 September 1939. Jerman menuntut dikembalinya wilayah Danzig yang dikuasai Liga Bangsa-Bangsa. Namun Polandia menolak tuntutan Jerman tersebut, bahkan Polandia membentuk aliansi bersama dengan Inggris, Prancis, Rumania, dan Yunani. Jerman menjawabnya dengan beraliansi dengan Rusia dan menyerang Polandia.

c. Kronologi Perang Dunia II
Secara umum, Perang Dunia II terjadi dalam tiga tahap:

  1. Tahap permulaan (1939–1942) ketika blok Sentral menang dan blok Sekutu kalah.
  2. Titik balik (turning point) tahun 1942.
  3. Tahap akhir (1942–1945) ketika blok Sentral kalah dan blok Sekutu menang.

Dalam Perang Dunia II ini, pasukan Inggris dipimpin oleh Sir Winston Churchill yang menggantikan Arthur Neville Chamberlain. Pasukan Prancis dipimpin oleh Jenderal Gamelin yang akhirnya digantikan oleh Jenderal Charles de Gaulle, sedangkan Amerika Serikat dipimpin Jenderal Eisenhower sebagai panglima Mandala di Eropa.

1) Tahap Permulaan
Pada tanggal 1 September 1939 pasukan Jerman menyerbu Polandia. Penyerbuan pasukan Hitler ini dikenal dengan Blitzkrieg atau Perang Kilat. (Kata blitzkrieg berasal dari bahasa Jerman, blitz yang artinya kilat dan krieg yang artinya perang). Tentara Jerman berhasil menguasai wilayah Eropa dengan menggunakan strategi ini. Ciri khas dari strategi ini adalah mulai digunakannya tank dan panser guna mendukung pergerakan pasukan.

Pasukan Jerman menyerbu Denmark dan Norwegia (9 April 1940) dengan cepat serta menguasai Belgia dan Belanda tanggal 10 Mei 1940. Pada tanggal 6 April 1941 pasukan Hitler ini menyerang Yunani dan Yugoslavia. Uni Soviet diserang pada tanggal 22 Juni 1941 dan Hitler memerintahkan pasukannya merebut Stalingrad pada tanggal 25 Agustus 1942.
Faktor Penyebab Meletusnya Perang Dunia II

2) Tahap Titik Balik
Titik balik peperangan mulai terjadi saat pasukan Inggris menyerang kedudukan pasukan Sentral di El Alamein, Mesir pada tanggal 23 Oktober 1942. Kemudian pasukan Sekutu mendarat di Aljazair dan Maroko pada tanggal 8 November 1942. Pasukan Jerman akhirnya menyerah di Stalingrad pada tanggal 2 Februari 1943 dan pasukan Sentral menyerah di Afrika Utara pada tanggal 13 Mei 1943. Berikutnya pasukan Jerman menyerang Kota Kursk, Uni Soviet pada tanggal 4 Juli 1943. Banyak tentara Uni Soviet gugur dalam peperangan di kota tersebut. Pada tanggal 10 Juli 1943 pasukan Sekutu menyerang Sicilia dan Italia menyerah kepada Sekutu tanggal 3 September 1943. Pasukan Sekutu mendarat di Salerno, Italia pada tanggal 9 September 1943.

3) Tahap Akhir
Ptanggal 6 Juni 1944, Pasukan Sekutu mendarat secara besar-besaran di Normandia, Prancis. Peristiwa itu terkenal dengan sebutan D-Day. Operasi mendaratnya pasukan Sekutu hingga kini merupakan peristiwa invasi laut terbesar dalam sejarah. Hampir tiga juta pasukan menyeberangi Selat Inggris dari Inggris menuju ke Prancis yang diduduki oleh tentara Nazi pimpinan Hitler. Pertempuran untuk menguasai Normandia ini berlangsung sampai selama lebih dari 2 bulan. Invasi ini berakhir dengan dibebaskannya kota Paris serta jatuhnya kantong Falaise pada akhir bulan Agustus 1944.

Karena kekalahannya, Hitler akhirnya bunuh diri bersama Eva Braun istrinya di Berlin tanggal 30 April 1945. Hitler bunuh diri di dalam bunkernya tidak beberapa lama setelah menyalami pasukannya yang masih setia. Perang Dunia II akhirnya berakhir, hal itu terjadi setelah Jerman menyerah tanpa syarat di Reims, Prancis pada tanggal 7 Mei 1945.

Setelah membaca artikel ini, semoga kalian sudah bisa mengerti faktor penyebab meletusnya Perang Dunia II

Friday, 22 August 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Daftar Istilah (Glosarium) IPS SMP Kelas 8. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Daftar Istilah (Glosarium) IPS SMP Kelas 8

Daftar Istilah (Glosarium) IPS SMP Kelas 8



Abstrak tidak berwujud; tidak berbentuk; mujarad; niskala.
Adat istiadathimpunan kaidah-kaidah sosial yang sejak lama ada dan telah menjadi kebiasaan (tradisi) dalam masyarakat.
Afeksi berkenaan dengan perasaan yang menanggapi objek tertentu.
Aksesibilitasketerjangkauan atau mudah tidaknya suatu tempat untuk dijangkau.
Atheis golongan orang-orang yang tidak mengakui adanya tuhan.
Barter kegiatan tukar-menukar barang atau jasa yang terjadi tanpa perantaraan uang
Batavia nama yang diberikan oleh orang Belanda pada koloni dagang yang sekarang tumbuh menjadi jakarta, ibu kota indonesia.
Comanditer veenonscaft  suatu persekutuan yang didirikan oleh seorang atau beberapa orang yang mempercayakan uang atau barang kepada seorang atau beberapa orang yang menjalankan perusah aan dan bertindak sebagai pemimpin.
Consanguine family  keluarga yang tidak didasarkan pada pertalian kehidupan suami istri, melainkan pada pertalian darah atau ikatan keturunan dari sejumlah orang kerabat.
Cuaca keadaan udara pada saat tertentu dan di wilayah tertentu yang relatif sempit dan pada jangka waktu yang singkat.
Cultuur Stelseltanam paksa yang diterapkan Gubernur Jenderal Hindia Belanda Van den Bosch tahun 1830, dimana rakyat diwajibkan menanam tanaman ekspor yang laku di Eropa guna menutupi utang Belanda.
Direksi organ perusahaan yang bertanggung jawab penuh atas pengurusan perusahaan untuk kepentingan dan tujuan perusahaan sesuai dengan ketentuan anggaran dasar.
Efisiensi salah satu cara untuk menilai efisiensi.
Emosional menyentuh perasaan; mengharukan.
Entitas (entity) sebuah objek yang keberadaannya dapat dibedakan terhadap objek lain.
Fauna segala macam jenis hewan yang hidup di bagian tertentu atau periode tertentu; dunia hewan.
Firma badan usaha yang didirikan oleh 2 orang atau lebih dimana tiap-tiap anggota bertanggung jawab penuh atas perusahaan.
Floradunia tetumbuhan; segala macam jenis tanaman atau tumbuhan.
Fungsi laten fungsi terselubung.
Fungsi manifes fungsi nyata.
Garis bujur garis khayal yang memanjang dari timur ke barat digunakan untuk menentukan lokasi di bumi.
Garis lintang garis khayal yang memanjang dari utara ke selatan digunakan untuk menentukan lokasi di bumi.
Geostrategisposisi letak di bumi yang menguntungkan, geostrategis Indonesia adalah berkaitan dengan letak Indonesia yang berada di antara dua benua yakni benua Asia dan Australia, serta terletak di antara dua samudera yakni Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.
GMT(greenwich mean time) merupakan dasar penetapan zona waktu di dunia.
Iklim pengertian iklim yaitu rerata keadaan udara atau cuaca yang terjadi pada rentang wilayah yang luas serta rentang waktu yang lama. Wilayah tersebut bisa satu benua atau negara dengan waktu misalnya 10 tahun atau 20 tahun.
Imperialismesistem politik yang bertujuan menjajah negara lain untuk mendapatkan kekuasaan dan keuntungan lebih besar.
Institution lembaga.
Internet Bangking pemanfaatan tekhnologi internet, sebagai media untuk melakukan transaksi yang berhubungan dengan transaksi perbankan. Kegiatan ini menggunakan jaringan internet, sebagai perantara atau penghubung antara nasabah bank dan pihak bank.
Kapitalis kaum bermodal; orang yg bermodal besar; golongan atau orang yg sangat kaya.
Kapitalisme sistem dan paham ekonomi (perekonomian) yang modalnya (penanaman modalnya, kegiatan industrinya) bersumber pada modal pribadi atau modal perusahaan swasta dengan ciri persaingan dalam pasaran bebas.
Karstbentukan bentang alam pada batuan karbonat yang khas berupa bukit, lembah, dolina (cekungan), dan goa.
Kearifan lokalgagasan-gagasan setempat (lokal) yang bersifat bijaksana, penuh kearifan, bernilai baik, yang tertanam dan diikuti oleh anggota masyarakatnya.
Keluarga lingkungan yang terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah.
Keluarga inti (conjugal family)keluarga didasarkan atas ikatan perkawinan dan terdiri dari seorang suami, istri, dan anak-anak mereka yang belum kawin.
Kerja paksa semua pekerjaan yang dipaksakan pada setiap orang dengan ancaman hukuman dikarenakan orang tersebut tidak menyediakan diri secara sukarela.
Koersifkekerasan.
Kolonialisme penguasaan oleh suatu negara atas daerah atau bangsa lain dengan maksud untuk memperluas suatu negara.
Komisaris sekelompok orang yang dipilih atau ditunjuk untuk mengawasi kegiatan suatu perusahaan atau organisasi.
Komposisi penduduk merupakan sebuah mata statistik dari statistik kependudukan yang membagi dan membahas masalah kependudukan dari segi umur dan jenis kelamin.
Komunikasi pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yg dimaksud dapat dipahami, komunikasi juga berarti hubungan atau kontak.
Komoditasbarang dagangan utama biasanya berupa bahan mentah menurut mutunya sesuai standar perdagangan internasional.
Konservasi pelestarian atau perlindungan.
Konstruktif membangun.
Konsumerismegaya hidup yang menganggap barang-barang mewah adalah ukuran kebahagiaan.
Koperasi organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial dan beranggotakan orang-orang, badan-badan hukum koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.
Liberalisasi proses untuk menerapkan paham liberal kehidupan (tata negara dan ekonomi).
Lokasitempat, keunggulan lokasi berarti keunggulan suatu tempat.
Makelar perantara perdagangan (antara pembeli dan penjual), orang yang menjualkan barang atau mencarikan pembeli orang atau badan hukum yang berjual beli jasa dan barang untuk orang lain atas dasar komisi.
Makro besar.
Migrasiperpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lain untuk menetap.
Monopoli penguasaan pasar yang dilakukan oleh satu atau sedikit perusahaan.
Monopoli suatu situasi dalam pasar dimana hanya ada satu atau segelintir perusahaan yang menjual produk atau komoditas tertentu.
Multikultural suatu masyarakat yang terdiri dari beberapa macam kumunitas budaya dengan segala kelebihannya, dengan sedikit perbedaan konsepsi mengenai dunia, suatu sistem arti, nilai, bentuk organisasi sosial, sejarah, adat serta kebiasaan.
Muson iklim yang ditandai oleh pergantian arah angin dan musim hujan atau kemarau selang lebih kurang enam bulan mengikuti posisi matahari pada bulan Juni dan Desember.
Nasionaisme paham untuk mencintai bangsa dan negara sendiri.
Norma aturan yang berlaku di kehidupan bermasyarakat.
Organ kelompok jaringan yang melakukan beberapa fungsi.
Partai politik organisasi politik yang menjalani ideologi tertentu atau dibentuk dengan tujuan khusus.
Pelapukan proses merombak dan meluruhnya massa batuan di permukaan bumi yang disebabkan karena proses fisik, kimia dan biologi.
Penduduk orang atau orang-orang yang mendiami suatu tempat (kampung, negeri, pulau, dan sebagainya).
Perjanjian Bongaya merupakan perjanjian antara VOC dengan Sultan Hasanuddin setelah VOC berhasil mengalahkan perlawanan Sultan Hasanuddin, salah satu isi perjanjian adalah VOC diperbolehkan melakukan monopoli perdagangan di Sulawesi.
Persekutuan bentuk bisnis dimana dua orang atau lebih bekerja sama mengoperasikan perusahaan untuk mendapatkan profit.
Perseroan bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang dan diawasi oleh dewan direktur.
Persuasif membujuk secara halus (supaya menjadi yakin).
Perusahaan perseroanperusahaan yang semua modalnya berbentuk saham, yang jenis peredarannya tergantung jenis saham tersebut.
Piramida bentuk atau bangun yangg menyerupai segi tiga sama kaki yang sudutnya yg terbentuk oleh dua kaki itu berada di atas, piramida penduduk adalah dua buah diagram batang, pada satu sisi menunjukkan jumlah penduduk laki-laki dan pada sisi lainnya menunjukkan jumlah penduduk perempuan dalam kelompok interval usia penduduk lima tahunan. Penduduk laki-laki biasanya digambarkan di sebelah kiri dan penduduk wanita di sebelah kanan. Grafik dapat menunjukkan jumlah penduduk atau prosentase jumlah penduduk terhadap jumlah penduduk total.
Plateau atau plato dataran yang terletak pada ketinggian di atas 700 m dpl.
Politik adu domba kombinasi strategi politik, militer, dan ekonomi yang bertujuan mendapatkan dan menjaga kekuasaan dengan cara memecah kelompok besar menjadi kelompok-kelompok kecil yang lebih mudah ditaklukkan.
Politik etis suatu pemikiran yang menyatakan bahwa pemerintah kolonial memegang tanggung jawab moral bagi kesejahteraan pribumi. Pemikiran ini merupakan kritik terhadap politik tanam paksa.
Praaksara masa kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan.
Pranata sosialsuatu sistem norma untuk mencapai suatu tujuan atau kegiatan yang oleh masyarakat dipandang penting.
Preventifusaha pencegahan; pengendalian sosial yang dilakukan sebelum terjadinya pelanggaran.
Produksi kegiatan menciptakan atau menambah nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Proteksi perlindungan.
Prototipemodel yang menyerupai aslinya.
Rekayasa genetikasuatu proses manipulasi gen yang bertujuan untuk mendapatkan organisme yang unggul.
Reproduksi kemampuan makhluk hidup untuk menghasilkan keturunan yang baru.
Rodi kerja paksa pada masa pemerintah Hindia Belanda.
Role model seseorang yang kita jadikan contoh dalam satu atau beberapa hal.
Romusha panggilan bagi orang-orang indonesia yang dipekerjakan secara paksa pada masa penjajahan jepang di indonesia.
Saikerei sebuah tradisi yang berasal dari masyarakat jepang. Tindakan seikerei adalah dengan membungkukkan setengah badan seperti posisi rukuk dalam sholat dengan badan menghadap ke arah matahari dilakukan pada pagi hari ketika matahari sudah muncul dengan sempurna.
Sensus perhitungan penduduk suatu negara dengan cara mengumpulkan, menghimpun dan menyusun data penduduk pada waktu dan tempat tertentu.
Shared goal suatu tujuan yang ingin dicapai bersama.
Social institution lembaga sosial.
Spesialisasi proses yang memperhatikan perbedaan setiap anggota dari sebuah entitas sehingga anggota dari sebuah entitas bisa dikelompokkan ke dalam kelompok yang lebih kecil.
Spiritual hal-hal yang berhubungan dengan jiwa atau batin.
Sub tropisbagian wilayah iklim matahari pada posisi 23 1⁄2 oLU - 35oLU atau 23 1⁄2 oLS - 40oLS.
Sumpah pemuda satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan indonesia. Di ikrarkan pada tanggal 28 oktober 1928 dan dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara indonesia.
Tanah Longsorgerakan material pembentuk lereng yang diakibatkan oleh terjadinya kegagalan geser, di sepanjang satu atau lebih bidang longsor.
Tanam paksaperaturan yang dikeluarkan oleh Gubernur Jenderal Johannes Van Den Bosch pada tahun 1830 yang mewajibkan setiap desa menyisihkan sebagian tanahnya (20%) untuk ditanami komoditi ekspor, khususnya kopi, tebu, dan tarum (nila).
Teknologi keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang dan jasa yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia, atau cara untuk mempermudah kehidupan manusia sebagai hasil ilmu dan pengetahuan.
Topografigambaran tentang tingkat kemiringan dan ketinggian tanah dari permukaan laut.
Transportasi pengangkutan barang oleh berbagai jenis kendaraan sesuai dng kemajuan teknologi.
Transisi peralihan.
Tropisbagian wilayah iklim matahari pada posisi 23 1⁄2 oLU - 23 1⁄2 oLS.
Urbanisasiproses perpindahan penduduk dari desa ke kota.
Vitalitas kemampuan untuk bertahan hidup.
Vulkanis memiliki sifat gunung berapi, daerah vulkanis artinya daerah yang memiliki sifat gunung berapi.
Website (atau situs) kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

Kali ini kita akan membahas tentang Profil Beberapa Negara Maju dan Negara Berkembang di Dunia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Profil Beberapa Negara Maju dan Negara Berkembang di Dunia

Materi IPS kelas 9 : Profil Beberapa Negara Maju dan Negara Berkembang di Dunia


Profil Beberapa Negara Maju

Kalian telah mengetahui bagaimana karakteristik negara maju dan persebaran negara maju di dunia. Supaya kalian memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai negara maju, berikut ini akan disajikan profil beberapa negara maju dan berkembang di dunia. Adapun Daftar Negara Maju dan Berkembang di Dunia dapat dibaca pada artikel ini. Sedangkan Profil singkat Negara-negara anggota ASEAN dapat dibaca pada artikel ini.

1) Profil Negara Maju Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah negara maju yang mempunyai pengaruh yang sangat besar di dunia. Negara yang terletak di Benua Amerika berada di antara 24 33'LU–70 23'LU - 112'BB–66'BB. Luas seluruh wilayah negara Amerika adalah 9.826.630 km2. Mengapa Amerika Serikat disebut negara maju? Simak penjelasan berikut.

a) Perekonomian Amerika Serikat
Amerika Serikat merupakan negara maju yang merupakan salah satu raksasa ekonomi di dunia ini. Amerika dikaruniai sumber daya alam yang berlimpah dan sumber daya manusia yang unggul. Produk-produk dari Amerika hampir menguasai seluruh pasar dunia. Perekonomian Amerika didukung oleh perkembangan sektor industri. Sektor ini menyumbang kurang lebih 20,7% dari seluruh pendapatan nasional Amerika Serikat. Industri di Amerika dijalankan dalam skala yang besar. Industri di Amerika menghasilkan mobil, mesin, besi baja, bahan kimia, tembaga, tekstil dan pesawat terbang. Hasil industri tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri, selain itu tetapi juga untuk pasar dunia.
Profil Beberapa Negara Maju
Di Amerika, sektor pertanian dijalankan dalam skala besar dengan menggunakan teknologi modern. Tanaman yang dihasilkan antara lain padi, kapas, gandum, jagung, buah-buahan, tembakau, dan kayu keras. Meskipun sumbangan sektor pertanian hanya 1% dari pendapatan nasional, akan tetapi Amerika merupakan salah satu pemasok bahan pangan terbesar di dunia. Pada bidang jasa, sumbangan sektor jasa terhadap perekonomian Amerika sebesar 78,3%. Jasa yang dihasilkan diantaranya adalah jasa keuangan, perbankan, konsultan, telekomunikasi, dan informasi.

b) Keadaan Penduduk
Menurut data dari CIA World Factbook, jumlah penduduk Amerika pada tahun 2006  adalah 298.444.215 jiwa. Tingkat pertumbuhan penduduknya sebesar 0,91% per tahun. Tingkat kepadatan penduduk di Amerika sangat tinggi dan menempati urutan ke-3 penduduk terbanyak di dunia . Hal ini karena semakin meningkatnya perpindahan penduduk dari negara lain ke Amerika. Perekonomian Amerika yang kuat dan kebebasan bagi individu menyebabkan Amerika menjadi semacam tanah impian bagi para pendatang dari negara lain.

c) Tingkat Pendidikan
Tingkat pendidikan di negara Amerika sangat maju dan merata. Demikian pula sistem pendidikan yang diterapkan. Dari total penduduk, 97%-nya sudah memiliki kemampuan baca dan tulis (melek huruf). Amerika memiliki universitasuniversitas yang mencetak para ahli dan ilmuwan andal. Amerika menjadi tujuan para mahasiswa dari seluruh penjuru dunia. Beberapa universitas tersebut, yaitu Universitas Harvard, Universitas Boston, Institut Teknologi Massachussets, dan Universitas Dallas.

d) Kemajuan Teknologi
Pemerintah dan dunia usaha di Amerika memberi perhatian besar pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pemerintah tidak segan-segan memberikan dana yang besar untuk kegiatan penelitian dan pengembangan teknologi. Kemajuan teknologi telah meningkatkan daya saing bangsa Amerika dalam berbagai bidang, terutama dalam bidang industri dan jasa.

e) Perkembangan Budaya
Masyarakat Amerika merupakan masyarakat yang sangat heterogen yang terdiri atas berbagai suku bangsa. Oleh karena itu, kebudayaannya pun sangat beragam. Penduduk asli Amerika adalah bangsa Eskimo dan Indian. Pendatang Amerika sebagian besar berasal dari Eropa, seperti Inggris, Belanda, Prancis, dan Spanyol. Selain itu, pendatang di Amerika berasal dari seluruh penjuru dunia. Budaya Amerika pada dasarnya dilandasi oleh ideologi atau paham kebebasan. Setiap individu secara bebas mengekspresikan sikapnya selama tidak mengganggu kepentingan orang lain. Contoh kebebasan tersebut antara lain kebebasan bersaing, menyampaikan pendapat, dan gaya hidup sehari-hari.

2) Profil Negara Maju Singapura

Nama resminya adalah Republik Singapura, Singapura merupakan sebuah negara pulau di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya, sekitar 85 mil (137 kilometer) di sebelah utara khatulistiwa di Asia Tenggara.

Pada awal berdirinya, Singapura bukanlah sebuah negara maju. Singapura hanya sebuah negara kecil yang pernah dijajah oleh negara Inggris dan dijadikan pusat perdagangan dan pangkalan militer. Negara singapura memiliki wilayah yang sangat sempit dan sumber daya alam yang terbatas. Kemajuan Singapura tidak dapat dipisahkan oleh peran dari sosok Lee Kuan Yew sebagai seorang founding fathers Singapura. Lee Kuan Yew menerapkan pemerintahan yang otoriter untuk menciptakan kestabilan sosial politik di negaranya yang terdiri dari berbagai etnis yang rawan konflik, demi kelangsungan pembangunan negara Singapura itu sendiri. Selain hal itu, Lee Kuan Yew juga sangat memperhatikan pendidikan warga singapura. Kualitas pendidikan di Singapura memang sangat bermutu, terbukti dari keunggulan para lulusannya. Pemerintah Singapura juga sangat memperhatikan kesejahteraan para pengajar, baik guru atau dosen sehingga mereka mempunyai tenaga-tenaga pengajar yang berkualitas. Dibalik itu semua, kunci keberhasilan Singapura pada dasarnya adalah tekad dan kerja keras para rakyatnya di tengah segala keterbatasan yang ada, mereka mempunyai disiplin yang tinggi dan penuh semangat untuk mencapai kesejateraan dan memajukan negara mereka. 

Republik Singapura adalah sebuah negara kota di Asia Tenggara yang terletak di ujung Semenanjung Malaysia, berbatasan dengan Johor (Malaysia) dan Kepulauan Riau (Indonesia). Luas wilayah Singapura adalah 581 km2 dengan panjang 43 km dan lebar 22 km. Wilayah yang kecil dan tidak memiliki sumber daya alam bukan menjadi halangan untuk menjadi negara maju. Mengapa singapura disebut negara maju? Simak penjelasan berikut.

a) Perekonomian Singapura
Singapura memiliki pasar ekonomi yang maju dan terbuka dengan pendapatan per kapita kelima tertinggi di dunia. Pelaku ekonomi Singapura merupakan pelaku ekonomi yang paling kompetitif di dunia. Bidang ekspor, perindustrian, dan jasa merupakan sektor yang penting dalam ekonomi Singapura. Komoditas ekspor Singapura adalah barang-barang elektronik, bahan-bahan konstruksi, dan lain-lain. Komoditas impornya adalah bahan makanan, minyak bumi, dan bahan-bahan baku industri. Pemerintah Singapura menetapkan simpanan uang yang tinggi dengan memperkenalkan sistem penyimpanan uang yang wajib kepada para pekerja. Dengan sistem ini, Singapura menempati peringkat ke-18 negara terkaya di dunia. Singapura mempunyai simpanan dana cadangan sebesar US$139 miliar. Singapura juga menjadi pusat jasa keuangan dunia.

b) Keadaan Penduduk
Singapura merupakan salah satu negara yang paling padat di dunia. Sekitar 85% dari rakyat Singapura tinggal di rumah susun dan apartemen yang disediakan oleh dewan pengembangan perumahan Singapura. Penduduk Singapura memiliki standar hidup yang tinggi. Berbagai fasilitas umum tersedia dan berstandar internasional. Mayoritas penduduk Singapura adalah etnis Tionghoa, sedangkan penduduk lain adalah etnis Melayu merupakan penduduk asli dan etnis India. Berbagai etnis ini dapat hidup berdampingan. Ini dibuktikan dengan adanya berbagai perayaan yang terdapat di Singapura, seperti tahun baru Imlek, hari Waisak, hari raya puasa, hari raya haji, Deepavali, dan natal. Perayaan hari-hari besar di Singapura tersebut merupakan daya tarik wisata.

c) Tingkat Pendidikan
Pendidikan yang unggul menjadi kunci pertumbuhan dan perkembangan masyarakat Singapura. Singapura menjadi pusat pendidikan dunia selama bertahun-tahun. Sistem pendidikan bertujuan memenuhi kebutuhan individual dan mengembangkan bakat. Sekolah-sekolah Singapura menerapkan kebijakan dua bahasa. Kurikulum pendidikan disusun untuk mengembangkan inovasi dan semangat kewiraswastaan. Sekolah di Singapura juga memiliki standar yang tinggi, terutama untuk bidang matematika dan ilmu pengetahuan.

d) Infrastruktur
Singapura merupakan salah satu negara yang memiliki jalur perhubungan terbaik di dunia, baik melalui darat, udara, maupun laut. Pelabuhan udara Changi melayani lebih dari enam puluh perusahaan penerbangan dunia. Jalur transportasi yang baik memudahkan akses ke seluruh bagian pulau. Singapura juga disebut sebagai negara yang mempunyai koneksi/hubungan paling banyak di Asia. Singapura memiliki rata-rata masukan melalui internet sebanyak 42%.

3) Profil Negara Berkembang Cina

Saat ini, Salah satu negara berkembang yang memiliki wilayah terluas dan jumlah penduduk terbesar di dunia adalah Cina. Luas wilayahnya mencapai 9.596.961 km2. Cina terletak di Benua Asia dengan letak georgrafis antara 18' LU– 54'BT dan 73'BT–135'BT. Cina merupakan salah satu negara berkembang di Asia yang kini mulai menjadi salah satu negara industri baru.
Profil Beberapa Negara Maju dan Negara Berkembang di Dunia

a) Perekonomian
Kemajuan perekonomian Cina mulai terlihat sejak negara yang semula tertutup tersebut membuka pintu perekonomiannya dengan negara lain. Cina mulai membuka diri terhadap pihak asing yang akan melakukan investasi di Cina. Hal ini terlihat dari meningkatnya sumbangan sektor industri terhadap perekonomian Cina. Pendapatan nasional Cina ditunjang oleh sektor industrisebesar 53,1% dari total pendapatannya. Kegiatan industri berkembang di berbagai daerah, terutama di daerah Beijing hingga Shenyang, Tianjiang, dan Nanjiang hingga Shanghai. Perkembangan industri di Cina didukung oleh ketersediaan batu bara sebagai bahan bakar dan upah tenaga kerja yang murah. Negara Cina menghasilkan mesin bubut, alat-alat pertambangan, suku cadang kendaraan bermotor, mesin, semen, dan pupuk. Negara Tirai Bambu ini juga mengembangkan industri perakitan elektronik, seperti komputer dan telepon seluler.

Kegiatan pertanian dan pertambangan juga memegang peran penting, sektor ini menyumbang sebesar 14,4% dari total pendapatan nasionalnya. Kegiatan pertanian dikembangkan di daerah yang subur, seperti lembah Sungai Huang Ho, Xianjiang, dan Chang Jiang. Hasil-hasil pertanian Cina antara lain padi, kedelai, jagung, gandum, sorgum, kacang, kapas, dan teh. Cina juga kaya bahan tambang, antara lain minyak bumi, bijih besi, gas alam, aluminium, tembaga, tungstel, dan timbel.

b) Keadaan Penduduk
Cina merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Pada tahun 2006 jumlah penduduk Cina mencapai 1,3 milyar penduduk. Untuk mengurangi tingkat pertumbuhan penduduk, pemerintah Cina menggalakkan program keluarga berencana. Dengan berbagai upaya yang dilakukan, pemerintah berhasil menekan pertumbuhan penduduknya hingga mencapai 0,59% per tahun.

Cina mengalami beberapa masalah kesehatan umum yang sedang meningkat. Masalah kesehatan yang berhubungan dengan polusi udara dan air, wabah HIVAIDS, virus SARS, dan flu burung yang sedang meluas.

c) Budaya Masyarakat
Penduduk Cina umumnya adalah ras Mongoloid dengan kulit kuning dan mata sipit. Mayoritas etnis Han menyusun hampir 93% populasi. Penduduk bangsa Han sendiri heterogen dan bisa dianggap sebagai kumpulan berbagai etnik yang menerapkan budaya dan bahasa yang sama. Bahasa yang digunakan secara luas di Cina yaitu bahasa Mandarin.

Profil Beberapa Negara Maju dan Negara Berkembang
Orang Cina terkenal memiliki budaya yang tinggi. Mereka telah lama mengenal tulisan, kertas, dan kompas. Orang Cina lah yang pertama kali mengenal mesiu sebagai bahan peluru senjata api. Cina juga memiliki ahli-ahli filsafat bijak seperti Konfusius. Masyarakat Cina terkenal sebagai pekerja keras dan ulet sehingga tingkat produktivitasnya tinggi. Mereka juga terkenal ahli dalam perdagangan.

d) Tingkat Pendidikan
Sebelum berdiri sebagai RRC tahun 1949, sekitar 80% penduduk Cina adalah buta huruf atau setengah buta huruf. Jumlah murid di sekolah-sekolah hanya tercatat 4,76%. Kini, pendidikan di Cina sudah mulai mengalami kemajuan. Sistem pendidikan di Cina bukanlah sebuah sistem yang seimbang. Walaupun banyak sekolah di perkotaan yang sudah modern, sebagian besar sekolah di Cina masih banyak yang sederhana.

4) Profil Negara Berkembang Mesir

Mesir merupakan negara yang memiliki peninggalan peradaban kuno yang paling maju pada zamannya, yaitu peradaban lembah Sungai Nil. Meskipun memiliki peradaban kuno yang maju, saat ini Mesir yang terletak di Benua Afrika ini masih dalam kategori negara berkembang.

a) Perekonomian
Perekonomian Mesir didukung oleh kegiatan pada beberapa sektor, yaitu sektor pariwisata, kekayaan minyak bumi, pajak dari Terusan Suez, dan beberapa industri menengah. Sebagai negara yang memiliki peninggalan peradaban kuno, Mesir tentu saja  mengembangkan kegiatan pariwisata budaya. Tujuan wisata utama di Mesir adalah piramid Giza, kuil Karnak, dan Lembah Raja. Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Mesir mencapai  2 juta orang setiap tahunnya.
Profil Beberapa Negara Maju dan Negara Berkembang di Dunia
Sektor pertanian masih menjadi andalan di Mesir karena menyerap 31% dari tenaga kerja. Sektor ini didukung oleh ketersediaan air irigasi yang berasal dari bendungan Aswan. Hasil produksi pertanian yang utama adalah kapas, gandum, beras, susu, domba, gula, dan ayam. Hasil produksi dari industri menengah di Mesir antara lain semen, pupuk, goni, aluminium, dan produk kapas.

Kegiatan pertambangan mengandalkan hasil tambang minyak bumi, bijih besi, fosfat, garam, dan mangan. Tambang minyak banyak terdapat di lepas pantai Sinai, Terusan Suez, Depresi Qattar, dan El Amien.

b) Keadaan Penduduk
Mesir merupakan negara berpenduduk sekitar 74 juta jiwa, ini merupakan jumlah penduduk terbesar di antara negara-negara Arab. Hampir sebagian besar penduduk menetap di sepanjang Sungai Nil dan daerah sekitar Terusan Suez. Hal ini karena wilayah Mesir lainnya berupa gurun pasir, yaitu daerah gurun pasir barat dan gurun pasir timur. Kota utama di Mesir adalah Iskandariyah dan Kairo. Penduduk negara Mesir merupakan penduduk yang homogen, yaitu Arab dan penduduk asli kulit hitam.

Kalian telah menyimak materi tentang negara maju dan negara berkembang. Apa yang dapat kalian simpulkan? Maju tidaknya suatu negara pada dasarnya tidak didasarkan pada umur, sumber daya alam, atau ras dan warna kulit penduduknya. Ada negara yang berumur lebih dari dua ribu tahun seperti Mesir dan India, tetapi masih menjadi negara berkembang. Sebaliknya, negara yang baru berumur kurang dari 150 tahun seperti Kanada dan Selandia Baru bisa menjadi negara maju. Ketersediaan sumber daya alam juga tidak menjadi jaminan bahwa suatu negara bisa menjadi negara maju. Misalnya negara Singapura dan Jepang yang miskin sumber daya alam bisa lebih maju daripada Indonesia yang kaya sumber daya alam. Demikian pula ras dan warna kulit. Jadi, maju dan tidaknya negara bersumber dari kualitas sumber daya manusianya.

4) Profil Negara Berkembang Malaysia

Ibukota negara yang bernama resmi Federation of Malaysia ini adalah Kuala Lumpur, luas wilayah nya mencapai 329.750 km². Negara Malaysia menggunakan sistem pemerintahan Federal dengan kepala pemerintahan Perdana Menteri. Negara dengan bahasa resmi Bahasa Melayu (Bahasa Malaysia) ini menggunakan mata uang Ringgit sebagai alat tukar menukar resminya. Letak Astronomis Malaysia adalah 11 LU – 27 LS, dan antara 100 BT – 120 BT. Sedangkan Letak Geografisnya adalah :
  • Sebelah utara : Thailand, Laut Cina Selatan dan Brunei Darussalam.
  • Sebelah timur : Laut Sulu dan Laut Sulawesi.
  • Sebelah barat : Selat Malaka.
  • Sebelah selatan : Indonesia dan Singapura.

Keadaan Alam Malaysia terbagi menjadi dua Negara bagian yaitu Malaysia Barat yang mencakup bagian selatan Semenanjung Malaysia. Bagian tengahnya berupa pegunungan rendah, serta melandai pada sisi timur dan selatan. Dan Malysia Timur (Sabah dan Serawak) yang didominasi pegunungan, di mana 80 persen di antaranya berketinggian >1.400 meter. Iklim Malaysia mengenal dua musim yang merupakan dampak peralihan arah angin muson yaitu Musim hujan dan musim kemarau

Pada kegiatan perekonomian, Industri cukup berkembang di Malaysia yaitu industri pengolahan bahan mentah, seperti industri pengolahan makanan, pemotongan kayu, pengolahan karet, pengolahan minyak kelapa sawit, tekstil, dan berbagai barang kerajinan. Adapun Komoditas negara malaysia diantaranya adalah pertanian dan perkebunan, seperti padi, buah dan sayuran tropis, karet, kelapa, dan kelapa sawit.





Monday, 18 August 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Pengertian dan Pengelompokan Sumber Daya Alam. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pengertian dan Pengelompokan Sumber Daya Alam


Materi SMP kelas 7 : Pengertian dan Pengelompokan Sumber Daya Alam


Pengertian sumber daya alam akan lebih mudah untuk kita pahami dengan memperhatikan sumber daya alam (SDA) yang ada di sekitar kita. Apakah sumber daya alam yang tersedia di daerahmu sudah mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di daerahmu? Setiap hari kita semua menggunakan atau mengonsumsi bahan atau barang yang tentu saja berasal dari sumber daya alam. Ikan yang kita makan berasal dari perairan. Pakaian yang kita gunakan berasal dari kain yang bahannya berasal dari tumbuhan maupun hewan. Kendaraan yang kita gunakan juga bahannya berupa logam yang merupakan hasil tambang.

Jika demikian, apakah pengertian sumber daya alam itu? Sumber daya alam merupakan semua bahan yang ditemukan oleh manusia dalam alam yang dapat digunakan untuk kepentingan hidupnya. Bahan-bahan tersebut dapat berupa benda mati atau benda hidup yang berada di bumi dan kemudian dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Gambar di samping merupakan contoh kekayaan alam di Indonesia.

Sumber daya alam dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa hal berikut.

  1. Kemungkinan pemulihannya: sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui;
  2. Materinya: sumber daya alam organik dan sumber daya alam anorganik;
  3. Habitatnya: sumber daya terestris dan sumber daya alam akuatik.
Pengertian dan Pengelompokan Sumber Daya Alam
1. Sumber Daya Alam Berdasarkan Kemungkinan Pemulihan
Berdasarkan kemungkinan pemulihannya, sumber daya alam dapat dikelompokkan menjadi seperti berikut.

a. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui
Sumber daya alam yang dapat diperbarui (renewable resources) merupakan sumber daya yang dapat dengan cepat tersedia kembali sehingga tidak dapat habis. Akan tetapi, apabila tidak terkendali pemanfaatannya, sumber daya alam ini dapat habis dan punah. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah berbagai jenis flora dan fauna. Banyak flora dan fauna yang punah atau terancam punah karena ulah dari manusia merusak tempat hidupnya atau memburunya untuk berbagai keperluan kehidupan. Selain itu, air dan udara juga masuk kelompok SDA yang dapat diperbaharui.

Bagaimanakah SDA air dan udara memperbarui dirinya? Jika flora dan fauna memperbarui dirinya dengan cara melakukan reproduksi, udara dan air melakukannya dengan siklus atau daur. Air dan udara tidak pernah punah, tetapi air dan udara kualitasnya dapat menurun akibat aktivitas manusia yang melakukan pencemaran.

b. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (unrenewable resources) adalah sumber daya alam yang proses pembentukannya berlangsung sangat lambat, bisa memakan waktu jutaan atau ratusan juta tahun. Oleh karena itu, jumlahnya relatif tetap atau berkurang karena terus menerus dimanfaatkan dan akhirnya pada suatu saat nanti akan habis. Contoh: minyak bumi, batu bara, gas alam, dan bahan tambang lainnya.

Bagaimanakah caranya agar sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui tersebut tetap lestari? Manusia harus dapat memanfaatkannya secara bijaksana dan tidak berlebihan. Selain itu, perlu dikembangkan bahan alternatif pengganti yang berfungsi sama tetapi selalu tersedia, seperti melakukan pendauran ulang sehingga mengurangi tingkat eksploitasinya.

2. Sumber Daya Alam Berdasarkan Materi
Sumber daya alam juga dapat dikelompokkan berdasarkan materinya seperti berikut.

a. Sumber Daya Alam Organik
Materi atau bahan sumber daya alam organik (hayati) berupa jasad hidup, yaitu tetumbuhan dan hewan. Kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya alam organik antara lain pertanian, kehutanan, peternakan, dan perikanan. Sebagai contoh SDA organik dalam bidang peternakan adalah peternakan Sapi, Kambing, Ayam, dan lain-lain.

b. Sumber Daya Alam Anorganik
pengertian sumber daya alamMateri sumber daya alam anorganik (nonhayati), berupa benda-benda mati baik yang berbentuk benda padat, cair, atau gas. Kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya alam anorganik di antaranya adalah pertambangan tanah, batuan, mineral, minyak dan gas alam, dan energi.

3. Sumber Daya Alam Berdasarkan Habitat

Berdasarkan macam habitatnya, sumber daya alam dapat dibedakan menjadi:

a. Sumber Daya Alam Terestris
Sumber daya alam terestris (daratan) merupakan sumber daya yang berhubungan dengan tanah yang digunakan sebagai lahan untuk berbagai aktivitas penduduk, sebagai bahan industri (genteng, keramik, dan lain-lain), dan segala sumber daya yang diperoleh dari darat.

b. Sumber Daya Alam Akuatik
Sumber daya alam akuatik (perairan) merupakan sumber daya alam yang berhubungan dengan perairan seperti laut, danau, sungai, air tanah, air hujan, dan lain-lain.

Semoga dengan membaca artikel sederhana ini, kita bisa lebih memahami pengertian sumber daya alam, begitu juga tentang pengelompokan sumber daya alam.

Sunday, 17 August 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Istilah Kualitas Penduduk. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pengertian Istilah Kualitas Penduduk

Materi IPS Kelas 8 : Kualitas Penduduk

Pengertian dari Kualitas Penduduk adalah : mutu kondisi penduduk dalam aspek fisik maupun non fisik yang dibarengi dengan tingkat ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang merupakan modal dasar dalam mengembangkan kemampuan dan menikmati kehidupan sebagai manusia yang berbudaya dan berkepribadian. Kualitas penduduk juga dapat dimaknai dengan taraf kehidupan penduduk yang berkaitan dengan kemampuannya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan dan lain-lain.

Apakah yang dimaksud dengan istilah kualitas penduduk secara lebih mendalam? Pengertian kualitas penduduk sangat terkait dengan kemampuan penduduk untuk dapat mengolah dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitarnya, guna memenuhi kebutuhan hidup serta meningkatkan kesejahteraannya. Indikator kualitas atau mutu dari sumber daya manusia dapat dilihat dari beberapa aspek seperti; tingkat pendidikan, pendapatan, dan tingkat kesehatan.

Kualitas penduduk dipengaruhi oleh tingkat kesehatan. Indikator tingkat kesehatan penduduk di suatu negara dapat dilihat dari angka kematian dan angka harapan hidup. Angka kematian yang tinggi menggambarkan tingkat kesehatan penduduk yang rendah, sedangkan angka harapan hidup yang tinggi menggambarkan tingkat kesehatan penduduk yang baik.

Pengertian Istilah Kualitas PendudukTingkat kesehatan penduduk di suatu negara atau daerah juga tidak dapat dilepaskan dari pendapatan penduduk. Secara umum, semakin tinggi pendapatan penduduk, berarti pengeluaran untuk mendapatkan pelayanan kesehatan akan semakin tinggi pula. Penduduk yang berpendapatan tinggi akan dapat menikmati makanan yang berkualitas dan memenuhi standar kesehatan. Sementara penduduk yang perbendidikan tinggi diharapkan memiliki produktivitas yang tinggi pula jika dibandingkan dengan penduduk yang berpendidikan rendah.


Masalah kualitas penduduk dapat juga dilihat dari tingkat kemakmurannya. Walaupun tidak termasuk negara miskin, jumlah penduduk Indonesia yang masih hidup di bawah garis kemiskinan cukup besar. Lebih dari 37 juta penduduk Indonesia masih hidup di bawah garis kemiskinan menurut standar yang ditetapkan PBB. Angka kemiskinan  Indonesia sampai saat ini masih berada di atas 10%. Untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia, bukan hanya tanggungjawab pemerintah, tapi menjadi tanggungjawab seluruh bangsa Indonesia.

Beberapa hal yang mempengaruhi kualitas penduduk adalah tingkat pendidikan, tingkat kesehatan, dan tingkat pendapatan. Tingkat pendidikan merupakan potensi sumber daya manusia yang unggul. Pendidikan adalah modal dasar dalam mengembangkan kemampuan intelektual kita. Kita akan mampu meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik kita dengan pendidikan. Hal ini diwujudkan dalam bentuk kemampuan kita dalam menyelesaikan berbagai permasalahan dengan mengembangkan berbagai bentuk kreativitas. Sementara tingkat kesehatan suatu masyarakat mencerminkan kesejahteraan suatu negara. Kesehatan adalah harta yang tidak ternilai dan merupakan modal yang sangat berharga bagi kita untuk memulai dan melakukan segala aktivitas. Ada sebuah pepatah yang sering kita dengar “men sana in corpore sano” yang jika diterjemahkan secara bebas mengandung makna : "di dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat". Sedangkan pendapatan yang tinggi akan sangat mempengaruhi upaya pemenuhan kebutuhan bagi masyarakat di suatu negara. Ketiga indikator tersebut tentu saja saling mempengaruhi satu sama lain.

Pengertian Istilah Kualitas Penduduk
Bagaimana dengan kualitas penduduk di sekelilingmu? kita dapat melihatnya dengan melihat dan mencermati data di kantor kelurahan atau kecamatan setempat. Data-data kesehatan, pendidikan, dan tingkat pendapatan dapat kita temukan di kantor tersebut. Tingkat pendidikan berdasarkan jenjang pendidikan, tingkat buta huruf masyarakat, dan tingkat kesejahteraan berdasarkan rata-rata penghasilan masyarakat juga bisa kita temukan.

Bagaimana peranan penduduk Indonesia dalam pembangunan ekonomi? Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita perlu memahami kualitas penduduk di Indonesia. Jika kualitas penduduk di Indonesia tinggi, maka hal itu akan dapat dijadikan modal dasar pembangunan, jika tidak, akan menjadi beban dan masalah dalam pembangunan nasional khususnya dalam bidang ekonomi.

Bagaimana caranya untuk dapat meningkatkan kualitas penduduk di Indonesia? Tentu jawabnya, mulai sekarang kita harus belajar dengan lebih baik, agar di masa depan kita dapat menjadi sumberdaya manusia yang berkualitas, sehingga dapat dijadikan modal dasar dalam pembangunan Indonesia. 

Rangkuman tentang pengertian kualitas penduduk

Kualitas penduduk merupakan kunci keberhasilan pembangunan. Besarnya jumlah penduduk belum tentu berhasil membawa kemajuan. Akan tetapi, penduduk yang berkualitas pasti akan dapat membawa kemajuan bangsa dan negara. Oleh sebab itu kita harus selalu berusaha untuk menjadi penduduk yang berkualitas. Caranya bagaimana? Belajar giat di sekolah dan di luar sekolah merupakan cara yang baik untuk meningkatkan kualitas diri. Tentu saja belajar tidak hanya mata pelajaran di sekolah, akan tetapi juga belajar kepemimpinan, belajar berwirausaha, belajar budaya di masyarakat, dan sebagainya. Dengan demikian, kita sudah berperan serta dalam upaya meningkatkan kualitas pendudukdi negara Indonesia yang kita cintai ini.