Wednesday, 12 November 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Perubahan Sosial Budaya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pengertian Perubahan Sosial Budaya

Untuk mengerti makna dari perubahan sosial budaya, mari kita pelajari dari kehidupan bangsa kita, bangsa Indonesia. Masyarakat Indonesia pada zaman prasejarah belum mengenal tulisan. Masyarakat Indonesia baru mengenal tulisan, agama, sastra saat pengaruh India masuk pada awal Masehi, begitu juga dengan sistem kemasyarakatan, kerajaan, dan bangunan peribadatan. Hal serupa terjadi saat Agama Islam masuk ke Nusantara. Perubahan sosial dan budaya menjadi semakin cepat setelah datangnya bangsa Barat menjajah Indonesia. Kita kemudian mengenal teknologi, birokrasi modern, sekolah, budaya tulis, dan organisasi. Masyarakat Indonesia benar-benar mengalami perubahan sosial budaya setelah merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945.Adapun pengertian masyarakat sebagai sistem sosial dapat dibaca pada artikel ini.

Pengertian Perubahan Sosial BudayaDari penjelasan di atas kita mendapatkan gambaran untuk merumuskan pengertian perubahan sosial dengan zaman sekarang. Menurut para ahli, perubahan sosial adalah segala perubahan pada lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat. Perubahan itu mempengaruhi sistem sosialnya. Sistem sosial itu meliputi nilai- nilai, sikap, dan pola perilaku kelompok-kelompok di masyarakat.

Ada banyak pengertian perubahan sosial budaya yang disampaikan oleh para ahli, diantaranya adalah William F. Ogburn yang mendefinisikan perubahan sosial budaya sebagai “Ruang lingkup perubahan-perubahan sosial yang meliputi unsur-unsur kebudayaan baik yang bersifat material maupun immaterial, yang ditekankan adalah pengaruh besar dari unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial”. Dilain pihak, Bruce J. Cohen mendefinisikan sebagai “perubahan struktur sosial di dalam organisasi sosial dengan syarat yang memenuhi perubahan itu yaitu sistem sosial, perubahan hidup dalam nilai sosial dan budaya masyarakat”. Seorang ahli lain bernama Robert Morrison Mac Iver mendefinisikan sebagai “perubahan terhadap keseimbangan dalam hubungan sosial tersebut”.

Dapatkah kamu menunjukkan perubahan sosial budaya dalam lingkungan yang lebih kecil, misalnya di kota, desa, RW, RT, bahkan di rumah mu?




No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.