Thursday, 2 October 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Ringkasan Jalannya Perang Dunia ke II. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Ringkasan Jalannya Perang Dunia ke II

Ringkasan jalannya perang dunia ke II dapat dijelaskan seperti di bawah ini.

Jerman menyerbu Polandia pada tanggal 1 September 1939, oleh sebab itu maka Inggris dan Perancis menyatakan perang terhadap negara yang dipimpin Hitler tersebut pada tanggal 3 September 1939. Pada tanggal 7 Desember 1941, Jepang melancarkan serangan mendadak ke Pearl Harbour yang merupakan pangkalan armada Amerika Serikat, setelah itu, dua sekutu Jepang, Jerman dan Italia juga menyatakan perang kepada Amerika Serikat. Sejak Amerika Serikat yang berada di pihak sekutu menyataan perang kepada Jepang, Amerika mulai terlibat perang. Hal itu terjadi pada tanggal 8 Agustus 1941.

Pada awal berjalannya perang tersebut, Jerman berfikiran bahwa Rusia tidak akan menyerangnya karena pada tanggal 21 Agustus 1939, Jerman dan Rusia terikat pakta nonagresi (perjanjian untuk tidak saling menyerang). Karena perjanjian iru, Rusia mulanya dianggap sebagai salah satu negara Blok Sentral oleh pihak Sekutu. Setelah Jerman menyerang Rusia pada bulan Juni 1941, barulah negara-negara Sekutu membantu Rusia untuk menghancurkan Jerman di Front Timur.

Jika kita tinjau dari waktu berjalannya perang (1939 -1945), maka peristiwa Perang Dunia II dapat dibedakan dalam tiga tahap.

Ringkasan Tahap permulaan Perang Dunia ke II (1939-1942) 

Pada tahap awal ini, negara-negara Sentral umumnya selalu menang di berbagai medan pertempuran melawan negara-negara Sekutu, mereka dapat hanya bertahan atau kalah.

Ringkasan Tahap titik balik Perang Dunia ke II (1942)
Tahap titik balik perang dunia ke II ditandai dengan:
  • Kalahnya pasukan Jepang dalam pertempuran di Laut Karang (4 Mei 1942).
  • Dipukul mundurnya Jerman dalam pertempuran di El Alamien oleh Jenderal Montgomery (12 Oktober 1942).
Jerman mulai mendapat perlawanan dari tentara Rusia yang dipimpin Jenderal Gregory Zhukov dan kalah dalam pertempuran yang terjadi di Stalingrad itu pada tanggal 19 November 1942.

Ringkasan Tahap akhir Perang Dunia ke II (1943-1945)
Pada tahap akhir ini, negara-negara dari pihak Sekutu mulai melakukan serangan atau pukulan yang berakibat kekalahan pada pihak Blok Sentral.





1 comment: