Thursday, 2 October 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Alasan Penyerbuan Jerman ke Polandia dan Finlandia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Alasan Penyerbuan Jerman ke Polandia dan Finlandia

Salah satu isi Perjanjian Versailles menuntut supaya Prusia Timur (salah satu daerah Jerman Timur) dipisahkan dari Jerman dengan Koridor Polandia sebagai pemisahnya. Di tengah-tengah koridor ini, terletak sebuah kota yang bernama Danzig yang berada di bawah penguasaan Liga Bangsa-Bangsa (LBB- sekarang PBB). Status kota Danzig adalah kota merdeka, tapi Hitler menuntut kota Danzig dimasukkan ke wilayah Jerman karena penduduknya berkebangsaan Jerman. Dilain pihak, Polandia menolak. Polandia justru mengadakan perjanjian dengan Inggris, Perancis, Rumania, dan Yunani untuk saling menjamin kemerdekaan di antara mereka. Hitler tidak mau kalah, dia menjawab perjanjian tersebut dengan cara mengadakan perjanjian dengan negara Rusia. Dalam perjanjian itu, Rusia menyatakan tidak akan menyerang Jerman. Hal inilah yang menjadikan alasan penyerbuan Jerman ke Polandia dan Finlandia.

alasan Penyerbuan Jerman ke Polandia dan FinlandiaHitler memulai Perang Dunia II dengan mengerahkan 1.700.000 pasukan yang didukung ratusan pesawat tempur dan persenjataan berat yang serba modern untuk ukuran saat itu. Jerman menyerbu Polandia pada tanggal 1 September 1939, dan dalam tempo singkat, sebagian besar daerah Polandia berhasil dikuasai oleh Jerman.

Rusia yang telah bersepakat dengan Jerman merasa tidak aman lagi. Oleh sebab itu, Rusia pun menyerbu Polandia Timur pada tanggal 17 September 1939. Hanya dalam tempo satu bulan, tepatnya pada tanggal 27 September 1939, Polandia Timur dikuasai Rusia. Inggris dan Perancis yang telah menjamin kemerdekaan Polandia tidak mungkin lagi menolong Polandia dari kekalahan yang begitu cepat.

Setelah Polandia menyerah, Rusia kemudian mengarahkan perhatian ke negara Finlandia. Rusia menyerbu Finlandia pada tanggal 30 November 1939. Rusia berhasil memaksa Finlandia untuk menerima suatu perdamaian yang disodorkan Rusia pada tanggal 12 Maret 1940. Dalam perjanjian itu, Finlandia terpaksa menyerahkan beberapa kotanya yaitu Karelian Isthmus, Viborg, Pangkalan AL Hangoe, dan sejumlah kepulauan Finlandia kepada negara Rusia.




1 comment: