Monday, 15 September 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Penduduk sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Penduduk sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional

Materi IPS SMP Kelas 8 : Penduduk sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional


Kita pasti sering mendengar istilah "penduduk dan pembangunan nasional". Apakah yang dimaksud "pembangunan nasional" ? Bagaimana "hubungan penduduk" dengan "pembangunan nasional" ? Pembangunan nasional adalah rangkaian pembangunan berkesinambungan (terus menerus) yang meliputi seluruh kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. Dalam pembukaan UUD 1945,  tercantum tujuan pembangunan nasional tersebut yaitu :
"Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial".

Bagaimana caranya untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional? Syarat utamanya tentu bangsa Indonesia harus mempunyai modal dasar. Yang merupakan Modal dasar pembangunan nasional adalah segala sumber kekuatan nasional, yang dimiliki dan didayagunakan oleh bangsa Indonesia dalam pembangunan nasional. Ada beberapa modal dasar pembangunan nasional Indonesia, antara lain :
  • kemerdekaan dan kedaulatan
  • jiwa dan semangat persatuan
  • wilayah nusantara
  • kekayaan alam yang beraneka ragam
  • penduduk
  • adat istiadat dan budaya bangsa.

Jika semua potensi tersebut diatas dimanfaatkan secara optimal, keberhasilan pembangunan nasional bukanlah suatu keniscayaan. Penduduk merupakan faktor yang penting dalam pencapaian tujuan pembangunan nasional diatara beberapa modal dasar tersebut, karena peranan penduduk yang sangat dominan. Apakah peranan penduduk dalam pembangunan nasional? Kita sudah mengetahui bahwa jumlah penduduk Indonesia yang besar menjadi salah satu permasalahan serius karena rendahnya kualitas penduduk. Namun, jumlah penduduk yang besar jika diimbangi dengan kualitas penduduk yang tinggi akan dapat menjadi modal dasar pembangunan, karena memiliki penduduk peranan besar dalam pembangunan ekonomi. Apakah kalian telah memahami bagaimana peranan penduduk dalam pembangunan ekonomi? Untuk memahami tentang peranannya dalam pembangunan ekonomi, kalian perlu faham terlebih dahulu tentang tujuan dari pembangunan ekonomi.

Tujuan dari pembangunan ekonomi adalah untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk suatu negara. Tingkat kesejahteraan penduduk suatu negara biasanya diukur dengan melihat kenaikan penghasilan riil per kapita. Adapun penghasilan riil perkapita dapat dihitung dari pendapatan nasional riil secara keseluruhan yang dihasilkan selama setahun dibagi dengan total jumlah penduduk. Dari pengertian di atas, dapat kita katakan bahwa tingkat kesejahteraan penduduk akan dapat tercapai jika pendapatan riil nasional meningkat lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan penduduk. Terdapat dua faktor yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya pendapatan riil suatu negara yaitu penduduk dan tenaga kerja.

Jika dilihat dari peranannya, ada dua peranan penting penduduk dalam meningkatkan hasil pembangunan ekonomi suatu negara yaitu (1) Penduduk bertindak sebagai konsumen dari segi permintaan dan (2) penduduk bertindak sebagai produsen dari segi penawaran. Karena itu, cepatnya perkembangan penduduk tidaklah selalu menjadi penghambat bagi jalannya pembangunan ekonomi, dengan syarat penduduk ini harus mempunyai kapasitas yang tinggi untuk menghasilkan sekaligus menyerap hasil produksi yang dihasilkan. Hal ini berarti bahwa tingginya pertambahan penduduk harus dibarengi dengan tingginya tingkat penghasilan. Pertambahan penduduk yang tinggi dengan tingkat penghasilan yang rendah tidak akan ada artinya bagi pembangunan ekonomi di suatu negara.

Pesatnya pertambahan penduduk justru menyumbang terhadap kenaikan dari penghasilan riil perkapita, jika penduduk itu berkualitas, karena penduduk yang berkualitas, pada umumnya memiliki tabungan yang siap sedia untuk melayani kebutuhan investasi, sehingga pertambahan penduduk yang berkualitas akan berakibat bertambahnya potensi masyarakat sebagai konsumen potensial. Sebagai contoh, bertambahnya penduduk berkualitas akan menambah permintaan kebutuhan primer : sandang, pangan, perumahan dan tersier : kendaraan, pendidikan, kesehatan, pengangkutan dan lain sebagainya. Bertambahnya penduduk justru akan menciptakan dan memperbesar permintaan secara keseluruhan, utamanya investasi. Pertambahan penduduk tidak sekedar sebagai tambahan penduduk, tapi juga sebagai suatu kenaikan dalam daya beli. Oleh sebab itu, apabila terjadi penurunan jumlah penduduk, hal itu akan menyebabkan turunnya rangsangan untuk mengadakan investasi hingga pada gilirannya akan mengakibatkan turunnya permintaan. Perkembangan penduduk yang tertunda juga akan mengakbatkan pasar akan menjadi semakin sempit karena kekurangan konsumen.

Sebaliknya, perkembangan penduduk yang tidak berkualitas justru akan menghambat perkembangan ekonomi. Oleh karena itu, tingginya pertumbuhan penduduk menuntut pembangunan ekonomi yang dilakukan secara terus menerus. Pembangunan ekonomi tentu memerlukan investasi yang berasal dari tabungan. Dengan demikian pesatnya pertumbuhan penduduk yang tidak berkualitas justru menjadi penghambat bagi pembangunan ekonomi.

Ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan pembangunan selain penduduk, yaitu: sumber daya alam, sosial budaya, wilayah, teknologi, modal, manajemen nasional, disiplin nasional, serta perkembangan regional dan global. Setelah kita mempelajari tentang penduduk sebagai modal dasar pembangunan, perlu juga kita ketahui indikator dari pembangunan. Salah satu indikator untuk mengukur keberhasilan pembangunan suatu negara adalah menggunakan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Apakah IPM itu? Untuk memahaminya, silahkan baca uraian di artikel ini.

 

Rangkuman materi Penduduk sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional


Bagaimana peranan penduduk Indonesia dalam pembangunan ekonomi ? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut perlu kita pahami kualitas penduduk di Indonesia. Jika kualitas penduduk di Indonesia tinggi maka hal itu akan dapat menjadi modal dasar pembangunan, jika tidak, bahkan akan menjadi beban dan masalah dalam pembangunan ekonomi. Sekarang yang perlu kita pikirkan adalah bagaimana cara meningkatkan kualitan penduduk di Indonesia? Jawabannya, mulai sekarang kita harus belajar giat dengan baik, agar di masa depan kita dapat menjadi sumberdaya manusia Indonesia yang berkualitas, sehingga dapat menjadi modal dasar dalam pembangunan untuk negara yang kita cintai ini. We love Indonesia !






2 comments:

  1. Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami
    LegendaPelangi.com
    Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^

    Kami Hadirkan 7 Permainan 100% FairPlay :
    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online

    Fasilitas BANK yang di sediakan :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Ayo buktikan sendiri dan menangkan jutaan rupiah

    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami
    -BBM : 2AE190C9
    -Website : Legendapelangi.com

    ReplyDelete