Friday, 22 August 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Profil Beberapa Negara Maju dan Negara Berkembang di Dunia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Profil Beberapa Negara Maju dan Negara Berkembang di Dunia

Materi IPS kelas 9 : Profil Beberapa Negara Maju dan Negara Berkembang di Dunia


Profil Beberapa Negara Maju

Kalian telah mengetahui bagaimana karakteristik negara maju dan persebaran negara maju di dunia. Supaya kalian memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai negara maju, berikut ini akan disajikan profil beberapa negara maju dan berkembang di dunia. Adapun Daftar Negara Maju dan Berkembang di Dunia dapat dibaca pada artikel ini. Sedangkan Profil singkat Negara-negara anggota ASEAN dapat dibaca pada artikel ini.

1) Profil Negara Maju Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah negara maju yang mempunyai pengaruh yang sangat besar di dunia. Negara yang terletak di Benua Amerika berada di antara 24 33'LU–70 23'LU - 112'BB–66'BB. Luas seluruh wilayah negara Amerika adalah 9.826.630 km2. Mengapa Amerika Serikat disebut negara maju? Simak penjelasan berikut.

a) Perekonomian Amerika Serikat
Amerika Serikat merupakan negara maju yang merupakan salah satu raksasa ekonomi di dunia ini. Amerika dikaruniai sumber daya alam yang berlimpah dan sumber daya manusia yang unggul. Produk-produk dari Amerika hampir menguasai seluruh pasar dunia. Perekonomian Amerika didukung oleh perkembangan sektor industri. Sektor ini menyumbang kurang lebih 20,7% dari seluruh pendapatan nasional Amerika Serikat. Industri di Amerika dijalankan dalam skala yang besar. Industri di Amerika menghasilkan mobil, mesin, besi baja, bahan kimia, tembaga, tekstil dan pesawat terbang. Hasil industri tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri, selain itu tetapi juga untuk pasar dunia.
Profil Beberapa Negara Maju
Di Amerika, sektor pertanian dijalankan dalam skala besar dengan menggunakan teknologi modern. Tanaman yang dihasilkan antara lain padi, kapas, gandum, jagung, buah-buahan, tembakau, dan kayu keras. Meskipun sumbangan sektor pertanian hanya 1% dari pendapatan nasional, akan tetapi Amerika merupakan salah satu pemasok bahan pangan terbesar di dunia. Pada bidang jasa, sumbangan sektor jasa terhadap perekonomian Amerika sebesar 78,3%. Jasa yang dihasilkan diantaranya adalah jasa keuangan, perbankan, konsultan, telekomunikasi, dan informasi.

b) Keadaan Penduduk
Menurut data dari CIA World Factbook, jumlah penduduk Amerika pada tahun 2006  adalah 298.444.215 jiwa. Tingkat pertumbuhan penduduknya sebesar 0,91% per tahun. Tingkat kepadatan penduduk di Amerika sangat tinggi dan menempati urutan ke-3 penduduk terbanyak di dunia . Hal ini karena semakin meningkatnya perpindahan penduduk dari negara lain ke Amerika. Perekonomian Amerika yang kuat dan kebebasan bagi individu menyebabkan Amerika menjadi semacam tanah impian bagi para pendatang dari negara lain.

c) Tingkat Pendidikan
Tingkat pendidikan di negara Amerika sangat maju dan merata. Demikian pula sistem pendidikan yang diterapkan. Dari total penduduk, 97%-nya sudah memiliki kemampuan baca dan tulis (melek huruf). Amerika memiliki universitasuniversitas yang mencetak para ahli dan ilmuwan andal. Amerika menjadi tujuan para mahasiswa dari seluruh penjuru dunia. Beberapa universitas tersebut, yaitu Universitas Harvard, Universitas Boston, Institut Teknologi Massachussets, dan Universitas Dallas.

d) Kemajuan Teknologi
Pemerintah dan dunia usaha di Amerika memberi perhatian besar pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pemerintah tidak segan-segan memberikan dana yang besar untuk kegiatan penelitian dan pengembangan teknologi. Kemajuan teknologi telah meningkatkan daya saing bangsa Amerika dalam berbagai bidang, terutama dalam bidang industri dan jasa.

e) Perkembangan Budaya
Masyarakat Amerika merupakan masyarakat yang sangat heterogen yang terdiri atas berbagai suku bangsa. Oleh karena itu, kebudayaannya pun sangat beragam. Penduduk asli Amerika adalah bangsa Eskimo dan Indian. Pendatang Amerika sebagian besar berasal dari Eropa, seperti Inggris, Belanda, Prancis, dan Spanyol. Selain itu, pendatang di Amerika berasal dari seluruh penjuru dunia. Budaya Amerika pada dasarnya dilandasi oleh ideologi atau paham kebebasan. Setiap individu secara bebas mengekspresikan sikapnya selama tidak mengganggu kepentingan orang lain. Contoh kebebasan tersebut antara lain kebebasan bersaing, menyampaikan pendapat, dan gaya hidup sehari-hari.

2) Profil Negara Maju Singapura

Nama resminya adalah Republik Singapura, Singapura merupakan sebuah negara pulau di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya, sekitar 85 mil (137 kilometer) di sebelah utara khatulistiwa di Asia Tenggara.

Pada awal berdirinya, Singapura bukanlah sebuah negara maju. Singapura hanya sebuah negara kecil yang pernah dijajah oleh negara Inggris dan dijadikan pusat perdagangan dan pangkalan militer. Negara singapura memiliki wilayah yang sangat sempit dan sumber daya alam yang terbatas. Kemajuan Singapura tidak dapat dipisahkan oleh peran dari sosok Lee Kuan Yew sebagai seorang founding fathers Singapura. Lee Kuan Yew menerapkan pemerintahan yang otoriter untuk menciptakan kestabilan sosial politik di negaranya yang terdiri dari berbagai etnis yang rawan konflik, demi kelangsungan pembangunan negara Singapura itu sendiri. Selain hal itu, Lee Kuan Yew juga sangat memperhatikan pendidikan warga singapura. Kualitas pendidikan di Singapura memang sangat bermutu, terbukti dari keunggulan para lulusannya. Pemerintah Singapura juga sangat memperhatikan kesejahteraan para pengajar, baik guru atau dosen sehingga mereka mempunyai tenaga-tenaga pengajar yang berkualitas. Dibalik itu semua, kunci keberhasilan Singapura pada dasarnya adalah tekad dan kerja keras para rakyatnya di tengah segala keterbatasan yang ada, mereka mempunyai disiplin yang tinggi dan penuh semangat untuk mencapai kesejateraan dan memajukan negara mereka. 

Republik Singapura adalah sebuah negara kota di Asia Tenggara yang terletak di ujung Semenanjung Malaysia, berbatasan dengan Johor (Malaysia) dan Kepulauan Riau (Indonesia). Luas wilayah Singapura adalah 581 km2 dengan panjang 43 km dan lebar 22 km. Wilayah yang kecil dan tidak memiliki sumber daya alam bukan menjadi halangan untuk menjadi negara maju. Mengapa singapura disebut negara maju? Simak penjelasan berikut.

a) Perekonomian Singapura
Singapura memiliki pasar ekonomi yang maju dan terbuka dengan pendapatan per kapita kelima tertinggi di dunia. Pelaku ekonomi Singapura merupakan pelaku ekonomi yang paling kompetitif di dunia. Bidang ekspor, perindustrian, dan jasa merupakan sektor yang penting dalam ekonomi Singapura. Komoditas ekspor Singapura adalah barang-barang elektronik, bahan-bahan konstruksi, dan lain-lain. Komoditas impornya adalah bahan makanan, minyak bumi, dan bahan-bahan baku industri. Pemerintah Singapura menetapkan simpanan uang yang tinggi dengan memperkenalkan sistem penyimpanan uang yang wajib kepada para pekerja. Dengan sistem ini, Singapura menempati peringkat ke-18 negara terkaya di dunia. Singapura mempunyai simpanan dana cadangan sebesar US$139 miliar. Singapura juga menjadi pusat jasa keuangan dunia.

b) Keadaan Penduduk
Singapura merupakan salah satu negara yang paling padat di dunia. Sekitar 85% dari rakyat Singapura tinggal di rumah susun dan apartemen yang disediakan oleh dewan pengembangan perumahan Singapura. Penduduk Singapura memiliki standar hidup yang tinggi. Berbagai fasilitas umum tersedia dan berstandar internasional. Mayoritas penduduk Singapura adalah etnis Tionghoa, sedangkan penduduk lain adalah etnis Melayu merupakan penduduk asli dan etnis India. Berbagai etnis ini dapat hidup berdampingan. Ini dibuktikan dengan adanya berbagai perayaan yang terdapat di Singapura, seperti tahun baru Imlek, hari Waisak, hari raya puasa, hari raya haji, Deepavali, dan natal. Perayaan hari-hari besar di Singapura tersebut merupakan daya tarik wisata.

c) Tingkat Pendidikan
Pendidikan yang unggul menjadi kunci pertumbuhan dan perkembangan masyarakat Singapura. Singapura menjadi pusat pendidikan dunia selama bertahun-tahun. Sistem pendidikan bertujuan memenuhi kebutuhan individual dan mengembangkan bakat. Sekolah-sekolah Singapura menerapkan kebijakan dua bahasa. Kurikulum pendidikan disusun untuk mengembangkan inovasi dan semangat kewiraswastaan. Sekolah di Singapura juga memiliki standar yang tinggi, terutama untuk bidang matematika dan ilmu pengetahuan.

d) Infrastruktur
Singapura merupakan salah satu negara yang memiliki jalur perhubungan terbaik di dunia, baik melalui darat, udara, maupun laut. Pelabuhan udara Changi melayani lebih dari enam puluh perusahaan penerbangan dunia. Jalur transportasi yang baik memudahkan akses ke seluruh bagian pulau. Singapura juga disebut sebagai negara yang mempunyai koneksi/hubungan paling banyak di Asia. Singapura memiliki rata-rata masukan melalui internet sebanyak 42%.

3) Profil Negara Berkembang Cina

Saat ini, Salah satu negara berkembang yang memiliki wilayah terluas dan jumlah penduduk terbesar di dunia adalah Cina. Luas wilayahnya mencapai 9.596.961 km2. Cina terletak di Benua Asia dengan letak georgrafis antara 18' LU– 54'BT dan 73'BT–135'BT. Cina merupakan salah satu negara berkembang di Asia yang kini mulai menjadi salah satu negara industri baru.
Profil Beberapa Negara Maju dan Negara Berkembang di Dunia

a) Perekonomian
Kemajuan perekonomian Cina mulai terlihat sejak negara yang semula tertutup tersebut membuka pintu perekonomiannya dengan negara lain. Cina mulai membuka diri terhadap pihak asing yang akan melakukan investasi di Cina. Hal ini terlihat dari meningkatnya sumbangan sektor industri terhadap perekonomian Cina. Pendapatan nasional Cina ditunjang oleh sektor industrisebesar 53,1% dari total pendapatannya. Kegiatan industri berkembang di berbagai daerah, terutama di daerah Beijing hingga Shenyang, Tianjiang, dan Nanjiang hingga Shanghai. Perkembangan industri di Cina didukung oleh ketersediaan batu bara sebagai bahan bakar dan upah tenaga kerja yang murah. Negara Cina menghasilkan mesin bubut, alat-alat pertambangan, suku cadang kendaraan bermotor, mesin, semen, dan pupuk. Negara Tirai Bambu ini juga mengembangkan industri perakitan elektronik, seperti komputer dan telepon seluler.

Kegiatan pertanian dan pertambangan juga memegang peran penting, sektor ini menyumbang sebesar 14,4% dari total pendapatan nasionalnya. Kegiatan pertanian dikembangkan di daerah yang subur, seperti lembah Sungai Huang Ho, Xianjiang, dan Chang Jiang. Hasil-hasil pertanian Cina antara lain padi, kedelai, jagung, gandum, sorgum, kacang, kapas, dan teh. Cina juga kaya bahan tambang, antara lain minyak bumi, bijih besi, gas alam, aluminium, tembaga, tungstel, dan timbel.

b) Keadaan Penduduk
Cina merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Pada tahun 2006 jumlah penduduk Cina mencapai 1,3 milyar penduduk. Untuk mengurangi tingkat pertumbuhan penduduk, pemerintah Cina menggalakkan program keluarga berencana. Dengan berbagai upaya yang dilakukan, pemerintah berhasil menekan pertumbuhan penduduknya hingga mencapai 0,59% per tahun.

Cina mengalami beberapa masalah kesehatan umum yang sedang meningkat. Masalah kesehatan yang berhubungan dengan polusi udara dan air, wabah HIVAIDS, virus SARS, dan flu burung yang sedang meluas.

c) Budaya Masyarakat
Penduduk Cina umumnya adalah ras Mongoloid dengan kulit kuning dan mata sipit. Mayoritas etnis Han menyusun hampir 93% populasi. Penduduk bangsa Han sendiri heterogen dan bisa dianggap sebagai kumpulan berbagai etnik yang menerapkan budaya dan bahasa yang sama. Bahasa yang digunakan secara luas di Cina yaitu bahasa Mandarin.

Profil Beberapa Negara Maju dan Negara Berkembang
Orang Cina terkenal memiliki budaya yang tinggi. Mereka telah lama mengenal tulisan, kertas, dan kompas. Orang Cina lah yang pertama kali mengenal mesiu sebagai bahan peluru senjata api. Cina juga memiliki ahli-ahli filsafat bijak seperti Konfusius. Masyarakat Cina terkenal sebagai pekerja keras dan ulet sehingga tingkat produktivitasnya tinggi. Mereka juga terkenal ahli dalam perdagangan.

d) Tingkat Pendidikan
Sebelum berdiri sebagai RRC tahun 1949, sekitar 80% penduduk Cina adalah buta huruf atau setengah buta huruf. Jumlah murid di sekolah-sekolah hanya tercatat 4,76%. Kini, pendidikan di Cina sudah mulai mengalami kemajuan. Sistem pendidikan di Cina bukanlah sebuah sistem yang seimbang. Walaupun banyak sekolah di perkotaan yang sudah modern, sebagian besar sekolah di Cina masih banyak yang sederhana.

4) Profil Negara Berkembang Mesir

Mesir merupakan negara yang memiliki peninggalan peradaban kuno yang paling maju pada zamannya, yaitu peradaban lembah Sungai Nil. Meskipun memiliki peradaban kuno yang maju, saat ini Mesir yang terletak di Benua Afrika ini masih dalam kategori negara berkembang.

a) Perekonomian
Perekonomian Mesir didukung oleh kegiatan pada beberapa sektor, yaitu sektor pariwisata, kekayaan minyak bumi, pajak dari Terusan Suez, dan beberapa industri menengah. Sebagai negara yang memiliki peninggalan peradaban kuno, Mesir tentu saja  mengembangkan kegiatan pariwisata budaya. Tujuan wisata utama di Mesir adalah piramid Giza, kuil Karnak, dan Lembah Raja. Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Mesir mencapai  2 juta orang setiap tahunnya.
Profil Beberapa Negara Maju dan Negara Berkembang di Dunia
Sektor pertanian masih menjadi andalan di Mesir karena menyerap 31% dari tenaga kerja. Sektor ini didukung oleh ketersediaan air irigasi yang berasal dari bendungan Aswan. Hasil produksi pertanian yang utama adalah kapas, gandum, beras, susu, domba, gula, dan ayam. Hasil produksi dari industri menengah di Mesir antara lain semen, pupuk, goni, aluminium, dan produk kapas.

Kegiatan pertambangan mengandalkan hasil tambang minyak bumi, bijih besi, fosfat, garam, dan mangan. Tambang minyak banyak terdapat di lepas pantai Sinai, Terusan Suez, Depresi Qattar, dan El Amien.

b) Keadaan Penduduk
Mesir merupakan negara berpenduduk sekitar 74 juta jiwa, ini merupakan jumlah penduduk terbesar di antara negara-negara Arab. Hampir sebagian besar penduduk menetap di sepanjang Sungai Nil dan daerah sekitar Terusan Suez. Hal ini karena wilayah Mesir lainnya berupa gurun pasir, yaitu daerah gurun pasir barat dan gurun pasir timur. Kota utama di Mesir adalah Iskandariyah dan Kairo. Penduduk negara Mesir merupakan penduduk yang homogen, yaitu Arab dan penduduk asli kulit hitam.

Kalian telah menyimak materi tentang negara maju dan negara berkembang. Apa yang dapat kalian simpulkan? Maju tidaknya suatu negara pada dasarnya tidak didasarkan pada umur, sumber daya alam, atau ras dan warna kulit penduduknya. Ada negara yang berumur lebih dari dua ribu tahun seperti Mesir dan India, tetapi masih menjadi negara berkembang. Sebaliknya, negara yang baru berumur kurang dari 150 tahun seperti Kanada dan Selandia Baru bisa menjadi negara maju. Ketersediaan sumber daya alam juga tidak menjadi jaminan bahwa suatu negara bisa menjadi negara maju. Misalnya negara Singapura dan Jepang yang miskin sumber daya alam bisa lebih maju daripada Indonesia yang kaya sumber daya alam. Demikian pula ras dan warna kulit. Jadi, maju dan tidaknya negara bersumber dari kualitas sumber daya manusianya.

4) Profil Negara Berkembang Malaysia

Ibukota negara yang bernama resmi Federation of Malaysia ini adalah Kuala Lumpur, luas wilayah nya mencapai 329.750 km². Negara Malaysia menggunakan sistem pemerintahan Federal dengan kepala pemerintahan Perdana Menteri. Negara dengan bahasa resmi Bahasa Melayu (Bahasa Malaysia) ini menggunakan mata uang Ringgit sebagai alat tukar menukar resminya. Letak Astronomis Malaysia adalah 11 LU – 27 LS, dan antara 100 BT – 120 BT. Sedangkan Letak Geografisnya adalah :
  • Sebelah utara : Thailand, Laut Cina Selatan dan Brunei Darussalam.
  • Sebelah timur : Laut Sulu dan Laut Sulawesi.
  • Sebelah barat : Selat Malaka.
  • Sebelah selatan : Indonesia dan Singapura.

Keadaan Alam Malaysia terbagi menjadi dua Negara bagian yaitu Malaysia Barat yang mencakup bagian selatan Semenanjung Malaysia. Bagian tengahnya berupa pegunungan rendah, serta melandai pada sisi timur dan selatan. Dan Malysia Timur (Sabah dan Serawak) yang didominasi pegunungan, di mana 80 persen di antaranya berketinggian >1.400 meter. Iklim Malaysia mengenal dua musim yang merupakan dampak peralihan arah angin muson yaitu Musim hujan dan musim kemarau

Pada kegiatan perekonomian, Industri cukup berkembang di Malaysia yaitu industri pengolahan bahan mentah, seperti industri pengolahan makanan, pemotongan kayu, pengolahan karet, pengolahan minyak kelapa sawit, tekstil, dan berbagai barang kerajinan. Adapun Komoditas negara malaysia diantaranya adalah pertanian dan perkebunan, seperti padi, buah dan sayuran tropis, karet, kelapa, dan kelapa sawit.









7 comments:

  1. Replies
    1. Menghargai karya itu lebih baik kan :). alangkah baiknya kaka melengkapi kekurangan materinya :)

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete