Wednesday 13 August 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Potensi Sumber Daya Hutan di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Potensi Sumber Daya Hutan di Indonesia

Pernahkah kamu melihat dan pergi ke hutan? Pernahkah kamu melihat penduduk yang memanfaatkan hutan? Apa saja yang dimanfaatkan dari hutan? Hutan di Indonesia dikenal sebagai hutan hujan tropis. Hutan hujan tropis seringkali digambarkan sebagai hutan yang lebat, padahal kenyataannya tidak selalu demikian. Hutan tropis di Indonesia sangat bervariasi, mulai dari hutan primer sampai hutan mangrove.

Potensi sumber daya hutan di wilayah Indonesia sangat besar, yaitu mencapai 99,6 juta hektar atau 52,3% dari seluruh luas wilayah Indonesia (Kemenhut, 2011). Luas hutan yang besar tersebut saat ini masih dapat dijumpai di Kalimantan, Papua, Sulawesi, dan Sumatra. Di Jawa, luas hutan telah mengalami banyak penurunan karena terjadi alih fungsi untuk pertanian dan permukiman penduduk. Sementara itu, di Sumatra dan Kalimantan banyak dijumpai alih fungsi hutan menjadi pertanian dan perkebunan.
Potensi Sumber Daya Hutan di Indonesia
Potensi Sumber Daya Hutan

Selain hutannya yang sangat luas, hutan Indonesia juga menyimpan beragam kekayaan flora dan fauna atau keanekaragaman hayati yang sangat besar. Bahkan, banyak di antaranya merupakan spesies endemik atau hanya ditemukan di Indonesia, tidak ada ditemukan di tempat lainnya

Hasil hutan sebagai salah satu potensi sumber daya hutan, sebenarnya tidak hanya sekadar kayu. Hutan tropis yang dimiliki Indonesia juga menghasilkan beragam buah-buahan dan tumbuhan obat-obatan. Namun demikian, hasil hutan yang banyak dikenal penduduk adalah sebagai sumber kayu. Setidaknya terdapat 4 ribu jenis kayu yang 267 jenis di antaranya merupakan kayu yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Secara umum, jenis-jenis kayu dan sebarannya adalah sebagai berikut.
  1. Kayu meranti, keruing, agathis dihasilkan terutama di Sulawesi, Papua,  dan Kalimantan. 
  2. Kayu jati banyak dihasilkan terutama di Jawa Tengah. 
  3. Rotan banyak dihasilkan di Kalimantan, Sumatra Barat dan Sumatra Utara. 
  4. Kayu cendana banyak dihasilkan di NTT. 
  5. Kayu akasia dan rasamala banyak dihasilkan di Jawa Barat. 

Potensi Sumber Daya Hutan di Indonesia
Hutan Gundul
Mengapa kita harus menyelamatkan hutan?
Lihat gambar hutan gundul disamping, hutan yang kita miliki saat ini ternyata telah mengalami banyak kerusakan. Ini berarti potensi sumber daya hutan Indonesia berkurang. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kementerian Kehutanan, laju kerusakan hutan kita mencapai 300 ribu ha/tahun. Akibatnya, banyak spesies tumbuhan dan hewan yang terancam punah, bahkan beberapa di antaranya dianggap punah. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus, bukan tidak mungkin pada masa yang akan datang hutan kita akan habis. Padahal, hutan memiliki banyak manfaat atau fungsi, yaitu seperti berikut. 
  1. Tempat menyimpan air hujan dan kemudian mengalirkannya ke sungai-sungai dan danau hingga pada musim kemarau daerah tersebut tidak mengalami kekeringan.
  2. Tempat hidup bagi flora dan fauna yang menjadi sumber makanan dan obat-obatan pada saat ini maupun pada masa yang akan datang. 
  3. Mencegah terjadinya erosi atau pengikisan karena air hujan tidak langsung jatuh ke tanah yang mengakibatkan kikisan tanah-tanah yang subur.
  4. Menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida sehingga suhu bumi jadi lebih terkendali.
  5. Sumber kehidupan bagi masyarakat, khususnya penduduk sekitar hutan dari produk yang dihasilkannya. 
Mari menjaga hutan kita bersama-sama sehingga potensi sumber daya hutan Indonesia tidak terus berkurang dan dapat dinikmati oleh bangsa Indonesia selamanya.




5 comments:

  1. Wah bagus bet,makasih y jadi membantu buat ngerjain tugas

    ReplyDelete
  2. Wah bagus bet,makasih y jadi membantu buat ngerjain tugas

    ReplyDelete
  3. Bagus banget pokoknya artikel nya

    ReplyDelete
  4. makasih bagus buat power point kurasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liat juga ya artikel saya ini link nya :) http://blogsambilbelajar.blogspot.co.id/2017/12/sumber-daya-hutan-1.html

      Delete