Friday, 29 August 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Indonesia

Materi IPS Kelas 7 : Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Walaupun suatu negara memiliki Sumber daya alam yang berlimpah, belum tentu hal itu dapat memberikan manfaat besar bagi penduduknya jika tidak dikelola dengan baik. Beberapa fakta telah menunjukkan bahwa negara-negara yang kaya sumber daya alamnya masih tertinggal keadaan ekonominya jika dibandingkan dengan negara-negara lain yang justru sumber daya alamnya terbatas. Sebagai contoh, negara Jepang memiliki luas wilayah dan kekayaan alam yang terbatas, tetapi Jepang menjadi negara maju di dunia, lebih maju dari Indonesia yang memiliki SDA yang melimpah ruah. Oleh karena itu, pemanfaatan sumber daya alam harus dilakukan secara maksimal dengan berbagai upaya.

Secara alamiah, penduduk memanfaatkan potensi sumber daya alam dalam berbagai bentuk aktivitas sesuai dengan sumber daya alam yang dimilikinya, aktivitas dalam memanfaatkan sumber daya alam dapat dibagi ke dalam enam aktivitas, yaitu  (1) pertanian, (2) perkebunan, (3) peternakan, (4) perikanan, (5) pertambangan, dan (6) kehutanan.

1.Aktivitas Pertanian

Di Indonesia, aktivitas pertanian merupakan aktivitas utama yang dilakukan oleh sebagian besar penduduknya. Keadaan tanah yang subur dan di dukung iklimnya membuat penduduk Indonesia banyak mencari nafkah pada aktivitas pertanian. Aktivitas pertanian di Indonesia secara umum dapat dibagi atas :

a.Pertanian Lahan Basah
Pertanian lahan basah atau biasa disebut juga pertanian sawah banyak dilakukan oleh petani di Indonesia. Pertanian lahan basah sangat baik jika dikembangkan di dataran rendah yang memiliki ketinggian kurang dari 300 meter. Pada daerah tersebut, Ketersediaan air mencukupi dari sungai-sungai atau saluran irigasi yang berada di sekitarnya. Jenis tanaman yang umumnya dibudidayakan pada lahan ini adalah padi.

b.Pertanian Lahan Kering
Pertanian lahan kering adalah bentuk pertanian yang pengelolaannya mengandalkan air hujan. Sebab itu, pertanian lahan kering dilakukan pada saat musim hujan. Sementara itu, lahan dibiarkan tidak ditanami pada musim kemarau, karena tidak adanya pasokan air. Pertanian ini banyak dikembangkan di daerah yang memiliki ketinggian 500-1.500 meter. Dengan suhu udara yang cukup sejuk. Tanaman yang cocok untuk lahan kering adalah  palawija, sayuran, dan buah-buahan.

2.Aktivitas Perkebunan

Perkebunan adalah aktivitas budi daya tanaman tertentu pada suatu lahan yang relatif luas. Maksud dari tanaman tertentu adalah tanaman semusim dan atau tanaman tahunan yang jenis pengelolaannya ditetapkan sebagai tanaman perkebunan (UU No. 18 Tahun 2004). Perkebunan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu perkebunan besar dan perkebunan rakyat. Perkebunan besar dikelola oleh perusahaan-perusahaan yang berbadan hukum. Sementara itu, perkebunan rakyat merupakan perkebunan yang diselenggarakan oleh rakyat. Perkebunan rakyat luas lahannya lebih kecil daripada luas lahan perkebunan besar.

Perkebunan bertujuan untuk menghasilkan komoditas pertanian dalam jumlah besar. Dengan alasan efektifitas, aktivitas perkebunan disertai dengan industri pengolahan hasil perkebunan yang sengaja dibangun di area perkebunan. Komoditas yang dihasilkan biasanya diolah dan dikemas terlebih dahulu sebelum dijual ke konsumen. Komoditas perkebunan yang berkembang di Indonesia di antaranya adalah teh, kopi, cokelat, karet, kelapa, dan kelapa sawit. 

Amatilah daerah penghasil perkebunan di Indonesia dan di daerahmu! Mampukah hasil perkebunan tersebut dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat? Indonesia sejak dahulu telah dikenal sebagai penghasil berbagai komoditas perkebunan. Kepulauan Indonesia dikenal oleh dunia sebagai daerah penghasil rempah-rempah terbesar di dunia. Hal ini mengundang banyak pedagang dari berbagai belahan penjuru dunia datang ke Indonesia untuk membeli rempah-rempah Indonesia dan dijual kembali ke daerah asal mereka, termasuklah para pedagang dari negeri Arab, Persia, dan Gujarat. Bangsa Eropa juga pernah datang ke Indonesia dengan tujuan mencari rempah-rempah walaupun melakukan perjalanan yang sangat jauh untuk memperoleh rempah-rempah dari Indonesia. Saat ini Indonesia menjadi penghasil sejumlah komoditas perkebunan, seperti tebu, teh, tembakau, kopi, kelapa sawit, cengkih, kelapa, pala, karet, vanili, lada, dan cokelat.

3. Aktivitas Peternakan

Perhatikan aktivitas peternakan di daerahmu. Hewan ternak apa saja yang dibudidayakan di Indonesia? Budi daya peternakan yang dikembangkan di Indonesia di antaranya sapi, kerbau, kuda, babi. Selain itu, masih banyak ternak lainnya yang dikembangkan oleh penduduk secara mandiri, misalnya ayam, kambing, domba, dan lain-lain.

Di tengah tekanan yang menimpa berbagai sektor industri di Indonesia, sektor peternakan unggas tetap mampu bertahan. Industri peternakan unggas di Indonesia sepanjang 2010 lalu menunjukkan kinerja yang cukup bagus. Bahkan dalam tahun 2011 saat krisis global yang belum berlalu dan saat  terjadi penurunan daya beli yang lalu mendorong substitusi pangan ke produk unggas, industri perunggasan masih mampu bertahan. Produk unggas yang tetap bertahan di tengah krisis adalah telur, yang termasuk sebagai protein hewani yang harganya relative lebih murah dibandingkan dengan harga daging sapi.

Walaupun demikian bukan berarti tidak ada masalah yang dihadapi industri  perunggasan penghasil telur. Berdasarkan pada masalah peternak ayam dalam menghadapi ketidakstabilan harga telur yang berlangsung sejak beberapa tahun lalu, kita melihat ada tiga penyebabnya yang perlu dicermati untuk memecahkan masalah itu. Masalah pertama adalah di beberapa waktu tertentu terjadinya kelebihan pasokan yang tidak diimbangi penyerapan pasar yang jelas, sebaliknya diwaktu yang lain pasokan telur berkurang sehingga harga telur naik. Kedua, rendahnya daya beli masyarakat Indonesia yang mengakibatkan kurangnya daya serap dan penigkatan produksi pada produk peternakan ini. Dan ketiga, terdesaknya pasar telur segar oleh telur olahan impor dalam bentuk tepung telur yang akhir-akhir ini banyak dimanfaatkan industri makanan dan perhotelan sebab lebih praktis dan daya tahannya lebih lama. Apabila ketidakstabilan harga telur tidak cepat diantisipasi dengan menempuh langkah-langkah yang terencana dan dilakukan secara bersama, maka akan sulit untuk peternak untuk mempertahankan usaha yang sudah mereka geluti selama ini.

4. Aktivitas Perikanan

Pemanfaatan Sumber Daya Alam di IndonesiaIndonesia memiliki Sumber daya perairan yang sangat berlimpah. Curah hujan yang cukup tinggi membuat banyak wilayah yang memiliki sungai, danau, dan waduk. Tempat-tempat tersebut sebagian telah dimanfaatkan oleh penduduk untuk aktivitas perikanan. Tentu saja sumber daya alam perikanan yang jauh lebih besar adalah sumber daya alam yang ada di laut. Luas laut yang sangat besar atau dua per tiga dari luas wilayah Indonesia, menyimpan berbagai kekayaan alam, khususnya ikan. Tidak salah jika pemerintah Indonesia dibawah kepresidenan bapak Jokowi berkeinginan untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Sudah sejak lama aktivitas pemanfaatan sumber daya laut dilakukan oleh para nelayan. Mereka menemukan lokasi-lokasi yang banyak ikannya dengan bermodalkan pengetahuan dan pengalamannya. Namun, karena perahu yang dimiliki masih sederhana dan ukurannya relatif kecil, umumnya mereka mencari ikan di tempat yang tidak terlampau jauh dari pantai dan hasilnya tidak terlampau banyak. Selain itu, banyak di antara para nelayan yang tidak memiliki perahu sendiri atau menyewa pada pemilik perahu. Akibat hal tersebut kondisi sosial ekonomi nelayan di Indonesia tergolong masih rendah.

5.Aktivitas Pertambangan

Sebelumnya, kita sudah membahas tentang jenis-jenis barang tambang penting yang ada di Indonesia. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang aktivitas pertambangan, baik yang dilakukan oleh perusahaan pertambangan maupun  secara perorangan oleh rakyat.
Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Indonesia
Perusahaan pertambangan dikelola oleh pemerintah maupun swasta. Banyak perusahaan swasta dari luar Indonesia yang juga ikut serta melakukan aktivitas penambangan dengan perjanjian tertentu dan sistem bagi hasil dengan pemeritah Indonesia.

Minyak bumi dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, baik skala besar seperti PLN, maupun untuk rumah tangga, industri, kendaraan bermotor. Selain dimanfaatkan untuk konsumsi dalam negeri. produksi minyak bumi dan gas alam Indonesia juga diekspor ke berbagai negara lain.

6.Aktivitas Kehutanan

Sumber daya alam hutan merupakan sumber daya alam yang juga sangat berlimpah di Indonesia. Hutan dimanfaatkan penduduk untuk berbagai keperluan, baik sebagai sumber pangan, penghasil kayu bangunan ataupun sebagai sumber tambang dan mineral berharga. Pemanfaatan hutan selanjutnya dilakukan secara intensif dengan mengambil secara besar-besaran sumber daya yang ada di dalamnya.

Salah satu permasalahan pada sektor kehutanan adalah kurang terbukanya informasi tentang aktivitas-aktivitas yang dilakukan pada sektor ini. Membuka informasi ini enggan dilakukan perusahaan-perusahaan di sektor kehutanan. Keengganan ini lalu berakibat pada tertutupnya informasi dari pihak lembaga verifikasi dan lembaga penilai. Tentu saja kondisi ini sangat memprihatinkan untuk upaya pelestarian hutan di Indonesia. Bagaimana mungkin aktivitas penebangan hutan dapat diawasi dengan baik jika data dan informasi penting yang terkait dengan aktivitas usaha kehutanan tidak dapat diakses oleh publik.




5 comments: