Sunday, 24 August 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Faktor Penyebab Meletusnya Perang Dunia II. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Faktor Penyebab Meletusnya Perang Dunia II

Materi IPS Kelas 9 : Faktor Penyebab Meletusnya Perang Dunia II

Perang Dunia II atau biasa disingkat dengan PDII atau PD2 adalah sebuah perang dunia secara global yang berlangsung mulai dari tahun 1939 sampai tahun 1945. Perang tersebut banyak sekali melibatkan negara-negara di dunia, yang pada akhirnya terbentuk dua aliansi militer yang saling bertentangan, yaitu "Sekutu" dan "Poros". Perang dunia II adalah perang terluas dalam sejarah dunia, lebih dari 100 juta manusia terlibat di berbagai pasukan dalam berbagai pertempuran. Dalam perang yang mengerikan ini, negara-negara besar mengeluarkan seluruh sumber daya ekonomi, industri, maupun sumber daya ilmiahnya untuk keperluan perang tersebut, hingga hampir tak ada lagi perbedaan antara sumber daya sipil dan militer. Ditandai dengan sejumlah peristiwa penting yang menjadi sebab kematian massal warga sipil, termasuk penggunaan "Holocaust" serta penggunaan senjata nuklir dalam peperangan, Akibatnya, lebih dari 50 juta jiwa tewas sia-sia akibat perang ini. Jumlah kematian tersebut menjadikan Perang Dunia II sebagai peristiwa paling mematikan disepanjang sejarah peradaban umat manusia.

Perang Dunia II terjadi dari mulai tanggal 1 September 1939 sampai 14 Agustus 1945. Perang Dunia II terjadi di 3 benua, yaitu Benua Afrika, Benua Asia, dan Benua Eropa. Perang Dunia II adalah perang paling dahsyat yang pernah terjadi di muka bumi. Banyak negara yang mengalami kehancuran dan hanya hidup dalam penjajahan negara lain. Tidak kurang dari 50 juta orang tewas dalam perang antarbangsa ini.

a. Sebab Umum Perang Dunia II
Sebab umum Perang Dunia II adalah gagalnya Liga Bangsa-Bangsa (sekarang PBB) dalam menjaga perdamaian dunia. Perlombaan senjata di setiap negara masih terjadi sejak berakhirnya Perang Dunia I. Perlombaan membangun senjata ini mendorong terjadinya kolonialisme yang bertujuan untuk memperoleh bahan mentah. Sejumlah negara di Eropa membentuk blok dalam menjalankan politik aliansi. Politik tersebut dijalankan untuk membalas kekalahan (revanche idea) mereka dalam Perang Dunia pertama. Ada blok Prancis (demokrasi), ada blok Jerman (fasis), dan juga ada blok Rusia (komunis).

b. Sebab Khusus Perang Dunia II
Faktor Penyebab Meletusnya Perang Dunia IIPemicu meletusnya Perang Dunia II dimulai saat Jerman menyerbu negara Polandia ditahun 1939, tepatnya pada tanggal 1 September 1939. Jerman menuntut dikembalinya wilayah Danzig yang dikuasai Liga Bangsa-Bangsa. Namun Polandia menolak tuntutan Jerman tersebut, bahkan Polandia membentuk aliansi bersama dengan Inggris, Prancis, Rumania, dan Yunani. Jerman menjawabnya dengan beraliansi dengan Rusia dan menyerang Polandia.

c. Kronologi Perang Dunia II
Secara umum, Perang Dunia II terjadi dalam tiga tahap:

  1. Tahap permulaan (1939–1942) ketika blok Sentral menang dan blok Sekutu kalah.
  2. Titik balik (turning point) tahun 1942.
  3. Tahap akhir (1942–1945) ketika blok Sentral kalah dan blok Sekutu menang.

Dalam Perang Dunia II ini, pasukan Inggris dipimpin oleh Sir Winston Churchill yang menggantikan Arthur Neville Chamberlain. Pasukan Prancis dipimpin oleh Jenderal Gamelin yang akhirnya digantikan oleh Jenderal Charles de Gaulle, sedangkan Amerika Serikat dipimpin Jenderal Eisenhower sebagai panglima Mandala di Eropa.

1) Tahap Permulaan
Pada tanggal 1 September 1939 pasukan Jerman menyerbu Polandia. Penyerbuan pasukan Hitler ini dikenal dengan Blitzkrieg atau Perang Kilat. (Kata blitzkrieg berasal dari bahasa Jerman, blitz yang artinya kilat dan krieg yang artinya perang). Tentara Jerman berhasil menguasai wilayah Eropa dengan menggunakan strategi ini. Ciri khas dari strategi ini adalah mulai digunakannya tank dan panser guna mendukung pergerakan pasukan.

Pasukan Jerman menyerbu Denmark dan Norwegia (9 April 1940) dengan cepat serta menguasai Belgia dan Belanda tanggal 10 Mei 1940. Pada tanggal 6 April 1941 pasukan Hitler ini menyerang Yunani dan Yugoslavia. Uni Soviet diserang pada tanggal 22 Juni 1941 dan Hitler memerintahkan pasukannya merebut Stalingrad pada tanggal 25 Agustus 1942.
Faktor Penyebab Meletusnya Perang Dunia II

2) Tahap Titik Balik
Titik balik peperangan mulai terjadi saat pasukan Inggris menyerang kedudukan pasukan Sentral di El Alamein, Mesir pada tanggal 23 Oktober 1942. Kemudian pasukan Sekutu mendarat di Aljazair dan Maroko pada tanggal 8 November 1942. Pasukan Jerman akhirnya menyerah di Stalingrad pada tanggal 2 Februari 1943 dan pasukan Sentral menyerah di Afrika Utara pada tanggal 13 Mei 1943. Berikutnya pasukan Jerman menyerang Kota Kursk, Uni Soviet pada tanggal 4 Juli 1943. Banyak tentara Uni Soviet gugur dalam peperangan di kota tersebut. Pada tanggal 10 Juli 1943 pasukan Sekutu menyerang Sicilia dan Italia menyerah kepada Sekutu tanggal 3 September 1943. Pasukan Sekutu mendarat di Salerno, Italia pada tanggal 9 September 1943.

3) Tahap Akhir
Ptanggal 6 Juni 1944, Pasukan Sekutu mendarat secara besar-besaran di Normandia, Prancis. Peristiwa itu terkenal dengan sebutan D-Day. Operasi mendaratnya pasukan Sekutu hingga kini merupakan peristiwa invasi laut terbesar dalam sejarah. Hampir tiga juta pasukan menyeberangi Selat Inggris dari Inggris menuju ke Prancis yang diduduki oleh tentara Nazi pimpinan Hitler. Pertempuran untuk menguasai Normandia ini berlangsung sampai selama lebih dari 2 bulan. Invasi ini berakhir dengan dibebaskannya kota Paris serta jatuhnya kantong Falaise pada akhir bulan Agustus 1944.

Karena kekalahannya, Hitler akhirnya bunuh diri bersama Eva Braun istrinya di Berlin tanggal 30 April 1945. Hitler bunuh diri di dalam bunkernya tidak beberapa lama setelah menyalami pasukannya yang masih setia. Perang Dunia II akhirnya berakhir, hal itu terjadi setelah Jerman menyerah tanpa syarat di Reims, Prancis pada tanggal 7 Mei 1945.

Setelah membaca artikel ini, semoga kalian sudah bisa mengerti faktor penyebab meletusnya Perang Dunia II





2 comments:

  1. Pecicilannya Jepang kok gak ada critanya..?

    ReplyDelete
  2. terlalu singkat menjelaskanya brother

    ReplyDelete