Thursday 7 August 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Keunggulan Lokasi dan Kehidupan Masyarakat Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Keunggulan Lokasi dan Kehidupan Masyarakat Indonesia

Materi IPS SMP kelas 8
Tema 1 : Keunggulan Lokasi dan Kehidupan Masyarakat Indonesia

Keunggulan Lokasi dan Kehidupan Masyarakat Indonesia
Peta Konsep : Keunggulan Lokasi dan Kehidupan Masyarakat Indonesia

TUJUAN materi Keunggulan Lokasi dan Kehidupan Masyarakat Indonesia

Setelah mempelajari uraian pada tema ini, diharapkan siswa mampu:
  1. Menjelaskan keunggulan lokasi Indonesia, baik ditinjau dari kondisi iklim, geostrategis, dan tanah.
  2. Menganalisis pengaruh keunggulan lokasi terhadap kegiatan ekonomi, transportasi, dan komunikasi masyarakat Indonesia
  3. Menganalisis pengaruh keunggulan lokasi terhadap kolonialisme Barat di Indonesia.


Pada saat kelas VII, kita telah mempelajari tentang lokasi/letak yang meliputi iklim dan kondisi tanah di Indonesia. Pada tema ini kita akan mempelajari keunggulan lokasi Indonesia dilihat dari kondisi iklim, geostrategis, dan kondisi tanah serta pengaruh keunggulan lokasi tersebut terhadap kegiatan ekonomi, transportasi, komunikasi, dan terjadinya kolonialisme di Indonesia. 

Negara Indonesia terletak di daerah tropis atau lintang rendah, sehingga mengakibatkan penyinaran matahari berlangsung sepanjang tahun, dengan jumlah penyinaran yang hampir sama untuk setiap hari. Tingginya intensitas sinar matahari menjadi penyebab Indonesia beriklim tropis. Iklim di Indonesia juga dipengaruhi oleh lokasi kepulauan Indonesia yang diapit oleh dua benua (benua Asia dan Australia), sehingga menyebabkan negara Indonesia memiliki iklim musim/muson. 

Indonesia juga secara geografis memiliki letak yang strategis, karena selain terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia juga diapit oleh dua samudera yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Posisi tersebut memberikan nilai tambah bagi Indonesia untuk melakukan hubungan perdagangan internasional dengan negara lain di dunia. Selain itu, kita juga tahu bahwa negara Indonesia memiliki kondisi tanah yang sangat subur. 

Kondisi geografis Indonesia tentu berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, dan konsumsi), transportasi dan komunikasi. Wilayah Indonesia yang luas menyebabkan perbedaan keunggulan lokasi suatu daerah. Kondisi tersebut menyebabkan terjadinya saling ketergantungan, saling membutuhkan atau dengan kata lain terjadi konektivitas antarruang dan waktu. Berbagai keunggulan lokasi Indonesia juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kolonialisme di Indonesia pada masa lalu. Kondisi saling ketergantungan antarwilayah di Indonesia sebenarnya sudah terjadi sejak masa lalu hingga saat ini, dan akan terus berlangsung untuk waktu-waktu yang akan datang. 

Pengaruh keunggulan lokasi dan kehidupan masyarakat Indonesia, akan diuraikan pada tema berikut ini. Uraian pada tema ini dibagi menjadi 3 subtema yang meliputi: 1) keunggulan lokasi Indonesia (iklim, geostrategis, kondisi tanah), 2) pengaruh keunggulan lokasi terhadap kegiatan ekonomi, transportasi, dan komunikasi, dan 3) pengaruh keunggulan lokasi terhadap kolonialisme Barat di Indonesia.


Rangkuman Keunggulan Lokasi dan Kehidupan Masyarakat Indonesia

Secara astronomis, Indonesia terletak di garis katulistiwa 6°LU – 11° LS dan antara 95° BT – 141° BT. Sedangkan secara geografis Indonesia terletak di antara dua Samudera Pasifik dan Hindia dan dua benua yaitu Benua Asia dan Australia. Keunggulan lokasi Indonesia berpengaruh pada iklim, geostrategis, dan kondisi tanah. Hal tersebut di atas memberikan keuntungan yang sangat besar bagi sejarah perjalanan bangsa Indonesia sejak dahulu sampai saat ini. 

Indonesia memiliki iklim tropis akibat dari letaknya yang berada di garis khatulistiwa. Setiap tahun Indonesia mengalami 2 musim, yaitu musim kemarau dan penghujan. Pergantian musim di Indonesia dipengaruhi oleh angin muson barat dan timur. Kondisi iklim muson tropis sangat berpengaruh terhadap kondisi tanah wilayah Indonesia. Kondisi tanah di Indonesia secara langsung berpengaruh pada kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia. Di Indonesia, kegiatan pertanian dan perkebunan berkembang pesat di berbagai daerah. 

Selain berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi, keunggulan lokasi negara Indonesia juga berpengaruh terhadap kegiatan transportasi dan komunikasi. Adanya kekhasan kekayaan masyarakat di berbagai daerah di Indonesia menyebabkan terjadinya hubungan saling membutuhkan dan ketergantungan diantara mereka.

Hal ini tentu berdampak pada kegiatan ekonomi yang semakin bervariasi. Distribusi barang dan jasa terjadi antarpulau. Kegiatan ekonomi tersebut mempengaruhi dan dipengaruhi oleh kegiatan transportasi dan komunikasi. Transportasi darat, air, dan udara berkembang pesat di Indonesia untuk mendukung mobilitas manusia serta distribusi barang antar pulau. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi semakin mendukung terjadinya kegiatan ekonomi masyarakat. Namun demikian, bangsa Indonesia harus selalu waspada, karena kemajuan transportasi, teknologi informasi dan komunikasi juga dapat membawa dampak buruk terutama pengaruh asing yang negatif. 

Keunggulan lokasi yang dimiliki Indonesia juga membawa pengaruh terhadap kedatangan bangsa-bangsa Barat di Indonesia pada masa lalu. Salah satu dampak kedatangan mereka adalah terjadinya penjajahan di Indonesia. Sejak zaman dahulu kekayaan alam Indonesia memang telah lama tersohor hingga ke berbagai belahan dunia. Kondisi ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi bangsa asing. Indonesia dikenal sebagai produsen rempah-rempah yang sangat dibutuhkan oleh negara-negara barat. Penjajahan bangsa-bangsa Barat di Indonesia mendapat perlawanan yang gigih dari rakyat Indonesia di berbagai daerah. 


Refleksi dan Tindak Lanjut materi Keunggulan Lokasi dan Kehidupan Masyarakat Indonesia


Apakah kalian telah memahami pengaruh keunggulan lokasi Indonesia terhadap kegiatan ekonomi, transportasi, dan komunikasi? Apakah kalian memahami bahwa keunggulan lokasi tersebut juga berpengaruh terhadap kolonialisme pada masa lalu? Wilayah Indonesia memiliki keunggulan lokasi yang sangat bermanfaat untuk memajukan pembangunan nasional. Karena itu, bangsa Indonesia harus selalu menjaga kelastarian dan memanfaatkan secara optimal pengaruh keunggulan lokasi tersebut. Untuk memperdalam pemahaman dan kemampuanmu dalam memanfaatkan keunggulan lokasi, kalian dapat mempelajari pada sumber-sumber yang lain. Kamu juga dapat menerapkan makna pengaruh keunggulan lokasi tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya kalian dapat mempelajari tema berikutnya. Apabila kalian masih kesulitan memahami beberapa materi, kalian dapat menanyakan kepada guru, teman-temanmu, atau orang tuamu yang telah paham.




No comments:

Post a Comment