Thursday 7 August 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Jumlah dan Pertumbuhan Penduduk Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Jumlah dan Pertumbuhan Penduduk Indonesia

Materi IPS SMP Kelas 8 :  Jumlah dan Pertumbuhan Penduduk Indonesia

Pada peta konsep pada gambar di bawah, tampak bahwa dinamika kependudukan dan pembangunan nasional mencakup: 1) jumlah dan pertumbuhan penduduk, 2) komposisi penduduk, 3) persebaran dan migrasi penduduk, 4) kualitas penduduk dan pembangunan, dan 5) pergerakan nasional. 

Bagaimanakah keadaan penduduk Indonesia saat ini ? Pada artikel ini kita akan membahas tentang Jumlah dan Pertumbuhan Penduduk terutama penduduk Indonesia. Sedangkan pertumbuhan penduduk negara lain dapat dilihat pada artikel Pertumbuhan Penduduk Amerika Serikat dan Jepang.


Jumlah dan Pertumbuhan Penduduk Indonesia
Peta Konsep Jumlah dan Pertumbuhan, Komposisi, serta Persebaran dan Migrasi Penduduk

a. Jumlah Penduduk

Terkait dengan dinamika kependudukan dalam pembangunan nasional, pertanyaan yang pertama kali muncul biasanya adalah berapakah sebenarnya jumlah penduduk Indonesia saat ini? 

Jumlah penduduk suatu negara misalnya Indonesia, atau penduduk di suatu wilayah selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu karena pertumbuhan penduduk pada wilayah tersebut. Sebagai contoh, hasil sensus penduduk yang pertama kali diadakan di Indonesia pada tahun 1930, ketika kita masih berada di bawah penjajahan Belanda, penduduk nusantara hanya berjumlah 60,7 juta jiwa. 

Hasil sensus sangat berguna untuk memperlihatkan pertumbuhan penduduk di suatu negara atau wilayah tertentu. Menyadari hal itu, setelah Indonesia merdeka, pemerintah Indonesia, juga mengadakan sensus penduduk pertama setelah Indonesia merdeka pada tahun 1961. Hasil sensus penduduk tahun 1961 sebagai sensus penduduk pertama yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia menunjukkan bahwa penduduk Indonesia berjumlah 97,1 juta jiwa. Sensus penduduk yang ke dua diadakan oleh pemerintah pada tahun 1971. Hasil sensus penduduk tahun 1971 menunjukkan penduduk Indonesia sebanyak 119,2 juta jiwa. Pemerintah mengadakan sensus penduduk yang ke tiga pada tahun 1980 , hasilnya menunjukkan jumlah penduduk Indonesia sebanyak 146,9 juta jiwa. Sensus penduduk keempat yang dilaksanakan pada tahun 1990 menunjukkan jumlah penduduk Indonesia saat itu sebanyak 178,6 juta jiwa. Sensus penduduk ke lima diadakan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 2000, data sensus saat itu menunjukkan penduduk Indonesia berjumlah 205,1 juta jiwa. Sedangkan sensus penduduk ke enam yang diadakan pada tahun 2010 menunjukkan jumlah penduduk Indonesia sebanyak 237,6 juta jiwa.

Jumlah dan Pertumbuhan Penduduk Indonesia
Indonesia termasuk negara dengan jumlah dan pertumbuhan penduduk yang besar dan berpenduduk banyak. Indonesia juga terdiri atas ribuan pulau, beragam budaya, ratusan suku, dan ratusan bahasa daerah. Hal ini pula yang menjadi keunggulan Indonesia dilihat dari segi kependudukannya. Pada tahun 2013, Indonesia tidak memiliki kegiatan pemutakhiran data penduduk, karena biasanya sensus diadakan setiap 10 tahun sekali. Namun dengan menggunakan angka pertumbuhan penduduk di Indonesia, diperkirakan jumlah keseluruhan penduduk Indonesia pada tahun 2013 sebesar 250 juta jiwa dengan pertumbuhan penduduk sebesar 1,49% per tahun. Keadaan jumlah penduduk sebesar itu, tentu memerlukan perhatian yang besar dari pemerintah/negara atau lembaga terkait untuk dapat memenuhi kebutuhan penduduknya, agar jumlah penduduk yang besar ini dapat berperan sebagai sumber daya pembangunan di tanah air. Jumlah penduduk di setiap wilayah/provinsi maupun pulau juga berbeda-beda, demikian juga dengan angka pertumbuhan yang berbeda pula.

Pertumbuhan penduduk Indonesia semakin tahun semakin bertambah jumlahnya. Jumlah penduduk Indonesia mengalami kenaikan dari tahun 1971 sampai tahun 1980 sebanyak 28.282.069 jiwa (23,72%). Secara keseluruhan rata-rata kenaikan jumlah penduduk setiap 10 tahun hampir mencapai 20%. Perlu diketahui bahwa menurut perkiraan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional, jumlah penduduk Indonesia akan menjadi 250 juta jiwa pada tahun 2014 dengan pertumbuhan penduduk 1,49 persen per tahun. Salah satu penyebab bertambahnya jumlah penduduk adalah tingginya tingkat kelahiran. 

Jumlah penduduk yang begitu besar di Indonesia menjadi permasalahan serius terutama di daerah perkotaan. Karena semakin besar jumlah dan pertumbuhan penduduk, semakin banyak pula permasalahan yang dihadapi oleh suatu daerah. Sebagai contoh dengan pertambahan jumlah penduduk tentu harus dibarengi dengan penambahan berbagai sarana dan prasarana yang dibutuhkan. 

Pengendalian jumlah penduduk perlu dilakukan oleh pemerintah, supaya negara dapat membuat perencanaan pembangunan yang baik. Salah satu tahapan dalam pengendalian jumlah penduduk adalah harus diawali dengan mengetahui jumlah dan pertumbuhan penduduk. Jumlah penduduk suatu negara dapat diketahui berdasarkan sensus penduduk yang biasanya diadakan setiap 10 tahun sekali. Sensus penduduk (cacah jiwa) adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah dalam rangka pengumpulan, pengolahan, penyajian dan penyebarluasan data kependudukan. Dari hasil sensus tersebut, diperoleh data jumlah penduduk Indonesia dari tahun ke tahun, atau dari dasawarsa (10 tahun) ke dasawarsa berikutnya. 

Informasi tentang jumlah dan pertumbuhan penduduk di suatu wilayah tentu sangat diperlukan untuk merancang pembangunan. Bertambahnya jumlah penduduk berakibat pada menjadi semakin sempitnya kesempatan memperoleh pekerjaan. Keadaan tersebut dapat memicu terjadinya kemiskinan. Informasi tentang jumlah dan pertumbuhan penduduk Indonesia secara menyeluruh sangat diperlukan untuk menetapkan prioritas pembangunan nasional.

Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan akibat jumlah dan pertumbuhan penduduk Indonesia yang besar dapat dilakukan adalah dengan menciptakan lapangan kerja yang luas. Siapa yang harus menciptakan lapangan kerja? Tentu saja pemerintah bersama-sama dengan masyarakat. Suatu ketika kalian harus mampu menciptakan lapangan kerja, sehingga bisa berpartisipasi memberantas pengangguran. Karena itu kalian harus latihan berwirausaha sejak sekarang. 

Kita telah mempelajari jumlah dan pertumbuhan penduduk Indonesia. Jumlah penduduk di Indonesia dari tahun ke tahun selalu meningkat dan bertambah banyak. Kita dapat memperkirakan bagaimana jumlah penduduk Indonesia 10 tahun yang akan datang, bahkan 50, atau 100 tahun yang akan datang. Bagaimana caranya? Salah satu cara mudah untuk mengetahui jumlah penduduk pada masa yang akan datang adalah dengan melihat statistik angka pertumbuhan penduduk dari waktu ke waktu. Dengan melihat pertumbuhan penduduk setiap periode, kita dapat memperkirakan bagaimana jumlah penduduk pada waktu yang akan datang.

Baca juga : jumlah penduduk Malaysia

b. Pertumbuhan Penduduk 

Mengapa terjadi pertumbuhan penduduk? Pertumbuhan penduduk terjadi disebabkan oleh pertambahan atau pengurangan jumlah penduduk akibat adanya kelahiran (natalitas), kematian (mortalitas), dan perpindahan penduduk (migrasi). Kelahiran dan kematian merupakan faktor pertumbuhan alami, adapun perpindahan penduduk merupakan faktor pertumbuhan non alami.

1) Pertumbuhan penduduk alami
Pertumbuhan penduduk yang diperoleh dari hasil selisih tingkat kelahiran dengan kematian dalam satu tahun disebut pertumbuhan penduduk alami. Pertumbuhannya dinyatakan dalam perseribu.
Jumlah dan Pertumbuhan Penduduk Indonesia

Kejadian paling sederhana dapat kita lakukan dengan melakukan pengamatan penduduk di lingkungan kita. Dalam satu tahun, berapa terjadi kelahiran, dan berapa terjadi kematian? Misalkan, pada saat ini jumlah penduduk di kampungmu 1000 orang, maka dengan menghitung selisih jumlah kelahiran dan kematian maka kita akan menemukan angka pertumbuhan penduduk di kampungmu. Contoh, jumlah bayi yang lahir 40, penduduk yang meninggal dunia 20. Maka dengan menggunakan rumus di bawah ini pertumbuhan penduduk di kampung adalah 40-20 perseribu, atau 20 perseribu atau 2%.

Adapun perhitungannya dapat digunakan rumus:
P=L–M

P = Pertumbuhan penduduk
L = Lahir
M = Mati
2) Pertumbuhan penduduk non alami
Pertumbuhan penduduk non alami diperoleh dari selisih penduduk yang melakukan imigrasi (migrasi masuk) dengan emigrasi (migrasi keluar). Pertumbuhan penduduk non alami disebut juga dengan pertumbuhan penduduk karena migrasi. Perhitungan penduduk non alami dapat digunakan rumus sebagai berikut:
P=I–E
P = Pertumbuhan penduduk
I = Imigrasi
E = Emigrasi
3) Pertumbuhan penduduk total
Pertumbuhan total adalah pertumbuhan penduduk yang dihitung dari selisih jumlah kelahiran dengan kematian ditambah dengan selisih dari pertumbuhan non alami. Perhitungan penduduk total dapat menggunakan rumus sebagai berikut:
P = (L – M ) + (I – E)
P = jumlah pertumbuhan penduduk dalam satu tahun
L = jumlah kelahiran dalam satu tahun
M= jumlah kematian dalam satu tahun
I = Imigrasi
E = Emigrasi
Laju pertumbuhan penduduk total di Indonesia tidak terlalu banyak berbeda dengan laju pertumbuhan penduduk alami, karena migrasi (baik imigrasi maupun emigrasi) jumlahnya tidak begitu banyak sehingga pengaruhnya sangat kecil dan dapat diabaikan. Pertumbuhan penduduk biasanya dinyatakan dengan angka persen (%) dan biasanya diperhitungkan untuk jangka waktu satu per setiap tahun. Istilah lain yang sering disamakan dengan pertumbuhan penduduk yaitu pertambahan penduduk. Perbedaannya adalah untuk pertambahan penduduk besarannya dinyatakan dengan angka tertentu sedangkan pertumbuhan penduduk dinyatakan dalam persen (%). 

Kelahiran dan kematian adalah faktor utama pertumbuhan penduduk yang dipengaruhi oleh kondisi kesehatan, kualitas lingkungan hidup, dan pendidikan. Kesehatan masyarakat sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan dan kesadaran tentang kesehatan melalui proses pendidikan. 

Lingkungan yang kurang terawat, limbah pabrik yang sudah di atas ambang batas wajar, permukiman yang kumuh, selokan yang tidak terawat dan sebagainya merupakan penyebab datangnya berbagai penyakit. Hal tersebut dapat berdampak pada angka kematian suatu daerah yang dapat menyebabkan pertumbuhan penduduk negatif.

Negara Indonesia memiliki jumlah penduduk yang besar karena jumlah penduduk Indonesia setiap tahun bertambah. Hal tersebut mendorong agar negara Indonesia terus giat meningkatkan kualitas penduduk. Pendidikan merupakan cara yang cocok dan paling strategis untuk meningkatkan kualitas penduduk Indonesia.

Jumlah penduduk Indonesia tahun 2010 tercatat 237,6 juta jiwa dengan laju pertumbuhan 1,49 %. Jika laju pertumbuhan penduduk tetap pada angka 1,49 %, maka pada 2045 jumlah penduduk Indonesia diperkirakan akan mencapai 450 juta jiwa. Pertumbuhan penduduk yang terjadi pada tahun tersebut jauh lebih tinggi dibanding pertumbuhan ideal untuk Indonesia yakni sebesar 0,5%.


Jumlah penduduk Indonesia di Tahun 2014 peringkat 4 jumlah penduduk dunia

Berkaitan dengan keadaan jumlah dan pertumbuhan penduduk Indonesia jika dibandingkan dengan keandaan penduduk di negara-negara lain, Indonesia masih masuk posisi 5 besar negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia (Berdasarkan data dari Departemen Perdagangan AS). Indonesia berada di nomor 4 bersaing dengan negara Brasil di posisi ke-5. China masih menguasai dunia dengan jumlah populasi terbanyak saat ini. China menempati posisi pertama dengan jumlah populasi yang mencapai 1,355 miliar. India berada diposisi kedua dengan memiliki jumlah penduduk mencapai 1,236 miliar. AS masih berada di posisi ketiga dari peringkat negara dengan jumlah penduduk terbanyak dengan jumlah penduduknya yang mencapai 318.892 juta. Indonesia berada di peringkat keempat dengan jumlah penduduk mencapai 253,60 juta jiwa dan disusul Brasil yang mencapai jumlah penduduk sebesar 202,65 juta jiwa.

Jumlah penduduk Indonesia Tahun 2015


Jumlah penduduk Indonesia diperkirakan akan terus bertambah sehingga diproyeksikan pada tahun 2015 penduduk Indonesia berjumlah 255 juta jiwa hingga mencapai 305 juta jiwa pada tahun 2035

Demikianlah, semoga dengan membaca artikel sederhana ini, kalian lebih dapat memahami tentang pertumbuhan penduduk, terutama pertumbuhan penduduk di Indonesia, negara yang kita cintai ini.

Tanya jawab seputar Jumlah dan Pertumbuhan Penduduk Indonesia

Berapakah pertumbuhan penduduk di Indonesia?

Jawaban: Pertumbuhan penduduk di Indonesia pada tahun terakhir yang diketahui (2020) sebesar 0,97%.

Berapa pertumbuhan penduduk total?

Jawaban: Pertumbuhan penduduk total dapat dihitung dengan membandingkan jumlah penduduk pada tahun tertentu dengan jumlah penduduk pada tahun sebelumnya. Data terakhir yang tersedia adalah dari tahun 2020, dengan pertumbuhan penduduk sebesar 0,97% atau sekitar 267 juta jiwa.

Mengapa jumlah penduduk Indonesia dari tahun ke tahun semakin bertambah?

Jawaban: Beberapa faktor yang memengaruhi pertumbuhan penduduk di Indonesia antara lain tingkat kelahiran yang masih tinggi, kenaikan umur harapan hidup, serta penurunan angka kematian akibat kemajuan dalam bidang kesehatan dan teknologi.

Berapa jumlah penduduk Indonesia menurut BPS?

Jawaban: Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2020 jumlah penduduk Indonesia mencapai sekitar 270 juta jiwa.

Apa itu tingkat pertumbuhan penduduk?

Jawaban: Tingkat pertumbuhan penduduk adalah perubahan persentase dalam jumlah penduduk suatu wilayah pada suatu periode tertentu. Biasanya dihitung dengan membandingkan jumlah penduduk pada akhir periode dengan jumlah penduduk pada awal periode.

Apa saja faktor yang memengaruhi laju pertumbuhan penduduk di Indonesia?

Jawaban: Beberapa faktor yang memengaruhi laju pertumbuhan penduduk di Indonesia antara lain tingkat kelahiran, kematian, migrasi, dan kebijakan pemerintah.

Berapakah jumlah penduduk Indonesia 2023?

Jawaban: Saat ini belum ada data resmi yang memperkirakan jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2023. Namun, dengan asumsi tingkat pertumbuhan penduduk yang stabil, jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2023 dapat diperkirakan sekitar 275 juta jiwa.

Apa dampak dari meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia?

Jawaban: Dampak dari meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia antara lain peningkatan permintaan akan sumber daya alam, lingkungan yang semakin terbebani, serta persaingan di pasar tenaga kerja dan ketersediaan perumahan.

Mengapa pertumbuhan penduduk Indonesia sedikit mengalami penurunan?

Jawaban: Beberapa faktor yang memengaruhi penurunan pertumbuhan penduduk Indonesia antara lain kampanye keluarga berencana yang sukses, peningkatan akses dan kualitas pendidikan dan kesehatan, serta migrasi ke luar negeri.

Pada tahun 2000 penduduk Indonesia berjumlah 209.597.000, pertumbuhan penduduk 1,6%, kapan penduduk menjadi dua kali lipat jumlahnya dan berapa jumlahnya?

Jawaban: Untuk menentukan kapan penduduk Indonesia menjadi dua kali lipat jumlahnya dari 209.597.000 pada tahun 2000 dengan tingkat pertumbuhan sebesar 1,6%, dapat menggunakan rumus double time atau waktu ganda, yaitu 70 dibagi dengan tingkat pertumbuhan penduduk (dalam persen). Sehingga, waktu ganda penduduk Indonesia adalah 43,75 tahun. Oleh karena itu, jumlah penduduk Indonesia menjadi dua kali lipat pada tahun 2043 dengan jumlah sekitar 419.194.000 jiwa.

Apa rumus pertumbuhan?

Jawaban: Rumus pertumbuhan penduduk adalah (Jumlah penduduk akhir - Jumlah penduduk awal) / Jumlah penduduk awal x 100%. Contoh: Jika pada tahun 2020 jumlah penduduk Indonesia adalah 270 juta jiwa, dan pada tahun 2010 jumlah penduduknya adalah 237 juta jiwa, maka pertumbuhannya adalah (270-237)/237 x 100% = 13,92%.

Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk?

Jawaban: Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk antara lain tingkat kelahiran, kematian, migrasi, dan kebijakan pemerintah. Tingkat kelahiran dan kematian dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti akses terhadap kesehatan, tingkat pendidikan, dan akses terhadap kontrasepsi. Sedangkan migrasi dapat dipengaruhi oleh faktor ekonomi, sosial, dan politik. Kebijakan pemerintah seperti kebijakan keluarga berencana juga mempengaruhi pertumbuhan penduduk.





3 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Tulisan bermanfaat. Boleh saya tahu judul buku dan dimana dapat membelinya? Terima aksih

    ReplyDelete
  3. Bagaimana cara memantau jumlah penduduk dan pertambahan penduduk ?
    Ada 3 cara untuk memantau jumlah penduduk
    1. sensus penduduk
    2. registrasi
    3. survey

    ReplyDelete