Wednesday, 23 July 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Penyimpangan Sosial Menurut Para Ahli. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pengertian Penyimpangan Sosial Menurut Para Ahli

Berbagai pengertian penyimpangan sosial telah diungkapkan oleh para ahli. Berikut ini, beberapa pendapat ahli tentang penyimpangan sosial.

a. James W. Van Der Zanden
Perilaku menyimpang merupakan perbuatan yang dilakukan oleh sejumlah kelompok. Sementara itu, sebagian anggota masyarakat menilai tindakan tersebut sebagai hal yang tercela dan tidak dapat di teloransi

b. Rober M.Z. Lawang
Perilaku menyimpang adalah semua tindakan yang tidak sesuai dengan norma masyarakat dalam suatu tatanan sistem sosial.

c. Ronald A. Hodert
Penyimpangan sosial adalah tindakan yang melanggar keinginan bersama karena tidak sesuai dengan kebiasaan masyarakat hingga bisa dikenai sanksi

Dari beberapa pendapat dari para ahli tersebut di atas, dapat disimpulkan pengertian penyimpangan sosial adalah "perilaku atau perbuatan yang berada diluar kebiaaan dan peratuaran masyarakat umum".

Secara umum perilaku yang dinilai menyimpang meliputi tindakan berikut ini.

  1. Tindakan nonconform : yaitu perilaku yang tidak sesuai dengan nilai dan norma dalam masyarakat. Contonya Memakai sandal jepit ketika acara resmi
  2. Tindakan antisosial : yaitu tindakan yang lebih memeningkan dirinya sendiri/kelompok daripada kepentingan umum. Contohnya Tidak mau ikut kegiatan gotong royong.
  3. Tindakan kriminal : yaitu tindakan yang secara nyata melanggar aturan hukum resmi yang dapat membahayakan orang lain. Contohnya : Merampok, mencuri, membunuh dan lain-lain.

Pengertian Penyimpangan Sosial Menurut Para Ahli
                                                                             




No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.