Thursday, 10 July 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Pembagian Daerah Waktu di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pembagian Daerah Waktu di Indonesia

Berdasarkan posisi bujurnya, Indonesia terletak diantara 95 derajat BT - 141 derajat BT. Kondisi ini menyebabkan Indonesia terbagi menjadi 3 waktu :


1. Daerah Waktu Indonesia Barat (WIB)
    Daerah waktu Indonesia barat berbatasan dengan garis bujur 105 derajat BT. Daerah ini berselisih waktu tujuh jam lebih awal dari Greenwich Mean Time (GMT). Daerah waktunya meliputi Sumatra,  Jawa, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Pembagian Daerah Waktu di Indonesia

2.  Daerah Waktu Indonesia Tengah (WITA)
     Daerah waktu Indonesia tengah berbatasan dengan garis bujur 120 derajat BT. Daerah ini berselisih waktu delapan jam lebih awal dari Greenwich Mean Time (GMT). Daerah waktunya meliputi Kalimantan Selatan, Kalimtan Timur, Kalimantan Utara, Bali , NTT, NTB, Sulawesi, dan pulau pulau kecil di sekitarnya.

3. Daerah Waktu Indonesia Timur (WIT)
     Daerah waktu Indonesia timur berbatasan dengan garis bujur 135 derajat BT. Daerah ini berselisih waktu sembilan jam lebih awal dari Greenwich Mean Time (GMT). Daerah waktunya meliputi Kepulauan Maluku, Papua, dan pulau pulau kecil di sekitarnya.

Dengan demikian, selisih waktu antara WIB dengan WITA adalah 1 jam. Selisih waktu antara WITA dengan WIT adalah 1 jam. Selisih waktu antar WIB dengan WIT adalah 2 jam.






No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.