Wednesday 2 July 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Masa Kekuasaan VOC ( 1602 - 1799 ). Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Masa Kekuasaan VOC ( 1602 - 1799 )

Sejak pelayaran de Haoutman, di Nusantara berdiri banyak perusahaan dgang sehingga timbul persaingn antarpedagang Belanda. Harga rempah rampah di Eropa pun semakin merosot sebab tersedia di pasaran Eropa. Untuk mengatasi permasalahan itu dibentuklah kongsi dagang yang bernama Vereenigde Oost Indiche Compagnie ( VOC ), pada tanggal 20 maret 1602 atas prakarsa Johan Van Oldenbarnevelt.

Tujuan pembentukan VOC tidak hanya untuk menghindari persaingan di antara pedagang Belanda, tetapi juga mempunyai tujuan lain. VOC dibentuk untuk menyaingi kongsi dagang Inggris di India, yaitu East India Company ( EIC ); menguasai pelabuhan pelabuhan penting dan kerajaan  kerajaan; serta melakukan monopoli perdagangan rempah rempah.

Untuk mempermudah pelaksanaan monopoli perdagangan rempah rempah di Nusantara, Belanda mengangkat seorang gubernur jendral. Gubernuwr jendral pertama VOC adalah Peiter Both. Pemerintah Belandajuga memberikan hak octrooi kepada VOC. isi hak octrooi antara lain hak untuk mencetak uang, memerintah wilayah yang diduduki, mengadakan perjanjian dengan penguasa setempat, mempunyai angkatan perang, dan melaksanakan monopoli perdagangan rempah rempah.




No comments:

Post a Comment