Monday, 7 July 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Indische Partij ( IP ). Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Indische Partij ( IP )

Indische Partij didirikan di Bandung pada tahun 25 Desember 1912. Organisasi itu dipimpin oleh Douwes Dekker, Suwardi Suryaningrat, dan Cipto Mangkusumo atau dikenal dengan Tiga Serangkai. Tujuan Indische Partij antara lain menumbuhkan dan meningkatkan jiwa persatuan semua golongan, memajukan tanah air dengan dilandasi jiwa nasional, serta mempersiapkan kehidupan rakyat yang merdeka.

Sikap Indische Partij ( IP ) pada Belanda sangat tegas, antipati, dan nonkooperasi. Tokoh tokoh IP sering mengkritik Belanda sehingga mereka diawasi oleh Belanda. Bahkan, pengajuan Indische Partij untuk mendapat badan hukum ditolak oleh Belanda. Akhirnya, Suwardi Suryaningrat dijeblosskan ke penjara setelah menulis sebuah artikel yang berjudul Al Il Eens Nederlander was ( Seandainya Saya Seorang Belanda ) dalam surat kabar Do Express.

Indische Partij ( IP )


Artikel itu berisi sindiran pada pemerintah besar besaran. Beberapa program Indische Partij antara lain menanamkan cita cita persatuan nasional Indonesia, memberantas keombangan sosial, memperkuat pengaruh pro Hindia ( Indonesia ), dan menyerukan perbaikan ekonomi bangsa Indonesia.

Pertanyaan :
  1. Dimana dan kapan Indische Partij didirikan ?
  2. Sebutkan 3 pemimpin Indische Partij ?
  3. Douwes Dekker, Suwardi Suryaningrat, dan Cipto Mangkusumo dikenal sebagai ?




No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.