Thursday, 26 June 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Contoh Unsur Unsur Lingkungan Hidup. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Contoh Unsur Unsur Lingkungan Hidup

Menurut Kamus Besar Bahsa Indonesia (KBBI) , kata "unsur" berarti :
  1. bagian terkecil dr suatu benda; bagian benda yg tidak dapat dibagi-bagi lagi dng proses kimia; bahan asal; zat asal; elemen: mengandung -- kimia tertentu; tekanan dapat kita anggap pula sbg salah satu -- bahasa; 
  2. kelompok kecil (dr kelompok yg lebih besar): membersihkan -- ekstrem kiri dl pemerintahan;
Sedangkan kata "lingkungan" berasal dari kata dasar "lingkung" yang berarti :
  1. daerah (kawasan dsb) yg termasuk di dalamnya;  
  2. bagian wilayah dl kelurahan yg merupakan lingkungan kerja pelaksanaan pemerintahan desa; 
  3. golongan; kalangan: ia berasal dr ~ bangsawan;  
  4. semua yg mempengaruhi pertumbuhan manusia atau hewan: kita harus mencegah pencemaran

Lingkungan hidup adalah suatu istilah yang bisa mencakup semua makhluk hidup ataupun tak hidup yang berada di Bumi, yang memiliki fungsi secara alami tanpa adanya campur tangan manusia yang berlebihan.

Apa lawan dari lingkungan hidup ? lawannya adalah lingkungan buatan, suatu istilah yang bisa mencakup semua makhluk hidup ataupun tak hidup yang berada di Bumi, mencakup wilayah dan komponen-komponennya yang banyak dipengaruhi oleh manusia.

Lingkungan hidup sebagai suatu sistem tersusun atas unsur unsur sebagai berikut, yaitu unsur biotik, unsur abiaotik. dan unsur sosial budaya. Berikut keterangan dan contoh-contohnya,

A. Unsur Biotik
Contoh Unsur Unsur Lingkungan Hidup
Unsur Unsur Lingkungan Hidup
Unsur lingkungan hidup yang pertama adalah unsur biotik, yaitu penyusun lingkungan hidup yang berupa mahluk hidup sebagai berikut.
  1. Produsen : adalah makhluk hidup yang dapat menghasilkan makanan sendiri atau biasa dikenal dengan istilah autotrof. Produsen dalam lingkungan hidup adalah tumbuhan yang mampu berfotosintesis.
  2. Konsumen : adalah makhluk hidup yang menjadikan organisme lain sebagai sumber makanannya atau dikenal dengan istilah heterotrof. Contoh konsumen adalah manusia dan hewan.
  3. Pengurai atau perombak (dekomposer) : adalah makhluk hidup yang mampu menguraikan bahan organik dari makhluk hidup yang sudah mati. Pengurai terdiri atas bakteri dan jamur.

B. Unsur Abiotik
Unsur Lingkungan Hidup yang kedua adalah unsur abiotik, yaitu penyusun lingkungan hidup yang berupa benda mati. Unsur abiotik mampu mendukung kehidupan organisme. Beberapa unsur abiotik sebagai berikut.
  1. Air mempunyai peran penting bagi makhluk hidup di alam ini. Air diperlukan untuk pertumbuhan tanaman serta minuman bagi hewan, dan memenuhi kebutuhan sehari hari dalam kehidupan manusia.
  2. Tanah merupakan media yang sangat penting bagi pertumbuhan tanaman. Keberadaan tanaman pada gilirannya akan mempengaruhi kehidupan hewan dan manusia.
  3. Udara merupakan bagian dari atmosfer yang tersusun atas gas gas. Oksigen merupakan gas penting untuk pernapasan makhluk hidup.
  4. Sinar matahari merupakan sumber energi terpenting bagi makhuk hidup. Cahaya Mataharu diperlukan oleh tumbuhan untuk fotosintesis dan menghasilkan makanan.

C. Unsur Sosial Budaya
Unsur Lingkungan Hidup yang ketiga adalah unsur sosial budaya yang berhubungan dengan cipta, rasa, serta karsa manusia. Contoh unsur sosial budaya adalah kepercayaan, moral, hukum, kesenian, dan adat istiadat. Manusia merupakan bagian dari unsur ekosistem yang ditempatinya, oleh sebab itu, kelangsungan hidup manusia bergantung pula pada kelestarian ekosistem yang ditempatinya.


Pertanyaan :
1 Sebutkan 3 unsur biotik dan jelaskan !
2.Sebutkan 4 unsur abiotik dan jelaskan !
3.Sebutkan contoh unsur unsur lingkungan hidup




2 comments: