Friday, 27 June 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Pemanfaatan Lingkungan Hidup. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pemanfaatan Lingkungan Hidup

Pengertian lingkungan hidup dapat dibaca di sini.

Pemanfaatan lingkungan hidup tentu saja berkaitan dengan aktivitas manusia sehari-hari dalam memanfaatkan sumber daya alam. Secara umum, pemanfaatan lingkungan hidup dilakukan oleh manusia dengan cara sebagai berikut.
pemanfaatan lingkungan hidup
lingkungan hidup

A. Pemanfaatan Lingkungan Darat
Pemanfaatan lingkungan darat sangat berkaitan dengan pemanfaatan tanah dan lahan. Pemanfaatan tanah antara lain untuk kegiatan pertanian, perkebunan, industri, permukiman, dan kegiatan ekonomi lain. Pemanfaatan tanah untuk permukiman dan ruang aktivitas manusia dikenal atau disebut pemanfaatan lahan.

B. Pemanfaatan Lingkungan Laut
Lingkungan air terdiri atas dua bagian, yaitu air darat dan air laut. Perairan darat seperti danau dan waduk dimanfaatkan oleh manusia untuk mengembangkan kegiatan perikanan. Sungai merupakan perairan darat yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk alat transportasi dan pengembangan perikanan. Perairan laut dimanfaatkan untuk sarana transportasi antar pulau atau antar benua, penghasil ikan dan sumber daya laut,serta penyedia energi gelombang laut untuk pembangkit listrik. Lingkungan air juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana olahraga air dan objek wisata.

C. Pemanfaatan Lingkungan Udara
Lingkungan udara dimanfaatkan sebagai jalur transportasi udara seperti pesawat udara dan helikopter. Selain itu, udara juga dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi. Gas yang terkandung di udara dapat dimanfaatkan untuk bernapas makhluk hidup dan sebagai sarana pembakaran.

Pertanyaan tentang pemanfaatan lingkungan hidup :
1. Sebutkan 3 macam pemanfaatan lingkungan hidup dan jelaskan ?




No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.