Monday 23 June 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Apa Pengertian dan Manfaat Atmosfer ?. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Apa Pengertian dan Manfaat Atmosfer ?

Pengertian dan Manfaat Atmosfer

Atmosfer berasal dari kata atmos yang berari uap atau gas, dan kata sphere yang berarti bola atau lingkaran. Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelubungi bumi.

Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelubungi bumi. Unsur-unsur gas yang menyusun atmosfer terutama unsur Nitrogen dan Oksigen. Selain berupa gas, di atmosfer juga terdapat air (hidrometeor). Jumlah berat seluruh atmosfer diperkirakan 5,6 x 10^14 ton. Atmosfer adalah lapisan-lapisan yang terdiri atas campuran berbagai gas yang tidak berwarna dan tidak terlihat oleh mata. Atmosfer terbagi menjadi empat lapisan, yaitu troposfer, stratosfer, mesosfer dan thermosfer. Atmosfer mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kehidupan bumi.

Bagian-bagian atmosfer adalah :

  1. Troposfer: Lapisan troposfer pada atmosfer adalah lapisan udara yang paling rendah dengan ketinggian 0-10 km. Lapisan tersebut bersinggungan langsung dengan bumi dan memiliki kandungan massa udara terbesar. Semua gejala cuaca yang terjadi di bumi terdapat di lapisan ini. Lapisan troposfer berfungsi sebagai penghantar suara. Pada lapisan ini, terdapat awan, debu, hujan, salju dan uap air.
  2. Stratosfer: Lapisan Stratosfer pada atmosfer memiliki ketinggian sekitar 11-48 km. Pada bagian bawah lapisan ini, temperaturnya lebih dingin dan mengandung butir-butir sulfat. Walaupun pada lapisan ini tidak terdapat uap air, debu, dan awan, lapisan stratosfer berfungsi membentuk hujan. Pada lapisan ini juga terdapat lapisan ozon.
  3. Mesosfer: Lapisan Mesosfer pada atmosfer memiliki ketinggian sekitar 49-80 km. Pada lapisan ini, kepadatan gas berkurang dan temperatur semakin tinggi. Lapisan ini merupakan tempat terbakarnya meteor atau benda-benda dari angkasa luar yang menuju bumi. Lapisan mesosfer juga berfungsi untuk memantulkan gelombang radio ke bumi.
  4. Thermosfer: Lapisan Thermosfer pada atmosfer memiliki ketinggian sekitar 81-482 km. Temperatur di lapisan ini sangat tinggi. Lapisan thermosfer disebut juga lapisan ionosfer karena merupakan tempat terjadinya ionisasi. Peristiwa ionisasi ini menghasilkan cahaya warna-warni yang disebut aurora.
  5. Eksosfer: Lapisan eksosfer pada atmosfer berada pada ketinggian di atas 500 km dari permukaan bumi. Gerakan molekul-molekul udara di lapisan ini sangat cepat. Gravitasi bumi mempunyai pengaruh yang kecil terhadap molekul-molekul udara yang ada, sedangkan pengaruh angkasa luar semakin kuat.

Manfaat atmosfer adalah sebagai berikut:
  1. Menjaga temperatur bumi agar tetap hangat. Atmosfer menjaga agar suhu antara siang dan malam hari tidak terlalu jauh berbeda.
  2. Melindungi bumi dari jatuhnya benda-benda langit, seperti meteor, komet, dan benda-benda langit lainnya.
  3. Menahan radiasi matahari yang sangat berbahaya bagi kesehatan makhluk hidup yang ada di bumi.
  4. Memantulkan gelombang radio yang penting dan berguna untuk perhubungan dan komunikasi di bumi.




Atmosfer merupakan lapisan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup di Bumi. Lapisan ini berfungsi melindungi mahluk hidup di bumi dari sengatan sinar maahari, benturan benda benda angkasa luar, DLL.

Pertanyaan :
1. Sebutkan fungsi fungsi atmosfer bumi ?
2. Jelaskan pengertian atmosfer bumi ?




No comments:

Post a Comment