Sunday, 22 June 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Apa Pengertian Atlas ?. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Apa Pengertian Atlas ?

Tahukah kamu posisi pulau Kalimantan terhadap pulau-pulau lainnya di Indonesia ?
Tahukah kamu dimana posisi wilayah negara Yordania ?
Tahukan kamu pulau apa saja yang mengapit selat Sunda ?

Pertanyaan-pertanyaan yang beragam di atas dapat kita jawab dengan mudah dengan melihat posisi-posisinya di sebuah atlas. Apa itu atlas ?
Atlas merupakan kumpulan lembaran-lembaran peta yang disatukan dalam satu buku, saat ini, atlas juga telah didigitalkan dan dapat dilihat dalam bentuk multimedia. Atlas dapat memuat informasi geografis, statisik geopolitik, batas negara, sosial, agama, dan ekonomi.

Atlas saat pertama kali dipublikasikan pertama kali tidak diberi nama "atlas". Cetakan pertama yang bisa kita sebut dengan atlas dibuat oleh seorang ilmuwan yang mempelajari geografi yang bekerja di Aleksandria pada 150 SM berdasarkan hasil perhitungan dari Claudius Ptolemaeus. Edisi pertamanya dipublikasikan pada tahun 1477 di Bologna berisi 27 buah peta. Ilmuwan belum bisa memastikan apakah gambar peta-peta pada buku tersebut berasal dari peta asli buatan Ptolomaeus atau dibuat oleh ilmuwan abad pertengahan yang didasarkan tulisan Ptolomaues. Sejak tahun 1544, banyak peta yang dibuat dan dipublikasikan, khususnya yang berhubungan dengan hubungan dagang antara Roma dan Venesia. Waktu dulu, setiap orang yang membuat peta bekerja terpisah, peta yang dihasilkan berdasarkan kebutuhan mereka masing-masing.

Atlas modern pertama diterbitkan pada 20 Mei 1570. Atlas tersebut merupakan karya dari Abraham Ortelius yang berjudul Theatrum Orbis Terrarum, memuat 53 peta yang berisi peta negara-negara di dunia pada saat itu. Karya Abraham Ortelius tersebut merupakan buku pertama dari jenisnya yang memuat peta dalam ukuran yang seragam.

Penggunaan istilah "atlas" sebagai kumpulan peta belum digunakan sampai Gerardus Mercator menerbitkan karyanya yang berjudul "Atlas, Sive Cosmographicae Meditationes De Fabrica Mundi ..." pada tahun 1595.

Atlas biasanya berupa peta umum, tetapi juga terkadang berisi peta-peta khusus.

Apa Pengertian Atlas ?
Atlas

Pertanyaan :
Jelaskan apa pengertian atlas!





No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.